telkomsel halo

Trafik Data Axis Melesat 130% Kala Lebaran

12:12:53 | 17 Aug 2013
Trafik Data Axis Melesat 130% Kala Lebaran
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Axis Telekom Indonesia (Axis) menyatakan terjadi lonjakan trafik selama Lebaran 2013 di jaringannya.

Dalam rilisnya dinyatakan,  selama Lebaran jaringan anak usaha Saudi Telecom Company (STC) ini mengalami peningkatan trafik lebih dari 50% pada layanan suara, lebih dari 30% pada SMS dan lebih dari 130% pada layanan data, dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurut Chief Technology Officer Axis Michael McPhail infrastruktur di jaringan Axis berfungsi dengan sangat baik selama Hari Raya.

“Kami senang dapat menyediakan layanan komunikasi tanpa hambatan dan dapat diandalkan bagi pelanggan selama momen penting seperti ini, memungkinkan pelanggan untuk terus terhubung dengan keluarga dan memastikan ucapan selamat Hari Raya terkirim dan diterima dengan baik,” katanya.

Chief Marketing Officer Axis Daniel Horan  menambahkan di saat operator lain terlihat mengalami penurunan trafik pada layanan telepon dan SMS, Axis justru mengalami pertumbuhan yang sangat baik.

“Trafik layanan data kami meningkat 130% dari tahun sebelumnya ini  merupakan bukti pelanggan menyambut baik penawaran menarik kami dan menikmati kualitas jaringan yang telah kami sediakan bagi mereka,” klaimnya.

Sekadar diketahui, Axis bisa mulus melayani pelanggan karena keberanian perseroan untuk kembali menempati blok 2 dan 3 usai migrasi yang tidak mulus di blok 11 dan 12 di frekuensi 3G.

Axis mengambil langkah tersebut karena   sekitar 1.935 BTS 3G atau 58% dari total site terkena  interferensi dari sinyal PCS 1.900 milik Smart Telecom yang berujung menurunnya kualitas layanan dua minggu menjelang Lebaran.

Namun, dampak dari aksi Axis ini adalah molornya penataan ulang blok 3G. Pasalnya, empat operator lainnya menunggu blok yang ditinggalkan Axis untuk diisi ibarat bermain puzzle. Empat operator lainnya yang terlibat adalah Telkomsel, Indosat, Tri, dan XL.

Secara berurutan, migrasi 3G dimulai dari Axis dengan memindahkan blok 2 dan 3 ke blok 11 dan 12. Blok 2 yang ditinggalkan akan ditempati oleh Hutchison 3 Indonesia (Tri) dan blok 3 ditempati Telkomsel.

Kemudian, blok 6 yang ditinggalkan Tri akan ditempati Indosat, sementara blok 8 peninggalan Indosat akan ditempati oleh XL Axiata. Urutan baru setelah migrasi dari 12 blok yang ada di 2,1 GHz ini menjadi Tri 1-2, Telkomsel 3-4-5, Indosat 6-7, XL 8-9-10, dan Axis 11-12. Sejauh ini proses migrasi, baru mencapai 20% dari target terselesaikan.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year