telkomsel halo

Alibaba Cloud dan TelkomSigma gelar Indonesia GenAI Hackathon

06:21:16 | 12 Sep 2023
Alibaba Cloud dan TelkomSigma gelar Indonesia GenAI Hackathon
Indonesia GenAI Hackathon (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Sukses menggelar Indonesia GenAI Hackathon 2023, Telkomsigma dan Alibaba Cloud telah mendorong startup dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus melakukan inovasi teknologi digital berbasis AI yang bertujuan untuk memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat pada umumnya.

Acara ini menggandeng MDI Ventures dan Indigo, diharapkan dapat membantu mengakselerasi adopsi solusi berbasis AI, terutama di sektor industri, yang berlandaskan pada good customer experience.

Kompetisi inovasi teknologi ini diselenggarakan di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Makassar, dengan tujuan untuk mempertemukan para talenta muda Indonesia untuk bekerja secara kolektif dalam memecahkan masalah yang kompleks dan mengembangkan skenario baru dengan menggunakan solusi generative-AI di cloud.

Melalui berbagai tahapan penjurian yang ketat, terpilih 4 finalis dari masing-masing kota yaitu Pizzicato (Jakarta), Heistag (Bandung), Skyshi (Yogyakarta) dan Suntechindonesia (Makassar).

Babak final Indonesia GenAI Hackathon 2023 diselenggarakan di Telkom Landmark Tower, Jakarta, dan mencapai puncak dengan diumumkannya Suntechindonesia sebagai pemenang.

Suntechindonesia mengembangkan platform berbasis AI, bernama platform DentixAI, yang berfokus pada industri kesehatan. Platform ini dapat memberikan rekomendasi rencana perawatan yang komprehensif berdasarkan hasil pemeriksaan dan digitalisasi riwayat kesehatan gigi pasien. DentixAI mampu melakukan otomasi pencatatan pemeriksaan pasien secara digital sehingga memudahkan tenaga medis mengambil keputusan tindakan dalam pemeriksaan selanjutnya.

Menurut Dir. Delivery & Operation Telkomsigma, Wayan, melalui kegiatan ini, akan semakin mendorong setiap digital talent muda dalam eksplorasi inovasi teknologi berbasis AI yang dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat dan industri. "Sehingga keberadaan teknologi AI akan semakin menguatkan dalam meningkatkan customer experience dan diharapkan semakin mempercepat pengembangan ekonomi digital Indonesia," katanya.

Sementara, Country Manager Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen mengatakan, komitmen jangka panjang Alibaba adalah mendukung perusahaan startup dan pengembang untuk menjawab tantangan kehidupan yang nyata dengan teknologi terdepan. "Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan perusahaan visioner seperti TelkomSigma untuk menginspirasi lebih banyak orang untuk menuangkan kreativitas dan inovasi mereka, sekaligus berkontribusi pada pengembangan AI dan transformasi digital di pasar," ujarnya.

Indonesia GenAI Hackathon 2023 mendulang antusiasme dari pada developer dengan lebih dari 100 tim yang berpartisipasi untuk menunjukkan inovasi teknologi dan solusi digital berbasis AI. Sebagai pemenang, SUNTECHINDONESIA mendapatkan hadiah berupa perjalanan selama 4 hari, 3 malam ke Hangzhou, kota di mana kantor pusat Alibaba Cloud berada, dan uang tunai sebesar $5.000. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year