telkomsel halo

Bangun 15 ribu BTS, Telkomsel Gandeng 4 Vendor

08:26:13 | 08 Jan 2014
Bangun 15 ribu BTS, Telkomsel Gandeng 4 Vendor
Abdus Somad Arief (Dok)
JAKARTA (IndoTelko)  – Telkomsel berencana membangun sekitar 15 ribu BTS pada tahun ini dengan dukungan empat vendor dari luar negeri.
Keempat vendor itu adalah Huawei, Nokia Siemens Network (NSN), Ericsson, dan ZTE.

“Kita tahun ini ingin bangun 15 ribu BTS dan dominan 3G. Vendornya masih yang eksisting selama ini diajak kerjasama,” ungkap Direktur Jaringan Telkomsel Abdus Somad Arief, kemarin.

Terkait dengan rencana menggelar uji coba Long Term Evolution (LTE), dikatakannya, belum ada rencana lanjutan pasca dilakukan kala APEC 2013. “Untuk trial lanjutan LTE belum ada ijin dari pemerintah,” katanya.

Seperti diketahui, Telkomsel berencana mengalokasikan dana sekitar Rp 8,4 triliun untuk mengembangkan infrastruktur 3G pada 2014. Total belanja modal 2014 sekitar Rp 12 triliun –  Rp 13 triliun.

Secara terpisah, President Director NSN Indonesia Dharmesh Malhotra mengungkapkan perseroan bakal mengupgrade jaringan GSM dan 3G Telkomsel menuju teknologi LTE.

"Kami telah mengupgrade jaringan Telkomsel yang telah ada untuk menyediakan layanan suara dan data, serta mempersiapkan jaringannya untuk meluncurkan jaringan LTE dalam waktu dekat," katanya.

Dalam perjanjian kerja sama untuk mengupgrade jaringan GSM dan 3G Telkomsel, NSN akan memasok platform Single RAN yang didasarkan pada Flexi Multiradio Base Station yang terpadu dan hemat daya. Selain itu, perusahaan juga mengimplementasikan sistem pengelolaan jaringan NetAct.

NetAct ini memungkinkan pengawasan, pengelolaan, dan operasional terkonsolidasi jaringan GSM dan 3G Telkomsel. Cakupan layanan dari kontrak meliputi perencanaan jaringan dan optimasi, implementasi jaringan, integrasi sistem, serta layanan pemeliharaan dari NSN.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year