telkomsel halo

Kominfo dorong pembangunan jaringan telekomunikasi di IKN

06:23:09 | 08 Dec 2023
Kominfo dorong pembangunan jaringan telekomunikasi di IKN
Wayan Toni Supriyanto
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong operator menggelar jaringan telekomunikasi di Ibukota Negara Nusantara (IKN) untuk memberikan layanan dan kemajuan pada ekosistem digital.

“Saat ini Indonesia sedang membangun ibu kota negara baru, yang bernama Nusantara. Ibu Kota negara Indonesia baru ini di desain menjadi kota cerdas dan digital hub. Pembangunan ibu kota Nusantara (IKN) ini ditargetkan akan memberikan dampak positif pada kemajuan ekosistem digital. Kominfo mendorong tergelarnya infrastruktur digital di IKN agar memungkinkan penggunaan teknologi baru dan mutakhir,” ungkap Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen PPI Kominfo), Wayan Toni Supriyanto, di Jakarta.

Dijelaskannya, pembangunan IKN ditargetkan memberi dampak positif untuk tiga indikator utama kemajuan ekosistem digital yakni peringkat sangat tinggi dalam indeks pengembangan pemerintahan digital atau e-government indeks dari UN. Kedua, tingkat konektivitas digital dan TIK yang mencapai 100% untuk semua penduduk dan bisnis. Ketiga, tingkat kepuasan berbisnis bidang layanan digital yang mencapai 75 persen atau lebih.

“Kominfo mendorong tergelarnya infrastruktur digital di IKN untuk memungkinkan penggunaan teknologi baru termutakhir seperti penggunaa aotonomus vehicle, internet of things berbasis 5G dan Big Data dapat berjalan secara simultan dan kontinu,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menegaskan jaringan internet di IKN semuanya harus sudah 5G.

"Kalau IKN memang harus 5G. Sudah dicanangkan smart city, masa smart internetnya cuma 50 mbps, jadi enggak smart dong. Semua yang ada di ibu kota semuanya harus didukung kecepatan internet yang memadai. Makanya harus 5G," katanya.

Untuk diketahui, pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur bukan semata menggeser infrastruktur fisik pemerintah pusat, melainkan juga membangun ekosistem kota pintar atau smart city.

Hal ini sejalan dengan visi ‘smart, green, beautiful, dan sustainable’ dalam pembangunan IKN. Dari visi ini lalu diterjemahkan melalui pengembangan kota yang berdampingan dengan alam melalui konsep forest city serta smart and intelligent city.

Dengan begitu, IKN diharapkan dapat menjadi kota yang mengedepankan inklusi sosial dan modern, dengan tetap memperhatikan kelestarian dan keberlanjutan lingkungan.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year