telkomsel halo

Bandara Soetta dukung penjualan produk UMKM via vending machine

06:07:00 | 31 Jan 2024
Bandara Soetta dukung penjualan produk UMKM via vending machine
JAKARTA (IndoTelko) - PT Angkasa Pura II (AP II) mendukung penuh pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Pada hari ini, 30 Januari 2024, AP II resmi menghadirkan mesin jual otomatis atau vending machine yang memasarkan beragam produk UMKM di Bandara Soekarno-Hatta.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan melalui vending machine ini maka UMKM mendapatkan kemudahan dalam memasarkan produknya di Bandara Soekarno-Hatta.

"Tidak perlu sewa tempat, perawatannya juga mudah," ujar Arya Sinulingga.

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro mengatakan vending machine tersebut tersedia di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3.

"Vending machine produk UMKM di Bandara Soekarno-Hatta ini merupakan kolaborasi bersama BNI, Telkom, PLN dan AP II yang menyediakan tempat. Kami berharap melalui vending machine ini maka produk-produk UMKM dapat semakin menjangkau masyarakat khususnya penumpang pesawat kapan saja selama 24 jam setiap harinya. Ini juga sebagai bentuk pemasaran produk UMKM melalui digitalisasi," jelas Cin Asmoro.

Lebih lanjut, Cin Asmoro mengatakan vending machine menghadirkan kepraktisan bagi penumpang pesawat untuk bisa memperoleh produk UMKM.

"Penumpang pesawat kini memiliki lebih banyak pilihan di Bandara Soekarno-Hatta untuk bisa mendapatkan oleh-oleh produk makanan ringan UMKM, salah satunya melalui vending machine yang menghadirkan kepraktisan. Di satu vending machine, penumpang pesawat bisa memilih berbagai produk UMKM dengan mudah dan kapan saja, dan bertransaksi bisa dengan QRIS," ujar Cin Asmoro.

Adapun Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia menjadi lokasi yang tepat dalam memasarkan produk-produk UMKM.

"Pada 2023, jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta mencapai sekitar 50,9 juta penumpang. Sejalan dengan itu, AP II bersama stakeholder terus berinovasi dalam memasarkan produk-produk UMKM di Bandara Soekarno-Hatta di mana salah satunya melalui vending machine," ujar Cin Asmoro.

Bandara Soekarno-Hatta saat ini juga menyediakan Gerai Nusantara yang merupakan area khusus di Terminal 3 bagi UMKM untuk memasarkan produk-produknya.

Cin Asmoro mengatakan ke depannya vending machine produk UMKM ini akan dihadirkan juga di seluruh bandara yang dikelola AP II. "AP II saat ini mengelola 20 bandara dan pada tahun ini kami akan hadirkan vending machine khusus produk UMKM di seluruh bandara untuk memberikan kemudahan bagi penumpang pesawat sekaligus memperluas pasar bagi produk UMKM," ujar Cin Asmoro.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year