telkomsel halo

Jaringan Pulih, Indosat Sukses Layani Trafik Pemilu

09:21:17 | 11 Apr 2014
Jaringan Pulih, Indosat Sukses Layani Trafik Pemilu
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Indosat Tbk (ISAT) berhasil melayani lonjakan trafik selama ajang Pemilu lalu setelah pada awal April sempat mengalami gangguan.

“Tidak ada kendala berarti yang dikeluhkan pelanggan kemarin, secara nasional seluruh pelanggan Indosat dapat tetap berkomunikasi dengan baik selama Pemilu Legislatif 9 April lalu,” kata Division Head Public Relations Indosat Adrian Prasanto, kemarin.

Diungkapkannya, perseroan mengalami kenaikan trafik telekomunikasi terjadi untuk jenis layanan seluler yang meliputi suara (voice), SMS dan data selama Pemilu lalu. Untuk layanan data, trafik data Indosat mengalami lonjakan 18,37% dibandingkan dengan trafik normal harian di bulan Maret 2014. Total trafik data (2G dan 3G) selama sehari saat berlangsungnya Pemilu Legislatif kemarin adalah 210 TeraByte.

Sementara untuk trafik voice (telepon), terjadi peningkatan sebesar 12% dibandingkan dengan trafik suara normal harian di bulan Maret 2014, dengan total trafik sebesar 368 juta menit/hari. Kenaikan trafik suara tertinggi di Sumatera Bagian Selatan, Kalimantan dan disusul kemudian Jawa Tengah.

Sedangkan trafik SMS naik 10% dibanding trafik normal harian di bulan Maret 2014, dengan total trafik SMS sebesar 791 juta SMS/hari dan dengan tingkat kesuksesan pengiriman SMS sebesar lebih dari 96%. Kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur, kemudian disusul dengan wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Kesiapan jaringan Indosat selama Pemilu Legislatif ini juga didukung dengan diperasikannya Command Center, yaitu pusat pemantauan jaringan secara lebih intensif yang berfungsi sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara nasional. 

Command Centre beroperasi 24 jam penuh memantau dan mengontrol performansi  jaringan sebelum, selama dan sesudah Pemilu Legislatif secara nasional, sehingga setiap gangguan sekecil apapun langsung terpantau dan tertangani dengan cepat serta terintegrasi.

Indosat  yang  melayani total pelanggan seluler sebesar 59,6 juta pelanggan  dengan dukungan  24.280 BTS wajar ekstra hati-hati dalam mengelola jaringan menghadapi ajang penting seperti Pemilu, karena di awal April lalu layanan anak usaha Ooredoo ini sempat tumbang dipicu anomali trafik.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year