telkomsel halo

Dian Swastika Akuisisi Mora Quatro Multimedia

18:37:55 | 31 Dec 2012
Dian Swastika Akuisisi Mora Quatro Multimedia
Situs Dian Swastika (Dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (indotelko) – PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) mengakuisisi  PT Mora Quatro Multimedia (MQM)  melalui anak usahanya, PT DSSA Mas Sejahtera, senilai Rp 87,5 miliar.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Dian Swastatika Sentosa Hermawan Tarjono dalam  keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), pekan lalu menyatakan pembelian saham itu telah dilakukan pada 26 Desember 2012.

Transaksi dilakukan melalu anak perusahaan, DSSA Mas Sejahtera,  dengan mengambilalih  saham MQM yang mengeluarkan  875 ribu saham baru. Masing-masing saham bernilai nominal Rp 100 ribu atau setara dengan 70% dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor di dalam MQM. Sisa saham sebesar 30% di MQM dimiliki oleh PT Gema Lintas Benua.

Dian Swastika Sentosa selama ini dikenal dengan bisnis utamanya tambang batu bara dan pembangkit listrik.  

Jelang tutup 2011,  perusahaan energi dan infrastruktur di bawah kendali Grup Sinarmas, memutuskan menjual aset telekumunikasinya kepada PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IBST).

Aset itu berupa 1.211 menara BTS (base transceiver station) dan 93 menara yang masih dalam tahap penyelesaian senilai Rp 690,38 miliar.

Aksi membeli saham MQM ini menandakan Dian Swastika ingin menggarap bisnis broadband.

Dian Swastika dikabarkan telah menyiapkan dana sekitar US$60 juta atau setara Rp 576.9 miliar  untuk pembangunan jaringan fiber optic di Jabodetabek  yang akan dimulai pada 2013 dan selesai di 2014.
 
Berdasarkan penelusuran di internet, MQM  adalah salah satu penyedia infrastruktur telekomunikasi, internet broadband kecepatan tinggi dan layanan Triple play (telepon, Internet & TV).

Dalam situs perusahaan PT Mora Telematika Indonesia (Moratel), terlihat MQM masih bagian dari afiliasi atau bisnis grup dari perusahaan yang selama ini dikomandoi pengusaha Galumbang Menak itu.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year