telkomsel halo

ASDP gaet Telkomsel untuk monitoring armada

10:04:00 | 19 Dec 2023
ASDP gaet Telkomsel untuk monitoring armada
JAKARTA (IndoTelko) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi dengan Telkomsel dalam peluncuran Aplikasi Digitalisasi Monitoring Armada sebagai bagian dari transformasi digital yang dilakukan perseroan.

Peluncuran aplikasi tersebut diresmikan secara langsung oleh Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi, Direktur Teknik dan Fasilitas Kusnadi C. Wijaya, Direktur Komersial dan Pelayanan Yusuf Hadi, Direktur SDM dan Layanan Korporasi Wahyu Wibowo dan Vice President Corporate Account Management Telkomsel Ceppy Djakaria.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan bahwa langkah digitalisasi ini merupakan bagian dari langkah ASDP dalam menaikkan peradaban yang mampu membangun Indonesia. "Semangat kami dari awal adalah dengan mengusung Elevating Civilization to the Next Level. Untuk itu kami sangat mengapresiasi Telkom yang juga sudah jadi bagian sangat instrumental bagi perkembangan ASDP khususnya di bidang digitalisasi demi meningkatkan perabadan," ujarnya.

Ia juga menyatakan bahwa dengan adanya aplikasi monitoring armada tersebut, data acquisition jadi jauh lebih cepat dan terorganisir. "Harapannya data kita olah menjadi informasi dan informasi tersebut mampu menjadi keputusan operasional," ungkapnya.

Direktur Teknik dan Fasilitas ASDP Kusnadi C. Wijaya turut menambahkan dalam laporannya bahwa dengan adanya digitalisasi monitoring armada tersebut para KKM (Kepala Kamar Mesin), maupun manager teknik di cabang dapat melakukan pola perawatan dan pola pemeliharaan yang terencana dengan baik.

"Dengan adanya Aplikasi Monitoring Armada SIEMON (Sistem Engine Monitoring Online) dan SMS (Ship Maintenance System) bertujuan menjadi sistem pondasi atas perawatan armada dengan sasaran ketepatan, kecepatan dan kualitas pekerjaan perawatan yang dapat dilakukan lebih efektif dan efisien sehingga kesiapan serta kepastian operasional dan keselamatan untuk pengguna jasa dapat ditingkatkan," jelasnya.

Ia menegaskan dengan terdigitalisasinya proses ini, ASDP mampu memiliki track record atas perkembangan docking kapal dari hari ke hari.

Vice President Corporate Account Management Telkomsel Ceppy Djakaria turut menambahkan bahwa digitalisasi sistem ini merupakan jawaban dari tantangan yang ada pada industri maritim. Seiring dengan perkembangan industri dan teknologi saat ini termasuk industri maritim yang dihadapkan dengan banyak tantangan dan tantangan ini tentunya akan terus bertambah baik itu dari sisi aspek operasional maupun juga layanan.

"Untuk menjawab seluruh tantangan yang muncul hari ini, digitalisasi dan transformasi menjadi salah satu kata kuncinya. Dan pada kesempatan ini, salah satu transformasi digital yang dilakukan oleh ASDP yaitu berkolaborasi dengan Telkomsel dalam menyajikan dan membangun sistem engine monitoring online yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan juga solusifitas aset, sekaligus diharapkan mampu meningkatkan keselamatan dan keamanan armada itu sendiri," tambahnya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year