telkomsel halo

Foxconn akan Mulai Produksi di Indonesia?

11:10:33 | 09 May 2013
Foxconn akan Mulai Produksi di Indonesia?
Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) – Lama tak terdengar kabarnya, nama Foxconn kembali hadir di Indonesia.

Dikabarkan mitra dari Apple ini akan mulai beroperasi di Indonesia pada tahun ini seiring telah ditandatanganinya komitmen kerjasama antara Foxconn dengan mitra lokal di Indonesia.

“Jika tak ada hambatan, Insya Allah tahun ini Foxconn mulai melakukan assembling dan produksi di Indonesia,” ungkap Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, pabrik Foxconn yang akan didirikan berlokasi di Pulau Jawa meski belum memastikan daerah detailnya. “Kehadiran pabrik di Indonesia itu bagus karena konsumsi produk-produk teknologi itu besar. Ini harus  diimbangi dengan produksi komponen di dalam negeri,” tegasnya.

Sekadar catatan, nilai impor produk elektronik khusus ponsel tahun lalu mencapai US$ 2 miliar. Besarnya konsumsi membuat maraknya beredar barang selundupan. Diperkirakan barang selundupan   mencapai 30%  dari total impor nasional. Artinya kerugian negara mencapai sekitar Rp 5,8 triliun hanya tahun lalu.

Sebelumnya beredar kabar Foxconn Electronics berencana melimpahkan pesanan iPhone yang diterimanya dari Apple ke anak perusahaan mereka, Foxconn International Holdings (FIH). Foxconn juga bakal menambah jumlah karyawan untuk ngebut memproduksi iPhone.

Bagi Foxconn sendiri, pelimpahan yang mendapat persetujuan Apple ini, bertujuan membantu FIH meningkatkan operasional bisnisnya. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir, FIH mengalami penurunan pesanan dari Nokia dan Motorola Mobility.

Foxconn diberitakan tengah mempersiapkan produksi dari iPhone terbaru. Untuk itu, perusahaan asal Taiwan ini menambah 10 ribu karyawan untuk pabrik mereka di Zhengzhou. Pabrik Foxconn Zhengzhou saat ini telah memiliki kurang lebih 300 ribu karyawan.
 
Untuk diketahui, isu Foxconn akan berinvestasi di  Indonesia mengapung sejak Februari 2012 dan sejumlah pejabat setingkat menteri di negeri ini yakin pada 25 Desember 2012 produksi akan dimulai.

Dalam informasi yang disampaikan para pejabat itu rencananya, Faxconn akan berinvestasi dalam beberapa fase pembangunan. Untuk fase pertama, Foxconn akan membuat 3 juta unit telepon genggam,  di Cikande, Serang,  Banten.

Lalu naik menjadi 10 juta peralatan elektronik. Beberapa peralatan elektronik yang akan dibuat di Indonesia adalah perkakas rumah tangga seperti televisi.  
Diperkirakan Foxconn akan mulai berproduksi dalam bentuk perakitan pada Desember 2012.

Nilai investasi Foxconn di Indonesia diperkirakan mencapai US$ 10 miliar atau sekitar Rp 94,8 triliun. Foxconn juga akan bekerjasama dengan sejumlah perusahaan Indonesia diantaranya PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) dan PT Modernland Realty Tbk,PT Hartono Istana Teknologi, dan PT Star Cosmos.(ct)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year