telkomsel halo

Menkominfo dorong STMM kembangkan inovasi

07:25:00 | 05 Sep 2023
Menkominfo dorong STMM kembangkan inovasi
Menkominfo (dok : kominfo)
JAKARTA (IndoTelko) - Keberadaan institusi pendidikan tinggi, memiliki peranan penting dalam mempersiapkan adaptabilitas dan kegesitan generasi muda dalam mengelola peluang dan tantangan era digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan, sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Kominfo, Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta harus menjadi pusat pendidikan tinggi bidang transformasi digital terbaik dan berstandar internasional.

"Visi ini haruslah didukung oleh berbagai inovasi dan terobosan agar STMM betul-betul menjadi center of excellence bagi bibit-bibit unggul insan digital Indonesia," kata Budi saat peletakan batu pertama pembangunan gedung transformasi digital dan pembukaan program pengembangan SDM Kominfo di STMM Yogyakarta kemarin (4/9).

Menurut Budi, keberadaan lembaga pendidikan tinggi akan membekali generasi muda Indonesia dengan berbagai skill set yang makin dibutuhkan di era yang terus bertransformasi secara digital. Bahkan memerlukan keterampilan teknis dan nonteknis atau yang meliputi 4C, yaitu: critical thinking, creativity, collaboration, serta communication.

"Hasil studi LinkedIn Tahun 2020, menunjukkan kebutuhan kecakapan digital di masa depan akan berfokus pada tiga hal yang dikenal sebagai The ABC, yaitu Artificial Intelligence, Big Data, dan Cloud Computing," jelasnya.

Ia juga mendorong STMM Yogyakarta bergerak maju menciptakan berbagai lompatan besar melalui berbagai inovasi dan terobosan baru. "Berbagai riset yang ada harus dimanfaatkan dan penelitian baru pun harus tetap dilakukan, agar STMM dapat memberikan pengajaran dan pembelajaran bidang digital yang segar juga relevan, mengantisipasi dinamika kecakapan maupun keahlian yang dibutuhkan di masa depan," katanya.

Hadir secara daring dalam peletakan batu pertama untuk Gedung Transformasi Digital STMM Yogyakarta, Menkominfo mengharapkan gedung baru dapat menjadi ruang yang baik, nyaman, dan aman, tidak hanya untuk mengabdidan belajar, tetapi juga untuk berinteraksi dan berjejaring bagi segenap sivitas STMM Yogyakarta.

"Gedung baru tidak boleh hanya menjadi bangunan fisik yang gagah saja, tapi harus dipastikan memiliki aktifitas substantif yang berkualitas tinggi," ungkapnya.

Menkomifno juga mengharapkan STMM Yogyakarta menjadi pusat pengembangan SDM bidang digital yang berorientasi pada kebutuhan nasional dan daya saing global. "Dengan inovasi dan kreativitas, saya yakin STMM Yogyakarta dapat merintis jalan bagi generasi digital penerus bangsa, menuju kemajuan teknologi untuk menuju Indonesia Maju," tegasnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year