telkomsel halo

Harpelnas, XL Axiata tegaskan tingkatkan kepuasan pelanggan

08:51:00 | 05 Sep 2023
Harpelnas, XL Axiata tegaskan tingkatkan kepuasan pelanggan
XL Axiata, Hari Pelanggan (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Memperingati Hari Pelanggan Nasional 2023, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menegaskan kembali tekad untuk terus meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan (Customer Experience - CX). Pada momen spesial Hari Pelanggan Nasional ini juga, XL Axiata menghadirkan beragam promo khusus sebagai apresiasi kepada pelanggan, selaras dengan komitmen XL Axiata untuk "Ramah Pelanggan, Ramah Lingkungan, Indonesia Jadi Lebih Baik".

Menurutu Direktur & Chief Commercial Officer XL Axiata, David Arcelus Oses, peringatan hari pelanggan setiap tahun XL Axiata maknai sebagai momentum untuk evaluasi diri guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Hingga kuartal kedua 2023, competitive Net Promoter Score (NPS) meningkat dengan pertumbuhan hingga 36% dan lebih tinggi dibanding pasar.

"Kami berterimakasih atas seluruh masukan pelanggan XL Axiata, karena pencapaian ini tidak lepas dari segala masukan pelanggan yang kami gunakan untuk perbaikan secara terus menerus serta penyediaan berbagai layanan. Kami berharap XL Axiata akan semakin akrab dan dikenal pelanggan sebagai operator yang ramah pelanggan, ramah lingkungan demi Indonesia jadi lebih baik," katanya.

Dijelaskannya, peningkatan score NPS tersebut selaras dengan komitmen XL Axiata untuk terus melakukan berbagai langkah inovatif untuk memperkuat dan memastikan berjalannya sejumlah program yang dipercaya mampu mengedepankan kepuasan pelangan. Seluruh masukan pengguna menjadi dasar untuk berinovasi dalam rangka meningkatkan kepuasan dan pengalaman pelanggan.

Inovasi tersebut antara lain dapat ditemukan di aplikasi myXL dan AXISNet yang semakin kaya dengan fitur-fitur peningkatan pengalaman pelanggan. Kini, di myXL, pelanggan XL dapat menggunakan solusi cepat untuk mendapatkan perbaikan jaringan. Selain itu, ada juga fitur yang memudahkan pelanggan mencari paket internet yang sesuai dengan kebutuhannya. Pelanggan XL PRIORITAS juga dapat mengunci tagihan dari layanan yang tidak diinginkan. Untuk pelanggan AXIS, di myAXIS mereka dapat memproteksi pulsa dengan fitur kunci pulsa.

XL Axiata juga telah menyiapkan fasiltas dan infrastruktur yang beragam, baik melalui telpon atau layanan digital yang bisa dilakukan dari mana saja. Di antaranya, layanan XL Center online, call center, dan layanan digital care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet. Tersedia juga kanal digital seperti E-mail, Twitter, Facebook, Instagram serta Live Chat, untuk melayani sekaligus memberikan solusi atas berbagai pertanyaan baik menyangkut keluhan layanan hingga informasi produk kepada 58 juta pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia.

Lebih lanjut untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal, XL Axiata menyediakan sekitar 500 petugas layanan contact pelanggan baik melalui layanan call center maupun layanan digital care. Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.

Tercatat hingga saat ini, jumlah interaksi yang diterima oleh call center XL Axiata rata-rata per bulannya adalah 130 ribu transaksi, sedang pada layanan digital care rata-rata interaksi yang masuk setiap bulannya adalah sekitar 350 ribu transaksi. Topik yang sering ditanyakan oleh pelanggan antara lain terkait layanan internet, jaringan, hingga produk maupun layanan. Ada juga cara mengaktifkan nomor dan kartu, serta lokasi XL Center.

Salah satu upaya untuk mendapatkan masukan pelanggan adalah dengan menemui langsung pelanggan secara acak di lapangan. Untuk itu XL Axiata menggelar Program Akrab Bareng Retail Outlet (AKBAR) yang mengharuskan setiap karyawan termasuk juga jajaran manajemen untuk mendatangi secara langsung outlet penjualan produk layanan XL Axiata, untuk mendapatkan masukan dan kritik dari pemilik atau pengelola outlet, serta juga menemui pelanggan di lokasi yang sama.

Pada Hari Pelanggan ini, direksi dan perwakilan manajemen XL Axiata secara bersamaan turun langsung mengunjungi salah satu retail outlet , serta memberikan pelayanan kepada pelanggan yang berkunjung kesana. Direktur & Chief Commercial Officer XL Axiata, David Arcelus Oses XL Axiata, didampingi oleh Chief Human Capital Officer XL Axiata, M. Hira Kurnia dan Group Head Regional Jabodetabek XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti pada Senin (4/9) datang ke outlet 234 Cell di Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Tak hanya di Jakarta, perwakilan manajemen XL Axiata pun secara langsung turun melayani pelanggan di beberapa gerai XL Center lainnya. Di gerai XL Center Diponegoro Medan, hadir Group Head West Region XL Axiata, Desy Sari Dewi, di gerai XL Center Pemuda Surabaya, hadir Group Head East Region XL Axiara, Dodik Ariyanto, sementara di gerai XL Center Martadinata Bandung hadir Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year