telkomsel halo

Gandeng Qualcomm, Indosat Genjot 3G

9:39:30 | 11 Mar 2013
Gandeng Qualcomm, Indosat Genjot 3G
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Indosat menjalin kerjasama dengan Qualcomm guna  mempercepat  adopsi 3G  atau migrasi dari 2G ke 3G oleh pelanggan  data dan smartphone yang ada di jaringannya.

President Director & CEO Indosat Alexander Rusli mengungkapkan dalam kerjasama tersebut   Qualcomm akan menghadirkan berbagai perangkat 3G terbaru, termasuk smartphone, tablet dan dongle internet USB yang dapat dioperasikan baik menggunakan jaringan 3G maupun 3G 900.

“Kerjasama dengan Qualcomm merupakan bagian dari upaya kami dalam mewujudkan salah satu strategi kami di tahun 2013 yaitu memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dan menjadi operator pilihan bagi para pengguna smartphone atau smart device. Kami berharap Indosat akan selalu menjadi pilihan utama pelanggan untuk seluruh kebutuhan informasi dan komunikasi,”  kata Alex.
 
Sekadar diketahui, jaringan telekomunikasi 3G 900 MHz memanfaatkan teknologi terkini yaitu UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) yang memungkinkan implementasi 3G di frekuensi 900 MHz, sehingga layanan selular broadband akan memiliki kualitas sinyal lebih kuat dan cakupan yang lebih luas.    

Rencananya kerjasama Indosat dan Qualcomm akan diwujudkan dalam bentuk Paket Data & smartphone yang  akan menjadi special bundling package dengan benefit yang lengkap, koneksi cepat, akses  unlimited, content yang eksklusif dan tentu saja harga yang terjangkau. Kerjasama ini juga akan didukung oleh mitra  lokal dan internasional dalam penyediaan handset yang dapat mendukung  teknologi U900 atau 3G di 900 MHz.

“Qualcomm sangat senang dapat bermitra dengan Indosat dalam rangka percepatan adopsi 3G di negara ini. Indonesia merupakan salah satu pasar potensial teknologi nirkabel. Kami yakin kerjasama ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan teknologi seluler di negeri ini,” kata Wakil Presiden dan Presiden Qualcomm Asia Tenggara & Pasifik John Stefanac.

Sebelumnya Indosat juga telah meluncurkan berbagai program bundling diantaranya Matrix Double Impact yang bekerjasama dengan Intertec & Huawei, Indosat Mentari bundling Acer Iconia A101, Indosat IM3 bundling Samsung Galaxy SIII mini, dan yang terbaru adalah free BlinkFeed Update  yang  merupakan kolaborasi Indosat dengan HTC.

Berdasarkan catatan, omzet  bisnis seluler anak usaha Qatar Telecom (Qtel) ini  pada 2012 sebesar Rp 18.762 triliun atau tumbuh 12% dibandingkan 2011 sebesar Rp 16.75 triliun.

Selama tahun 2012, seluruh layanan seluler Indosat ditangani sebanyak 21.930 BTS terdiri atas 17.334 BTS 2G, dan 4.596 BTS 3G (nodeB).

Jasa data mengalami pertumbuhan 10,8% berkat tingginya penetrasi pengguna smartphone di jaringan Indosat.  Trafik yang dilayani mencapai 15.194 Terabyte naik 57,1% dari 9.671 terabyte pada 2011.

Perseroan pada tahun ini mengalokasikan belanja modal sebesar Rp 8 triliun untuk modernisasi jaringan terutama di 900 MHz agar bisa menjalankan 3G.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year