telkomsel halo

Eral bukukan laba sebesar Rp164 miliar usai IPO

06:03:00 | 02 Nov 2023
Eral bukukan laba sebesar Rp164 miliar usai IPO
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - PT Sinar Eka Selaras Tbk (ticker code: ERAL) mengumumkan laporan keuangan untuk periode sembilan bulan tahun 2023 dengan pencapaian positif. Entitas anak usaha Erajaya Group yang fokus di kegiatan marketing, distribusi dan jaringan ritel produk active lifestyle berhasil mencatatkan peningkatan penjualan bersih sebesar 26,6%.

Beberapa ringkasan kinerja keuangan dapat dilihat sebagai berikut:

    Pendapatan bertumbuh sebesar 26,6% menjadi Rp2,7 triliun

    Margin laba kotor sebesar 13,9%

    Laba bersih tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp164,3 miliar.

Dikatakan Direktur Utama PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) Djohan Sutanto, pihaknya memaksimalkan momentum positif pada sembilan bulan pertama tahun 2023 seperti tahun ajaran baru sekolah dan semakin maraknya event gaya hidup seiring transisi endemi. Semua itu berkontribusi positif terhadap kinerja perseroan.

"Dalam periode ini, kami mencatatkan pendapatan sebesar Rp2,7 triliun atau naik sebesar 26,6% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Begitu pula dengan laba bersih perseroan yang meningkat menjadi Rp164,3 miliar dari Rp160,3 miliar pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Pertumbuhan kinerja yang solid turut didukung dengan ekspansi jaringan ritel melalui pembukaan 37 gerai baru di sepanjang tahun ini. Tentu saja ekspansi ini sejalan dengan strategi kami untuk memperluas presence kami di pasar domestik,” jelasnya.

Hingga akhir September 2023, jaringan ritel ERAL sudah mencapai 100 gerai yang terdiri dari 58 toko multi-brand store dan 42 mono-brand store, termasuk penambahan gerai dari sektor sports fashion JD Sports dan ASICS. ERAL juga menawarkan pengalaman berbelanja secara online melalui livewithit.id dan urbanrepublic.id, dan produk sports fashion apparel dapat dibeli pula di jdsports.id.

Di samping itu, ERAL bekerja sama dengan 3 platform marketplace yakni Tokopedia, Shopee dan Blibli untuk menghadirkan official store-nya di sana. Dengan demikian pelanggan dapat menikmati pengalaman berbelanja dalam lingkup omni-channel sesungguhnya.

ERAL memiliki berbagai portofolio brand papan atas untuk sejumlah segmen produk di sektor ritel. Di segmen Accessories (ecosystem) meliputi sejumlah brand seperti Apple, Samsung, Huawei, Xiaomi, Playstation, Microsoft, JBL dan sebagainya. Sementara di segmen Internet of Thing (IoT), terdapat brand DJI, Garmin, GoPro, Marshall, Segway dan sebagainya. Dan di segmen sportswear, fashion, dan outdoors, terdapat portofolio brand JD Sports, ASICS, serta Urban Adventure.

ERAL juga mengembangkan private label IT (Immersive Tech) untuk produk aksesoris, smarthome, produk IoT dan ekosistemnya. Pada tanggal 29 Agustus 2023, ERAL membuka gerai pertama dari IT (Immersive Tech) yang menjual beragam produk seperti aksesoris, smarthome, dan produk pendukung device lainnya. Pembukaan gerai pertama di Surabaya ini merupakan momen penting bagi perseroan dalam memperkenalkan produk private label perseroan kepada pelanggan setia.

Perseroan optimis dengan permintaan akan produkproduk active lifestyle yang memiliki prospek baik di pasar domestik mengingat semakin tingginya kesadaran untuk mengimplementasikan gaya hidup aktif terutama di kalangan generasi muda Indonesia. Tumbuhnya aktivitas yang melibatkan komunitas terutama yang berfokus pada gaya hidup aktif dimanfaatkan oleh ERAL sebagai kesempatan untuk membangun komunikasi dengan pengguna produk sekaligus memperkenalkan produk yang ditawarkan melalui jaringan ritelnya.

Djohan menambahkan, keberadaan komunitas sangat penting bagi perusahaanya karena bisa mendapatkan masukan konsumen secara langsung dan memungkinkan pihaknya lebih memahami kebutuhan mereka. "Untuk itu, kami selalu berupaya membangun kedekatan dan tumbuh bersama komunitas. Pada saat yang sama, kami juga terus mengembangkan portofolio brand active lifestyle demi menangkap peluang baru di pasar domestik dalam menawarkan portofolio produk yang komprehensif kepada pelanggan setia, dan meningkatkan kinerja perusahaan ke depan,” katanya.

Dijelaskannya, perseroan akan terus mengembangkan bisnis active lifestyle yang dimiliki melalui ekspansi jaringan ritel, memperkaya portofolio brand active lifestyle dan memaksimalkan kapabilitas omni-channel yang dimiliki oleh Erajaya Group untuk mendukung pertumbuhan bisnis perseroan. Dengan memanfaatkan potensi besar dari sektor ritel gaya hidup, kami optimistis untuk dapat berkontribusi positif kepada Erajaya Group. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year