Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Operator Rugi Rp 30 miliar Gara-gara Kabel Laut Putus

15:04:20 | 18 Okt 2013
Operator Rugi Rp 30 miliar Gara-gara Kabel Laut Putus
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Tiga operator di Indonesia di perkirakan mengalami kerugian mencapai Rp 30 miliar gara-gara Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang menghubungkan Indonesia-Singapura di perairan Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, sering dirusak oleh kapal-kapal liar.

Ketiga operator yang mengalami kerugian sekitar Rp 30 miliar setiap bulannya itu adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT XL Axiata Tbk (XL) dan Moratelindo.

CEO Moratelindo Galumbang Menak Simanjuntak mengungkapkan, sebagai perusahaan yang memiliki ijin atas jaringan SKKL  Jakarta-Bangka-Batam-Singapura (SKKL B3JS),  dalam dua bulan terakhir kabel lautnya telah putus sebanyak tiga kali diakibatkan oleh kapal-kapal liar yang labuh jangkar sembarangan di perairan Batam dan kapal hisap liar yang melakukan penambangan di perairan Bangka.

Kejadian terakhir, SKKL B3JS putus pada Sabtu 12 Oktober Pukul 07.00 WIB. Alhasil, dampaknya tidak maksimalnya layanan dari Telkom, XL, dan Moratel ke  pelanggan.

Sekadar  diketahui, SKKL B3JS dibangun pada 2012 dengan nilai investasi hampir US$ 60 juta. Infrastruktur ini merupakan solusi terbaik untuk menghubungkan dan mentransfer jasa telekomunikasi berkecepatan tinggi melalui inti 24 optik ke salah satu pusat bisnis tersibuk di Asia Pasifik.

Menurut CEO  Ketrosden Triasmitra Ketut Romadhi sebagai perusahaan yang membangun SKKL B3JS, dibutuhkan waktu sebulan untuk melakukan perbaikan jaringan yang putus.
 
“Kami dan Moratelindo juga akan melakukan upaya hukum baik Pidana dan Perdata terhadappihak-pihak yang melakukan pemutusan jaringan ini,”  katanya.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Secara terpisah, Direktur Service Management XL Axiata Ongki Kurniawan mengakui ada gangguan pada pekan lalu, tetapi masalahnya sudah terselesaikan. “Ada gangguan di peralatan dan sudah diselesaikan,” katanya.

VP Public Relations Telkom Arif Prabowo mengakui SKKL B3JS digunakan sebagai Third Route Telkom untuk koneksi ke luar negeri.

Bakti
“Memang terputus dan kami sewa rute itu. Saat terputus layanan tak terganggu karena koneksi dialihkan ke rute lainnya,” jelasnya.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Bukalapak sekarang sudah untung