telkomsel halo

Shopee Connect jadi ruang temu konten kreator, mitra brand dan penjual

08:07:00 | 28 Aug 2023
Shopee Connect jadi ruang temu konten kreator, mitra brand dan penjual
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Di tengah era digital dengan berbagai kemajuan pesat yang ditawarkan, kolaborasi semakin menunjukan kekuatan perannya dalam mendukung perkembangan hingga menghasilkan berbagai inovasi. Hal ini menjadi salah satu latar belakang Shopee menghadirkan acara Shopee Connect yang ditujukan untuk para konten kreator, mitra brand & penjual. Acara ini turut dimeriahkan oleh Abel Cantika (Content Creator & Shopee Affiliate), Monica Vionna (Head of Marketing Growth Shopee Indonesia) serta mitra brand yang turut mendukung Ms Glow, Cool-Vita, Unilever Indonesia, BOLDe, naPocut dan Wardah.

Sebagai bagian dari kemeriahan kampanye 9.9 Super Shopping Day, Shopee Connect mengangkat pembahasan mengenai pentingnya kolaborasi dan sinergi dari seluruh pihak untuk bersama-sama meningkatkan daya saing dan peluang perkembangan bisnis dalam diskusi panel bertemakan ‘Unleash Your Potential Through Impactful Collaborative Networking’.

Dikatakan Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, sebagai platform e-commerce, Shopee menjadi perpanjangan tangan antara penjual, pembeli, serta mitra brand untuk bertumbuh. "Melihat antusiasme pengguna serta dampak positif dari program yang Shopee hadirkan, kami ingin memperkuat potensi kolaborasi yang lebih baik lagi bagi seluruh ekosistem, baik itu konten kreator, mitra brand serta penjual melalui acara Shopee Connect," ujarnya.

Dijelaskannya, di tengah era modern, masyarakat dikelilingi oleh berbagai kemudahan dan peluang yang dilahirkan oleh kemajuan teknologi. Dengan pesatnya perkembangan tersebut, adaptasi dan usaha untuk terus meningkatkan daya saing merupakan langkah penting untuk bertahan.

"Melihat pentingnya sinergi dan peran seluruh pihak, Shopee berharap ruang diskusi dan koneksi pada acara hari ini dapat menunjang perjalanan konten kreator, mitra brand serta penjual dalam memanfaatkan fitur kami, khususnya Shopee Affiliate Program dan Shopee Live. Sehingga tidak hanya meningkatkan potensi diri, tapi juga dapat mendukung kolaborasi antara konten kreator dengan mitra brand dan penjual untuk mengoptimalkan fitur yang dihadirkan guna mendapatkan peluang dan keuntungan lebih besar melalui konten-konten kreatif dan inspiratif," tambah Monica.

Menjadi wadah bagi banyak pelaku usaha serta mitra brand untuk perkembangan bisnis, dan di saat yang sama menjadi solusi bagi pengguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan, program yang dihadirkan seperti Shopee Affiliate Program dan fitur Shopee Live menjadi bukti nyata dalam menawarkan peluang serta dampak positif bagi seluruh ekosistem Shopee.

Dengan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, program Shopee Affiliate Program telah menuliskan cerita indah yang berbeda untuk setiap individu nya. Mulai dari kesempatan untuk membantu ekonomi keluarga, ruang berkreasi untuk terus berdaya di tengah kesibukan hingga menjadi pintu baru untuk mengawali jalan seseorang menjadi konten kreator.

Merasakan pengalaman dan pengaruh signifikan sebagai Shopee Affiliate, Abel Cantika yang juga merupakan konten kreator berbagi kisah inspiratif mengenai pentingnya memiliki strategi untuk terus meningkatkan daya saing dan menemukan kekuatan diri melalui kolaborasi yang sinergis. Melalui program ini, Shopee bersinergi dengan para affiliate guna mendukung para pelaku usaha serta mitra brand untuk menjangkau dan mengedukasi lebih banyak pembeli melalui konten kreatif di sosial media.

Abel yang dikenal sebagai konten kreator khususnya untuk kategori kecantikan dan perawatan diri mengawali perjalanannya dengan Shopee Affiliate Program pada tahun 2022. Belum genap setahun, Abel telah berhasil mendapatkan komisi hingga puluhan juta per bulannya. Abel mengatakan, manfaat yang ia rasakan paling utama adalah bagaimana rekomendasi produk-produk melalui link yang ia share ternyata dapat menghasilkan pendapatan tambahan. "Dengan peran aku yang bertambah seiring dengan berjalannya waktu, tidak dapat dipungkiri kalau memang porsi waktu aku saat ini terbagi antara karir juga peran dalam rumah tangga. Beradaptasi memang bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan hadirnya Shopee Affiliate Program, aku diberikan fleksibilitas untuk melakukan hal yang aku sukai yaitu review dan rekomendasi produk yang bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja," katanya.

"Fleksibilitas yang ditawarkan oleh Shopee ini, tentunya juga didukung oleh jerih payahku membangun kepercayaan dari followers ku serta mengoptimalkan potensi kolaborasi sejak aku mulai menekuni sebagai konten kreator di tahun 2015. Kemudahan fitur dan jangkauan Shopee yang luas baik dari pengguna maupun brand dan pelaku usaha yang bernaung di dalamnya menjadi potensi besar untuk aku semakin berkembang juga," tambah Abel.

Dijelaskannya, saat menjadi Shopee Affiliate, bisa dikatakan Abel memang sudah memiliki personal branding yang kuat pada bidang yang ia tekuni. Hal ini pun terlihat dari dua kategori unggul yang banyak menarik pengguna saat Abel merekomendasikan melalui link Shopee Affiliate, yaitu Perawatan & Kecantikan serta Ibu & Bayi. Mascara, Blush dan Lipstick pun menjadi tiga produk teratas yang merekam jumlah klik paling banyak.

Keunggulan Abel pada bidang ini, bukan merupakan hasil dari kerja semalam saja. Selama perjalanannya 8 tahun berkarya di media sosial, Abel banyak mencoba berbagai jenis kreasi konten. Tidak semua konten yang diciptakan berhasil mendapatkan antusiasme penonton, tetapi melalui hal ini lah Abel banyak belajar melalui saran dan kritik untuk menemukan pesona diri.

Pesona Abel yang terlihat ceria, jelas saat mengulas sebuah produk serta membawa vibe positif melalui konten-konten nya menjadi daya tarik dan strategi untuk membangun kepercayaan para followers. Produk-produk yang Abel rekomendasikan melalui highlight story di media sosialnya yaitu Spill Link Qaqa menjadi pelengkap dari review produk yang telah ia gunakan dan diulas melalui highlight story #BeyiNgeracun.

Abel bercerita awalnya ia bergabung di Shopee Affiliates Program, karena merasa mayoritas produk yang aku review dan share link nya saat ada yang bertanya, merupakan produk yang dapat dibeli di Shopee. Menurutnya, pilihan produk di Shopee beragam, mulai dari alat make up, perawatan kulit dan juga printilan lucu.

"Nah, nyatanya mayoritas followers hingga orang terdekat yang menanyakan produk-produk tersebut, merupakan pengguna Shopee. Jadi lebih mudah dan terbiasa untuk berbelanja di Shopee, apalagi sekarang kan makin seru karena didukung oleh fitur-fitur seru dan tentunya promo menarik," jelasnya.

Baginya, Shopee Affiliate program sendiri bisa dikatakan sebagai pintu yang menawarkan berbagai kesempatan lain. Program ini melahirkan kesempatan-kesempatan baru seperti menjadi medium baru dan strategi untuk menarik pembeli dengan berkolaborasi bersama mitra brand dan penjual. Sehingga melalui kerjasama tersebut dapat menghasilkan dampak positif untuk seluruh pihak seperti; mengembangkan konten-konten kreatif dan edukatif untuk para pembeli, perluasan jangkauan produk bagi brand serta penjual dan dan berbagai keunggulan lain yang akan membawa pengaruh secara signifikan terhadap keputusan yang lebih bijak saat berbelanja.

Salah satu rangkaian program yang menarik banyak perhatian adalah Millionaire Leaders. Di program ini, affiliate hanya perlu mengajak teman untuk menjadi member baru di Shopee Affiliate Program menggunakan link pendaftaran atau kode unik, dan affiliate bisa meraih bonus komisi 15% dari total komisi setiap member yang affiliate ajak selama 3 bulan sejak bergabung.

Selain menguntungkan, program ini juga menjadi ajang mendapat teman baru serta berbagi tips dan trik sukses menjadi Shopee Affiliate. Keseruan lainnya yang dihadirkan adalah KOL Mission yang dihadirkan khusus affiliate pemula, dimana untuk 1500 Affiliates pertama yang menyelesaikan misi-misi menarik dengan tips sukses selama 3 bulan, bisa mendapatkan Voucher Shopee 50RB dan undangan kampanye dan event spesial Shopee.

Tak hanya sosial media, mengikuti tren yang sedang diminati menjadi salah satu upaya untuk lebih dekat dengan followers ataupun konsumen. Mengoptimalkan fitur seperti Shopee Live dapat memberikan pengaruh positif baik bagi mitra brand, pelaku usaha serta konten kreator. Fitur ini memudahkan penjual untuk menjelaskan produk dengan mudah dan berinteraksi secara langsung dengan pembeli melalui sesi tanya jawab. Live streaming sendiri saat ini banyak menarik perhatian antusiasme tinggi dari masyarakat dan dikategorikan sebagai salah satu strategi penting untuk berbisnis. Hal ini menjadi peluang untuk memperkuat daya saing diri dan juga menjadi ruang baru untuk berkolaborasi.

Pada acara Shopee Connect, ada berbagai aktivitas seru yang bisa dinikmati mulai dari Talk Show spesial hingga keseruan challenge yang dapat dinikmati oleh seluruh Shopee Affiliate yang hadir. Yang spesial, acara hari ini menghadirkan kesempatan dan peluang lebih besar untuk berkolaborasi antara affiliates, mitra brand serta penjual dan MCN melalui sesi matchmaking.

Sesuai dengan namanya, sesi ini memberikan ruang bagi mitra brand dan penjual yang turut menghadirkan aktivasi pada acara tersebut untuk berdiskusi dengan seluruh Shopee Affiliates yang hadir untuk mengeksplorasi berbagai potensi kerjasama yang dapat dilakukan kedepannya. Mitra brand yang turut meramaikan sesi matchmaking pada Shopee Connect dari berbagai kategori seperti Kecantikan & Perawatan, Kebutuhan Rumah, Fesyen, Kesehatan, Ibu & Anak serta Makanan & Minuman. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year