Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Telkomsel dan XL Berhak Dapatkan Tambahan Blok 3G

16:02:42 | 26 Feb 2013
Telkomsel dan XL Berhak Dapatkan Tambahan Blok 3G
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Telkomsel dan XL berhak mendapatkan tambahan satu blok frekuensi di 2,1 GHz seiring berhasil menduduki peringkat pertama dan kedua di seleksi untuk sumber daya alam terbatas itu yang diselenggarakan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

“Pada 25 Februari 2013 ini hasil seleksi diumumkan setelah melalui proses panjang sejak 14 Desember 2012. Hasilnya, Telkomsel menduduki peringkat pertama, XL di posisi kedua,” ungkap Kepala Pusat Informasi dan Humas KemenKominfo Gatot S. Dewa Broto melalui siaran tertulisnya, Jumaat (25/2).

Diungkapkannya, peringkat pertama hasil seleksi berhak menjadi   Pengguna Pita Frekuensi Radio dengan rentang frekuensi radio 1970 - 1975 MHz berpasangan dengan 2160 - 2165 MHz. Sedangkan  peringkat kedua hasil  seleksi berhak menjadi  Pengguna Pita Frekuensi Radio dengan rentang frekuensi radio 1975 - 1980 MHz berpasangan dengan 2165 - 2170 MHz.

Singkatnya, Telkomsel berhak sebagai penguasa di Blok 11, sementara XL menduduki Blok 12 di frekuensi 2,1 GHz yang selama ini dikenal untuk 3G.
Jaringan 3G di spektrum frekuensi 2,1 GHz memiliki total rentang pita 60 MHz yang terbagi dalam 12 blok kanal.

Setiap blok memiliki rentang pita 5 MHz. Sebanyak 10 kanal telah dialokasikan untuk lima operator seluler, yakni Telkomsel di blok 4 dan 5, Indosat di blok 7 dan 8, XL di blok 9 dan 10, Axis di blok 2 dan 3, serta Hutchison CP Telecommunications (Tri) di blok 1 dan 6

Gatot menjelaskan, sesuai jadwal, Tim Seleksi memberi kesempatan masa sanggah kepada pihak-pihak (peserta seleksi) yang merasa keberatan dengan hasil seleksi ini, yaitu pada tanggal 26 hingga 27 Pebruari 2013.

“Berikutnya, jika tidak ada perubahan yang berarti, maka hasil seleksi ini akan ditetapkan oleh Menteri Kominfo pada tanggal 5 Maret 2013,” katanya.
 
Tiga Hal
Secara terpisah, Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) M Ridwan Effendi  mengungkapkan kemenangan Telkomsel karena dalam tiga hal yang dinilai semua mendapatkan angka paling tinggi.
 
“Berdasarkan urutan kecantikannya,  semuanya disebut cantik. Tetapi yang paling cantik, Telkomsel. Kecantikan dilihat dari proposal teknis, keuangan dan kepatuhan,” katanya.

Gembira
Sedangkan Sekretaris Perusahaan Telkomsel  Asli Brahmana  menerima dengan baik  keputusan Kemenkominfo dan berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan.

Dikatakannya, pada dasarnya tujuan Telkomsel berpartisipasi dalam tender ini sebagai upaya untuk memberikan layanan optimum dengan kualitas terbaik bagi lebih dari 125 juta pelanggannya, sekaligus memenuhi kebutuhan komunikasi data yang terus meningkat, terbukti dari jumlah pelanggan paket data Telkomsel yang saat ini sudah mencapai lebih dari 54 juta.

“Telkomsel akan memanfaatkan kanal 3G tambahan untuk memberikan layanan dengan kualitas terbaik, dan menyediakan jaringan yang sesuai dengan roadmap teknologi.  Telkomsel siap bertransformasi menuju babak teknologi terbaru dan mengantarkan Indonesia menuju perekonomian masyarakat berbasis pita lebar,” katanya.

Manager Public Relation XL Axiata Henry Wijayanto  juga menyatakan perseroan   menyambut baik hasil lelang  karena penambahan blok tersebut memang betul-betul dibutuhkan oleh XL agar dapat meningkatkan kualitas layanan untuk pelanggan.(id)

 

Head to head Telkomsel dan XL

Operator

Aset

BTS

Node B

Total Pelanggan

Pelanggan Data

Telkomsel

Rp 58.72 triliun

51.005 ribu

13.413 ribu

125 juta

51 juta

XL Axiata

Rp 35,4 triliun

39.452 ribu

13.142 ribu

Paket Semangat Kemerdekaan
45,8 juta

25,6 juta

Sumber: IndoTelko

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year