telkomsel halo

Hoaks pemilu meningkat, Kominfo ajak PIP ambil peran pencegahan

08:18:00 | 10 Jun 2023
Hoaks pemilu meningkat, Kominfo ajak PIP ambil peran pencegahan
JAKARTA (IndoTelko) - Penyuluh Informasi Publik (PIP) memiliki peran penting dan strategis dalam menyambut Pemilihan Umum Serentak 2024.

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Hasyim Gautama menyatakan PIP dapat memberikan pemahaman yang akurat, terpercaya, dan seimbang kepada masyarakat mengenai proses pemilihan serentak dan pentingnya partisipasi masyarakat dalam demokrasi.

Dikatakannya, PIP memiliki peran penting dalam meningkatkan awareness masyarakat untuk senantiasa waspada dan berupaya untuk mengantisipasi berbagai informasi atau konten bermuatan hoaks jelang Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

Ditambahkan Hasyim, kewaspadaan dan kemampuan mengenali dan memilah informasi hoaks akan membuat masyarakat terhindari dari kesesatan bahkan keengganan berpartisipasi dalam pemilihan.

"Kita tahu hoaks juga dapat merusak kondusivitas di tengah masyarakat. Perbedaan pandangan politik merupakan hal yang biasa. Adanya perbedaan pendapat dan perspektif yang beragam kiranya dapat disikapi dengan saling menghormati dan menghargai satu sama lain," tegasnya dalam Bimbingan Teknis Penyuluh Informasi Publik "Optimalisasi Peran untuk Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu dan Pemilihan Serentak Ia mengajak seluruh PIP mengambil peran dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang arti penting penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

"Termasuk bagaimana menggunakan hak suara dengan benar, menggugah kesadaran masyarakat agar mau menggunakan haknya sebagai pemilih. Dan PIP dapat membantu masyarakat untuk mengetahui tentang agenda Pemilu, bagaimana rangkaian prosesnya serta informasi teknis lainnya yang penting untuk diketahui dan dipahami oleh masyarakat," katanya.

Hasyim mendorong PIP dapat memaksimalkan penggunaan media sosial untuk memperluas penyebaran informasi. Lalu yang terakhir dan paling penting adalah jangan lupa untuk melaporkan kegiatan tersebut sebagai capaian kinerja PIP melalui SIPIP, sebagai bukti bahwa PIP telah aktif membantu pemerintah dalam menyosialisasikan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

"Kami berharap selepas mengikuti kegiatan ini, bapak dan ibu dapat benar-benar aktif menyampaikan kembali informasi yang didapat kepada masyarakat di lingkungan masing-masing menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami," tambahnya.

Hadir dalam acara tersebut, perwakilan dari Kementerian Agama dan narasumber Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Komisi Pemilihan Umum Dohardo Pakpahan; dan Relawan MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) Padang, Angelique Maria Cuaca. Acara bimtek diikuti perwakilan PIP dari Provinsi Jawa Tengah, D. I. Yogyakarta, NTB, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Gorontalo, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah, serta Kepulauan Riau. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year