telkomsel halo

Indonesia - Estonia ingin akselerasi transformasi digital

05:27:46 | 12 Feb 2024
Indonesia - Estonia ingin akselerasi transformasi digital
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah Indonesia tengah menjajaki kolaborasi dengan Estonia untuk mempercepat transformasi digital nasional.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyatakan Estonia dapat menjadi benchmark dalam upaya akselerasi transformasi digital di tanah air.

“Estonia memberikan respon yang sangat positif membuka kesempatan kolaborasi dengan Indonesia terkait pengembangan sejumlah program yang dapat membantu akselerasi transformasi digital,” ujarnya.

Wamen Nezar Patria mengapresiasi langkah Pemerintah Estonia dalam melakukan akselerasi transformasi digital.

“Estonia cukup advance dalam penerapan teknologi digital dan salah satu negara dengan transformasi digital yang paling sukses. Mereka punya satu sistem e-government salah satu yang terbaik di dunia,” jelasnya.

Menurut Wamenkominfo, keberhasilan Estonia dalam transformasi digital memacu Indonesia untuk membuka peluang kerja sama. Apalagi Duta Besar Estonia Nele Leosk menyambut baik peluang tersebut.

“Kita coba bertukar pikiran terutama karena Indonesia sedang menjalankan satu proses transformasi yang sama untuk membuat e-government. Kita tahu Keppres (Keputusan Presiden tentang Transformasi Digital) sudah keluar dan kaitannya juga dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik/e-government,” jelasnya.

Estonia merupakan salah satu negara di Eropa dengan populasi kurang dari 2 juta jiwa.Sebelum istilah Society 5.0 dikenal dunia, negara yang berada di Utara Benua Eropa itu sudah dua dekade menerapkan transformasi digital. Upaya itu membuat Estonia dikenal sebagai negeri digital karena telah menerapkan e-governance sejak tahun 1997. Kemudian, disusul dengan program berbasis teknologi digital seperti, e-Tax, X-Road, I-Voting, Digital ID, dan e-Health.

Salah satu gebrakan paling terkenal di Estonia adalah e-residency yang diperkenalkan pada 2014. Program ini diusung demi membuka peluang bagi penduduk dunia dari negara mana saja untuk memiliki kependudukan di Estonia. Saat ini, Estonia menjadi rumah bagi lebih dari 200 startup digital.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year