telkomsel halo

Yosi bisa ekspor produk UMKM nya berkat BAKTI

14 Okt 2022

Nama nya Yosi Eka Kurniawati, usianya 44 tahun. Yosi di kenal sebagai ibu rumah tangga di Desa Sukarara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia mengajarkan warga di wilayah tersebut, bagaimana berkutat dengan smartphone untuk berjualan. Sebelumnya, Yosi menjual produknya secara offline dan manual dari pintu ke pintu. Setelah Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menancapkan Menara BTS nya di Desa Sukarara, peruntungan Yosi berubah.

"Saya tidak paham internet, apalagi digital marketing. Jualannya offline saja, dari pintu ke pintu. Kebetulan waktu itu ada pelatihan yang diselenggarakan Bakti Kominfo. Pelatihan digital itu saya ikuti, bersama teman-teman UMKM lain di desa ini. Akhirnya saya paham memasarkan produk saya lewat internet," ujar Yosi, saat berbincang dengan wartawan di Lombok, Rabu, 5 Oktober 2022.

Menurut Yosi, beruntung dirinya paham soal pemasaran digital. Saat pandemi COvid-19 melanda, dia sempat bingung melanjutkan bisnis. Dia pun mempertajam kemampuan pemasaran digitalnya, sampai akhirnya bisa melanjutkan usaha Ombak Food miliknya.

Video Terkait
Indonesia Digital Network
Telkom DES