telkomsel halo

Telkom Bersiap Bawa Delima ke Malaysia

10:14:45 | 22 Sep 2013
 Telkom Bersiap Bawa Delima ke Malaysia
Muhammad Awaluddin (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tengah bersiap untuk membawa produk remitansinya, Delivery Money Access (Delima) ke Malaysia.

“Minggu lalu kami bawa Delima ekspansi ke Hong Kong, sebentar lagi ke Malaysia. Konsep ekspansi Delima itu business follows the people,” ungkap Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, kepada IndoTelko, kemarin.

Dijelaskannya, di Hong Kong Delima ditargetkan bisa meraih 30% pangsa pasar remitansi Tenaga kerja Indonesia (TKI) dengan nilai transaksi sekitar Rp 1 triliun dimana revenue yang diperoleh Telkom sebesar Rp 3 miliar.       

Diungkapkannya, saat ini rata rata transaksi pengiriman uang TKI Hong Kong  via Delima sekitar  500 - 700 Hongkong Dollar, sedangkan jumlah transaksi per bulan sekitar  30 ribu – 35 ribu transaksi.

“Di Malaysia kami operasionalkan Delima sebentar lagi.  Pasar Malaysia lumayan menjanjikan dimana pengeluaran  TKI Malaysia untuk remiitance rata rata di angka  200 - 300 ringgit Malaysia  per  bulan,” ungkapnya.

Sekadar catatan, Telkom menggunakan Finnet Indonesia selaku anak perusahaan yang menyelenggarakan bisnis bill payments, remittance dan e-money untuk ekspansi ke Hong Kong.

Finnet Indonesia  di Hong Kong menggandeng  Chandra Remittance.  Kerjasama keduanya menjadikan Chandra Remittance yang mempunyai 17 kantor cabang dan 58 agen saat ini sudah dapat bertransaksi dengan sekitar 40 ribu Agen Delima di seluruh Indonesia dan bank-bank yang ada di Indonesia.

Di Malaysia sendiri Telkom telah memiliki Telin Malaysia yang bersiap untuk mengomersialkan produk Mobile Virtual Network Operator (MVNO) pada akhir September ini.(id) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year