telkomsel halo

Fortinet umumkan solusi jaringan aman yang mendukung Wi-Fi 7 di Industri

08:03:00 | 24 Jan 2024
Fortinet umumkan solusi jaringan aman yang mendukung Wi-Fi 7 di Industri
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Pemimpin global keamanan siber yang mendorong konvergensi antara jaringan dan keamanan, Fortinet mengumumkan solusi jaringan aman komprehensif satu-satunya di industri yang terintegrasi dengan Wi-Fi 7. Titik akses Wi-Fi 7 pertama Fortinet, FortiAP 441K, menawarkan kecepatan dan kapasitas lebih besar, dan FortiSwitch T1024 baru yang dirancang khusus untuk tujuan ini dilengkapi dengan akses 10 Gigabit Ethernet (GE) dan teknologi Power over Ethernet (PoE) 90W untuk mendukung kebutuhan bandwidth Wi-Fi 7.

Perangkat baru ini memberikan performa nirkabel mutakhir yang dibutuhkan dunia usaha saat ini dan sebagai bagian dari solusi Fortinet Secure Networking dengan mulus terintegrasi dengan AIOps dan FortiGuard AI-Powered Security Services untuk keamanan, visibilitas, dan kendali yang tak tertandingi.

Dikatakan Chief Marketing Officer dan EVP untuk Strategi Produk di Fortinet, John Maddison, Fortinet adalah satu-satunya vendor yang memadukan teknologi jaringan dan keamanan yang didukung AI ke dalam solusi tunggal dan holistik untuk menghubungkan dan melindungi LAN lewat kabel dan nirkabel.

"Melalui berita ini, kami menyediakan terobosan teknologi nirkabel terbaru di tangan para pelanggan, yang sekarang bisa memanfaatkan Wi-Fi 7 dengan peningkatan throughput sambil menjaga keamanan lalu lintas nirkabel dan efisiensi bisnis mereka," ujarnya.

Perusahaan sangat ingin menikmati kecepatan dan bandwidth Wi-Fi 7 yang lebih tinggi, teknologi nirkabel generasi terakhir, untuk mendukung aplikasi berdata besar dan perangkat nirkabel dalam jaringan mereka. Namun, teknologi baru seperti Wi-Fi 7 meningkatkan peluang ancaman terhadap organisasi, dan solusi keamanan warisan dapat mengalami kesulitan untuk menginspeksi dan mengamankan peningkatan lalu lintas yang kaya data.

Dalam lansekap ancaman hari ini yang semakin canggih dan terus berevolusi, organisasi tidak dapat mengabaikan kesenjangan dalam postur keamanan. Solusi Jaringan Aman Fortinet yang komprehensif mendukung Wi-Fi 7 sementara menyediakan perlindungan kelas perusahaan, keamanan yang didukung AI, dan kemampuan automasi AIOps yang dibutuhkan pelanggan untuk mengamankan lalu lintas nirkabel mereka.

FortiAP 441K dan FortiSwitch T1024 yang baru adalah inovasi terakhir dalam solusi Fortinet Secure Networking yang memadukan teknologi jaringan dengan keamanan yang didukung AI di seluruh sisi. FortiAP 441K memanfaatkan Wi-Fi 7 Qualcomm® Networking Pro 1220 Platform dari Qualcomm Technologies, Inc., inovator terdepan untuk teknologi nirkabel yang merintis pengembangan Wi-Fi7, dan menyediakan manfaat antara lain :

1. Kecepatan koneksi hingga 2x lebih cepat

FortiAP 441K memberikan koneksi nirkabel secepat kilat dengan kecepatan hingga 2x lebih cepat untuk konfigurasi yang sama.

2. Transfer data yang lebih cepat dari yang pernah tersedia

Dukungan untuk 4096 QAM memampukan transfer data lebih cepat yang sangat penting untuk aplikasi perusahaan yang memakan banyak bandwidth seperti streaming video dan alat kolaborasi.

3. Latensi lebih rendah

Dengan menggunakan kanal 320MHz, sebuah FortiAP 441K dapat memanfaatkan spektrum yang lebih luas untuk meningkatkan kecepatan data dan mengurangi latensi sehingga memastikan pengalaman pengguna akhir yang positif.

Penggunaan kanal yang fleksibel melalui preamble puncturing dan operasional multi tautan yang canggih memastikan koneksi yang sangat tangguh dan andal untuk menjaga bisnis tetap online dan produktif.

Untuk memanfaatkan Wi-Fi 7 sepenuhnya, organisasi harus memastikan infrastruktur jaringan mereka dapat mengakomodasi kebutuhan kecepatan dan kapasitas yang semakin besar. Akses switch FortiSwitch T1024 10 GE yang baru dengan 90W PoE dirancang khusus untuk mendukung AP baru yang mendukung Wi-Fi 7. Saat pelanggan menggunakan AP dan switch yang baru secara bersamaan, mereka dapat memanfaatkan kecepatan yang lebih tinggi, kekuatan, dan performa Wi-Fi 7 serta memastikan pengalaman yang memuaskan bagi semua pengguna dan perangkat.

Solusi Jaringan Aman Fortinet adalah bagian dari platform keamanan siber Fortinet Fortinet Security Fabric berkat integrasi erat ini, organisasi dapat dengan mudah memadukan perangkat jaringan dengan keamanan mutakhir. Hal ini memampukan pelanggan untuk menggunakan FortiGate Next-Generation Firewalls sebagai pengendali nirkabel untuk mendapat manfaat dari FortiGuard AI-Powered Security Services seperti perlindungan malware terbaru, sandboxing dan web filtering. Pelanggan juga dapat memanfaatkan FortiAIOps, AI milik Fortinet untuk alat-alat operasional, untuk mendapat masukan dalam waktu nyata tentang potensi masalah jaringan dan mengautomasi tugas manual di seluruh WAN dan LAN. Dan dengan perkenalan Wi-Fi 7, solusi ini memberikan seluruh kemampuan dengan kecepatan dan kemampuan nirkabel pemimpin industri.

Menurut Wakil Presiden dan General Manager, Wireless Infrastructure and Networking, Qualcomm Technologies, Inc, Ganesh Swaminathan, Qualcomm Technologies dengan senang melanjutkan kolaborasi erat dengan Fortinet untuk memadukan solusi Jaringan aman generasi berikut dengan platform Qualcomm Networking Pro 1220nya.

"Platform Qualcomm Networking Pro 1220 di FortiAP 441K dirancang untuk menetapkan standar baru bagi performa jaringan perusahaan dengan kapasitas masif, stabilitas seperti dengan kabel dan kecepatan secepat kilat, mendorong batas-batas yang bisa dilakukan Wi-Fi dalam perusahaan modern," katanya.

Sementara, SVP solutions engineering AireSpring, Mike Chase mengungkapan, ia sangat bersemangat ketika mengetahui bahwa Fortinet telah jauh unggul di depan dengan titik akses yang mendukung Wi-Fi 7. "Saya telah merancang dan memasang teknologi nirkabel dari berbagai vendor selama lebih dari 20 tahun, tetapi baru setelah melihat FortiAP 441K, saya menyadari fitur-fitur jaringan, keamanan dan analisis spektrum yang hilang dari vendor lainnya. Fortinet membawa teknologi ke level yang sama sekali baru dan sekali lagi secara eksponensial menyediakan konektivitas, keamanan, diagnostik, dan analitik kelas dunia dalam solusi nirkabel terbaru mereka," katanya.

Sedangkan, Salah satu pendiri dan Analis Teknologi, 650 Group, Chris Depuy mengatakan, ia memperkirakan bahwa dalam lima tahun, lebih dari tiga perempat pendapatan Enterprise WLAN akan berasal dari titik akses Wi-Fi 7, didorong oleh kebutuhan untuk memanfaatkan spektrum 6 GHz yang baru.

"Bersamaan dengan ketersediaan Wi-Fi 7, kami melihat tren di mana organisasi akan menuntut infrastruktur Wi-FI mereka agar terintegrasi erat dengan infrastruktur keamanan. Fortinet berada dalam posisi yang baik sebagai salah satu vendor perusahaan utama yang pertama kali memperkenalkan Wi-Fi 7 dan secara agresif telah memasukkan fungsi kemanan ke dalam produk-produk jaringan mereka," ujarnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year