telkomsel halo

Sunday tuntaskan akuisisi KSK Insurance

05:48:00 | 12 Mar 2024
Sunday tuntaskan akuisisi KSK Insurance
SINGAPURA (IndoTelko) - Sunday Ins Holding (Sunday), grup full-stack insurtech regional di Asia Tenggara, telah menyelesaikan proses akuisisi PT KSK Insurance Indonesia di bulan Januari 2024 setelah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan, lembaga pengatur jasa keuangan di Indonesia.

Aksi korporasi ini menjadikan Sunday sebagai salah satu grup insurtech terbesar yang sepenuhnya berlisensi di dua pasar asuransi umum terbesar di regional Asia Tenggara dengan pendapatan melampaui US$100 juta.

Sunday pertama kali diluncurkan di Indonesia sebagai insurtech terdaftar dan broker berlisensi pada tahun 2022.

Misi Sunday adalah untuk memimpin sebagai grup asuransi digital pertama yang menerapkan AI/ML dan arsitektur layanan mikro dengan memberikan pengalaman serta layanan pelanggan yang terbaik di seluruh rantai nilai asuransi, mencakup asuransi kesehatan, asuransi kendaraan bermotor, produk komersial, serta produk retail lainnya di wilayah ini.

Dikenal melalui fokusnya pada inovasi dan otomatisasi produk, Sunday sebagai insurtech bertujuan untuk meningkatkan lini bisnisnya melalui berbagai saluran pemasaran, yang meliputi kemitraan strategis dengan multifinance, perusahaan milik negara (BUMN), operator telekomunikasi, saluran distribusi langsung, dan partner perantaranya. Secara regional, Sunday telah tumbuh organik dua kali lipat mencapai lebih dari US$70 juta premi terjual di tahun 2023.

KSK Insurance Indonesia adalah perusahaan asuransi umum yang konsisten tumbuh di atas rata-rata industri, sebesar 35% di beberapa tahun terakhir dengan premi bruto tertanggung mencapai US$40 juta di tahun 2023, mencakup asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, dan asuransi kargo melalui kerja sama eratnya dengan jaringan agen dan broker asuransi terkemuka di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Bali.

Dalam kolaborasinya dengan Sunday, PT KSK Insurance Indonesia juga telah menghasilkan premi dengan nilai lebih dari US$10 juta pada tahun 2023 melalui produk-produk dan saluran pemasaran baru untuk asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan bermotor.

Akuisisi Sunday terhadap 99% saham PT KSK Insurance Indonesia telah mempercepat pertumbuhan lini bisnis yang kini berpusat pada inovasi produk dan alternatif saluran distribusi baru dalam skala nasional.

Kolaborasi strategis ini memungkinkan beragam layanan seperti asuransi kendaraan bermotor, asuransi kesehatan, dan produk asuransi personal lainnya untuk dapat diperkuat oleh teknologi AI/ML dan didistribusikan melalui saluran pemasaran baru serta yang sudah ada dengan otomatisasi canggih dari proses penjualan, layanan pelanggan, underwriting dan klaim.

CEO dan Co-Founder Sunday, Cindy Kua sangat antusias dengan prospek pertumbuhan dan kolaborasi digital dengan perusahaan asuransi yang berlisensi.

"Kemitraan ini menandakan komitmen kami yang mendalam di Indonesia dan misi kami untuk menjadi grup insurtech terdepan di wilayah ini. Fokus utama dan terdekat kami adalah untuk memperluas solusi produk kami kepada semua klien korporat, mitra, agen, dan broker dalam ekosistem kami untuk melayani masyarakat kelas menengah yang jumlahnya terus tumbuh dengan layanan klaim, gaya hidup, dan pencegahan risiko yang lebih baik," katanya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year