telkomsel halo

Tumbangnya Jaringan Indosat karena Human Error?

09:47:29 | 04 Apr 2014
Tumbangnya Jaringan Indosat karena Human Error?
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menilai lumpuhnya jaringan Indosat pada Kamis (3/4) bukan karena “pembajakan” prefix, tetapi lebih kepada human error

“Kejadian yang terjadi di Indosat kemarin merupakan human error dan bukan hal yang disengaja serta tidak ada hubungannya dengan ulah teroris atau pihak asing tapi murni karena human error. Artinya kemungkinan kesalahan routing bisa saja terjadi ,” kata Ketua Bidang Sekuriti Jaringan APJII Irvan Nasrun dalam rilisnya yang diterima Redaksi, kemarin.

Diakuinya,  kejadian seperti itu memang bisa melumpuhkan jaringan. Kejadian ini terdeteksi oleh bgpmon (monitoring bgp/boarder gateway protocol) pada sekitar pukul 01.00 Kamis dini hari, sehingga mengakibatkan terjadinya kekacauan Internet Global di banyak negara. 

Yang terdeteksi antara lain negara yang terpengaruh adalah Thailand, Amerika, Australia, Polandia, Kanada, Selandia Baru, dan beberapa negara lainnya. Sedang perusahaan telekomunikasi dan internet di negara lain yang kena imbasnya adalah Telstra, AT&T, Hutchison, BTN, NTT Jepang, KDDI, Singtel, Level3, CableOne, dan Akamai.

“Sebenarnya kejadian yang terjadi di Indosat ini merupakan hal yang sering terjadi di Internet Global, berdasarkan hasil pantauan bgpmon kejadian ini berlangsung setiap hari, bahkan minggu lalu terjadi hal yang sama di Turki dimana operator telekomunikasi “membajak” alamat IP milik DNS Sever Google,  dan OpenDNS yang berakibat query DNS kearah DNS server mengalami kekacauan,” ungkapnya.

Diungkapkannya, kejadian yang dialami oleh Indosat ini sebenarnya pernah terjadi pada tahun 2011. Bahkan pada bulan November 2012 salah satu operator telekomunikasi di Indonesia karena kesalahan konfigurasi yang dilakukan enginernya menyebabkan Google tumbang selama 30 menit.

“Dengan kejadian ini otomatis terjadi pembelokan trafik, hal ini menyebabkan Jaringan Indosat lumpuh karena dibanjiri trafik dan seluruh ISP yang menggunakan Indosat bermasalah. Baik itu jaringan Internet maupun seluler,” katanya.

Sebelumnya, Indosat dikabarkan  melakukan “pembajakan” terhadap 400 ribu prefix Internet Global. Sehingga terjadi perubahan routing menuju jaringan yang dibajak tersebut mengarah ke jaringan Indosat. Akibatnya, jaringan Indosat jadi macet dan mengalami gangguan ke konsumen.

Sejak pukul 01.25 Kamis dini hari, Indosat  telah mengalami masalah pada sistem jaringan secara nasional yang telah memberikan gangguan kepada para pelanggan Indosat. 

Adapun gangguan tersebut mempunyai dua dampak utama yang berakibat pada Masalah yang pertama diakibatkan oleh error pada IP Router Table ke jaringan internasional sehingga menyebabkan benturan IP Address, namun masalah ini sudah dapat diselesaikan pada pukul 03.45 Kamis dini hari.

Masalah yang kedua terdapat pada layanan sistem jaringan nasional baik seluler maupun korporasi yang mengakibatkan gangguan komunikasi, namun hal ini telah teratasi secara total Kamis (3/4) sore.(ak) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year