Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Kehidupan Tersembunyi Dalam Ponsel

8:08:15 | 25 Feb 2013
Kehidupan Tersembunyi Dalam Ponsel
coolest-gadgets.com
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Sebuah penelitian kembali menemukan fakta adanya kehidupan dalam ponsel yang kita gunakan sehari-hari. Ditemukan adanya bakteri Staphylococcus aureus di dalam ponsel.

Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Surrey di Inggris dengan menggunakan puluhan ponsel milik siswa kampus tersebut. Cara mengetahuinya sangat mudah. Siswa tinggal memasukkan ponsel pribadi mereka ke sebuah cawan petri untuk bisa mengetahui apa saja mahluk yang hidup di dalam ponsel yang mereka bawa sehari-hari itu.

Dalam waktu tiga hari, para siswa bisa melihat hasilnya. Meski hasilnya cukup mengejutkan, beruntung bakteri tersebut tidak terlalu berbahaya bagi manusia. Namun tetap saja ada kemungkinan ancaman dari bakteri yang tidak terlihat tersebut dalam kehidupan penggunanya sehari-hari.

Betapa tidak. Jika ditilik lebih lanjut, banyak juga penyakit ringan yang bisa ditimbulkan oleh bakteri Staphilococcus aureus ini. Seperti bisul, jerawat, dan penyakit sejenis karena ditengarai sebagian besar penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini memproduksi nanah.

“Sebagai bagian dari pelajaran Practical and Biomedical Bacteriology, sebuah modul yang saya jalankan, saya melibatkan mahasiswa dan ponsel mereka untuk memberikan pengetahuan mengenai bakteri yang ada di sekitar. Ini merupakan cara yang tidak biasa tapi efektif untuk menyadarkan mereka yang terkadang kurang peduli dengan kehadiran mikrobiologi yang sebenarnya dekat dengan kehidupan sehari-hari mereka,” ujar Dr. Simon Park, dosen senior di bidang Biologi Molekuler, seperti dikutip melalui Cellular News.

Telkom Marketing 2
Menurut Dr. Park, wilayah ekologi khusus pada tubuh yang disukai Staphylococcus aureus adalah wilayah pernapasan, atau lubang hidung.

Dr. Park juga menjelaskan bahwa setiap ponsel mampu menceritakan jejak yang dilakukan oleh penggunanya. Banyak ponsel ditemukan memiliki bakteri lain seperti Bacillus mycoides. Pola ini sangat unik karena habitat asli bakteri tersebut adalah tanah.

Angkasa Pura 2
“Artinya, banyak pengguna ponsel yang sering berinteraksi dengan tanah. Ini adalah bukti setiap ponsel mampu memberitahukan sebuah cerita. Ponsel tidak hanya mampu mengingat nomor telepon dan menyimpan pesan singkat tapi juga menyimpan cerita dari penggunanya,” tandas Park.(ct)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma