telkomsel halo

Multipolar Technology Tambah Kapasitas Data Center

12:09:38 | 19 Jun 2013
Multipolar Technology Tambah Kapasitas Data Center
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) –  PT  Multipolar Technology Tbk (MLPT) berencana menambah kapasitas data center yang dimilikinya dari sekitar seribu meter persegi menjadi 15 ribu sampai 16 ribu meter persegi.

“Kita memang ada rencana meningkatkan kapasitas data center karena bisnis ini menjanjikan potensi pasar yang positif. Rencananya akan di bangun di daerah Cikarang dengan spesifikasi Tier 3 atau Tier 4. Wilayah Cikarang dipilih karena di sana pasokan energi bisa dua sumber sesuai standar Tier-4,” ungkap Presiden Direktur Multipolar Technology Harijono Suwarno dalam paparan publik di Jakarta, kemarin.

Selama ini dalam mengelola bisnis data center perseroan mengandalkan anak usaha  PT Visionet Internasional.

Menurutnya,  Indonesia baru memiliki kapasitas data center sekitar 100 ribu meter persegi. Di Singapura sudah 1,2 juta meter pesegi dan  Malaysia 800 ribu meter persegi. Adanya  aturan tentang keharusan memiliki data center di Indonesia bagi perusahaan asing dan perbankan, menjadikan bisnis ini peluang yang tak bisa dilepaskan.

“Apalagi pelanggan dari Multipolar itu kebanyakan dari perbankan,” katanya.

Dijelaskannya, untuk tahap awal perseroan menyediakan dana sekitar US$ 20 juta untuk membangun data center baru tersebut dimana konsep yang digunakan seperti rumah tumbuh.

“Kita tambah kebutuhan sesuai pasar. Misal, genset tidak harus semuanya terpasang Rencananya pada 2014 nanti sudah beroperasi data center baru ini,” katanya.
 
Sekadar diketahui, Multipolar Technology tengah dalam proses Initial public Offering (IPO) dengan membidik dana segar sekitar  Rp 159,37 miliar hingga Rp 187,5 miliar.

Multipolar Technology adalah anak usaha dari PT Multipolar Tbk (MLPL).  Multipolar Technology  memiliki tiga anak usaha yakni PT Visionet Internasional, PT Graha Teknologi Nusantara, dan PT Tecnoves International. Visionet memiliki anak usaha PT Artomoro Prima Internasional yang tengah mengembangkan bisnis mobile payment.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year