telkomsel halo

TikTok Gelar Ad Awards 2024 di Indonesia

06:15:00 | 04 Jun 2024
TikTok Gelar Ad Awards 2024 di Indonesia
UMKM/Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - TikTok pertama kali menggelar TikTok Ad Awards di Asia Tenggara untuk merayakan kreativitas dan orisinalitas dalam kampanye pemasaran. Penghargaan ini diadakan di enam negara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Sejak dibuka pendaftaran pada Februari 2024 di Indonesia, ajang ini diikuti oleh berbagai brand dan agensi yang telah menggunakan ekosistem kreatif TikTok untuk menghadirkan kampanye kreatif yang menginspirasi dan membawa kebahagiaan bagi komunitas TikTok.

Dikatakan Head of Business Marketing TikTok Indonesia, Sitaresti Astarini, kreativitas tidak perlu terbatas pada perayaan momen-momen besar atau spesial. Kini, TikTok membantu penggunanya, termasuk brand, untuk berkarya setiap hari dengan mudah. Melalui ekosistem kreatif TikTok, brand dapat terbantu untuk mengeksplorasi kreativitas dan inovasi mereka dalam strategi pemasarannya, dan bertemu serta berinteraksi dengan audiens yang tepat. "Melalui ajang penghargaan TikTok Ad Awards inilah kami ingin memberikan pengakuan untuk brand atas kreativitas mereka," ujarnya.

Setelah menerima antusiasme luar biasa dari ratusan brand dan agensi di Indonesia, TikTok Ad Awards 2024 telah menyelesaikan proses seleksi ketat yang melibatkan tujuh panel juri eksternal yang merupakan ahli di bidangnya, serta tiga juri dari tim internal TikTok. Dari empat kategori penghargaan untuk brand, terdapat pemenang dengan peringkat Gold, Silver, dan Bronze.

Berikut daftar penerima penghargaan Gold :

    Best Branding Campaign yang berhasil dimenangkan oleh blu by BCA Digital melalui kampanye Kastamer Ngablu

    Best Commerce Campaign yang diraih oleh OMG melalui kampanye Empowering Women, Empowering Dreams: OMG Oh My Grande

    Best Performance Campaign yang diberikan kepada Somethinc melalui kampanye #KulitKalem

    Best Local Hero Campaign yang dianugerahi kepada EatSambel melalui kampanye Sambel Nikmat, Wangi Cita Rasa Tradisional

Terdapat beberapa faktor pertimbangan dan penilaian pada saat pemilihan pemenang, terutama dari segi pemanfaatan ekosistem kreatif TikTok untuk menghasilkan iklan kreatif dengan mudah dan fleksibel.

Dalam kegiatan Media Luncheon TikTok Advertising Awards 2024 di Jakarta (29/5), para pemenang berbagi kiat mereka dalam mengejewantahkan ide kreatif menjadi kampanye pemasaran yang efektif di TikTok.

Pemenang Best Branding Campaign, blu by BCA Digital, mengungkapkan kampanye komunikasi yang inovatif dalam memperkenalkan blu secara informatif dan edukatif, melalui konten ‘kastamer ngablu’ yang mencerminkan interaksi nyata bagaimana customer service blu selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dan reliable untuk nasabah, telah berhasil membangun chemistry kedekatan dengan audiens.

Untuk membantu proses kreativitasnya, blu by BCA Digital juga menggunakan TikTok Creative Exchange sebagai bentuk eksplorasi dan pemanfaatan tools yang dimiliki oleh TikTok. Demikian pula, OMG menggunakan ekosistem kreatif TikTok yang mudah digunakan untuk memikat hati penggunanya, seperti konten video dengan ragam efek tulisan dan transisi agar video terlihat lebih menarik, serta promo dengan berkolaborasi bersama kreator affiliate OMG di TikTok. Selain itu, Somethinc juga menceritakan proses kreatif dari karyanya yang menggunakan ragam fitur kreatif dari pengunaan audio yang menarik, bekerja sama dengan sejumlah konten kreator TikTok, dan juga menggunakan digital ads sehingga dapat membangun consumer journey Somethinc yang komprehensif.

Pemenang ajang penghargaan TikTok Ad Awards juga berhasil dimenangkan UMKM, EatSambel, pemenang Best Local Hero Campaign. Menurut Head of Marketing EatSambel, Garry Koesoema, banyak orang merasa brand baru pasti kalah sama brand besar. Padahal, stigma ini harus dipatahkan, karena kuncinya ada di kreativitas. "EatSambel sendiri bermula dari UMKM sambel rumahan, tetapi kami berhasil berkompetisi di pasar berkat kreativitas dan dukungan TikTok. Misalnya, melalui fitur FYP, kami bisa membuat konten kreatif yang meningkatkan awareness serta penjualan kami. Berkat TikTok kami berhasil menghibur para audience sekaligus memperkenalkan sambel terbaik dari EatSambel, sehingga kami dapat terus meningkatkan pelayanan untuk para pelanggan setia kami," jelasnya.

Sementara, Executive Director Marketing & Lifestyle Business dari OCBC,

Amir Widjaja, mengungkapkan, hal penting yang dipelajari dalam ajang penghargaan ini adalah bahwa kreativitas tidak terbatas hanya pada seberapa besar brand tersebut, melainkan seberapa besar keinginan mereka untuk menjadi kreatif. "TikTok Ad Awards telah menjadi pengingat bagi saya untuk selalu belajar dari berbagai industri serta brand dengan berbagai ukuran bahwa tidak ada batasan untuk menjadi kreatif," katanya.

Sitaresti menambahkan, TikTok akan terus menyambut para brand dan agensi untuk berkarya secara inovatif dengan menggunakan ekosistem kreatif di TikTok, sehingga brand menjadi lebih dikenal dan dapat mencapai tujuan bisnis mereka dengan efektif. "Kami sangat antusias untuk terus memberdayakan ekosistem kreatif TikTok agar dapat membantu brand menghasilkan konten yang menginspirasi setiap harinya," ujarnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year