telkomsel halo

XL Bangun Data Center Senilai Rp 100 Miliar

17:40:17 | 03 Feb 2013
XL Bangun Data Center Senilai Rp 100 Miliar
Ilustrasi (Dok)
SURABAYA (indotelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) membangun data center di Surabaya senilai Rp 100 miliar guna menopang ekspansi perseroan di bisnis cloud computing (Cloud).

“Kami mulai membuka fasilitas data center bagi publik. Di Surabaya ini adalah yang pertama. Jika animo publik besar, kita akan buka di tempat lain,” ungkap General Manager Cloud and Marketing Machine Technology XL  Arkav Juliandri  kepada IndoTelko akhir pekan lalu.
 
Dijelaskannya,  XL Surabaya Data Center  terletak di gedung XL Surabaya Network Building (XL SNB) yang berlokasi di Kali Rungkut Surabaya.

Total luas lahan yang ada mencapai hampir 9,000 m2. Di lahan tersebut berdiri 5 lantai bangunan dengan total luas hampir mencapai 8,000 m2.

Fasilitas sudah dilengkapi dengan sumber listrik dari PLN sebesar 5,000 kVA, genset, UPS, sistem piranti lunak untuk mengatur & mengendalikan listrik, dan ruangan server berstandar internasional. Disamping itu, terdapat hampir 200 kamera pengawas yang selalu memonitor aktifitas yang ada di seluruh fasilitas data center tersebut.

Layanan yang langsung dapat dinikmati oleh para pelanggan korporat adalah penyewaan space bagi penempatan server, penyewaan rak dan apabila diperlukan penyediaan cage sebagai pelindung rak tersebut, layanan komputasi awan, dan penyediaan fasilitas ruangan bagi tenaga kerja yang ada.
 
Disamping itu, XL menyediakan lahan kosong seluas 3,600 m2 yang dapat dipergunakan sebagai tempat untuk membangun infrastruktur Data Center pribadi, membangun infrastruktur Disaster Recovery Center (DRC), maupun menara telekomunikasi.
 
Lokasi yang berada di Surabaya juga memungkinkan fasilitas XL ini dipergunakan oleh para pelanggan korporat yang menginginkan layanan Disaster Recovery Center (DRC).

Data Center XL ini didukung oleh jaringan koneksi microwave dan serat optik XL yang telah terbuki terjamin, baik dari sisi kecepatan maupun kestabilannya. Kedepannya, XL berkomitmen untuk menjadikan data center ini sebagai data center yang netral.   

“Hadirnya data center ini juga dalam rangka memenuhi aturan Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2012 yang mewajibkan pusat data berada di Indonesia,” katanya.  

Saat ini XL telah memiliki 5 data center yang tersebar di seluruh Indonesia (Surabaya, Jakarta, Cibitung, Bandung, dan Pekanbaru).

“Surabaya Data Center merupakan data center pertama yang dibuka untuk publik. Nantinya dan disesuaikan dengan permintaan pasar, XL tidak menutup kemungkinan bahwa data center-data center lainnya akan juga dibuka untuk publik,” katanya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year