Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

BRTI-Operator Terus Matangkan Messaging Indonesia

8:54:29 | 22 May 2013
BRTI-Operator Terus Matangkan Messaging Indonesia
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bersama tiga operator besar tengah mematangkan  hadirnya layanan Messaging Indonesia guna mengurangi ketergantungan terhadap aplikasi sejenis dari  luar negeri.

Messaging Indonesia ini adalah aplikasi Instant Messaging yang bisa memiliki interperobilitas antar operator layaknya yang dimiliki BlackBerry Messenger.

Bakti
Bedanya layanan ini dengan aplikasi buatan lokal seperti Nexian Messenger, Manga, atau, Esia Messenger adalah aplikasi ini bisa berkirim file dan berinterkoneksi walau pengguna berasal dari beda operator.

Tiga operator yang terlibat diskusi serius dengan regulator adalah Telkomsel, Indosat, dan XL.

“Kami terus matangkan Messaging Indonesia. Itu hanya nama awal, nanti bisa saja merek dagangnya beda,” ungkap Anggota Komite BRTI M Ridwan Effendi kepada IndoTelko, kemarin.

Diungkapkannya, diskusi masih alot terutama masalah proses bisnis dan teknis. “Kalau bisnis itu biasa masalah pembagian pendapatan. Teknis lebih kepada interperobility dan lainnya,” katanya.

Dikatakannya, dari hasil diskusi dengan operator terdapat dua hal yang bisa dilakukan yakni mengadopsi model instant messaging yang sudah ada atau membuat aplikasi baru yang bisa berjalan cross platform.

“Semuanya bisa dilakukan. Cross platform uang digital saja bisa, ini kan masalah niat. Hal yang harus disadari, jika Messaging Indonesia terwujud, operator akan diuntungkan karena routing  berada di dalam negeri, sehingga biaya yang dikeluarkan tak besar. Bagi masyarakat pengguna juga ada pilihan selain menggunakan instant messaging buatan luar negeri,” jelasnya.

Diprediksinya, aplikasi ini bisa diluncurkan pada 2013 melihat kemajuan diskusi dari operator. “Dari pertemuan rutin it uterus ada perkembangan. Tahun ini rasanya bisa diluncurkan,” katanya.

Sebelumnya  kajian dari pemain mobile messaging,  Nimbuzz, menyatakan, operator harusnya berkolaborasi dengan pemain Over The Top (OTT) guna mengembangkan Instant Messaging. Caranya, dengan membawa kekuatan dari operator ke bisnis ini, terutama masalah penagihan dan jaringan retail besar yang dimilikinya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
A Leading Terrestrial and Submarine Fiber Optic Cable Manufacturer in Indonesia With EPC Capability