telkomsel halo

Zenius dan Pemkab Buol gelar pelatihan literasi dan numerasi bagi para guru

07:24:00 | 08 Jun 2023
Zenius dan Pemkab Buol gelar pelatihan literasi dan numerasi bagi para guru
BUOL (IndoTelko) - Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di Kabupaten Buol, Pemerintah Kabupaten Buol bekerja sama dengan Zenius Education dengan memberikan pelatihan literasi dan numerasi bagi para guru SD dan SMP se-Kabupaten Buol. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam dan keterampilan praktis dalam literasi dan numerasi berbasis Kurikulum Merdeka kepada para guru.

Pelatihan yang digelar dua hari ini, diperuntukkan bagi guru SD dan guru SMP. Pelatihan hari pertama pada tanggal 23 Mei 2023 untuk guru-guru SD dan tanggal 24 Mei 2023 untuk guru-guru SMP. Hari pertama, pelatihan dilakukan secara offline di AULA BPKAD Kabupaten Buol. Sementara di hari kedua dilanjutkan secara daring melalui platform Zenius yang juga dapat diakses melalui internet. Untuk jenjang SMP, pelaksanaan pelatihan dilakukan sehari setelah pelatihan jenjang SD dengan format yang sama.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Kabupaten Buol, Drs. H. Muchlis, M.M. mengatakan, rapor pendidikan kabupaten untuk skor literasi dan numerasi SD dan SMP masih di bawah kompetensi minimum. Sementara guru memegang peranan penting sebagai pelaksana proses pembelajaran di sekolah. "Kami berharap pelatihan guru ini bisa meningkatkan mutu pendidikan, khususnya untuk literasi dan numerasi SD dan SMP di Kabupaten Buol, sehingga kami dapat memperbaiki rapor pendidikan daerah kami di masa depan," ujarnya.

Terdapat 300 guru penggerak mengikuti pelatihan ini, dengan rincian 200 peserta dari jenjang SD dan 100 peserta dari jenjang SMP. Para peserta akan diberikan materi utama yang berfokus pada literasi dan numerasi yang didasarkan pada Kurikulum Merdeka. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman mendalam tentang metode pembelajaran yang efektif dan strategi praktis untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam literasi dan numerasi.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan paket belajar Zenius yang dapat digunakan untuk melengkapi dan memperdalam pengetahuan mereka tentang literasi dan numerasi juga sebagai referensi mengajar. Setelah pelatihan, peserta juga akan diberikan kesempatan untuk mengikuti post test pasca kegiatan untuk mengukur pemahaman mereka terkait materi belajar yang sudah diberikan.

Menurut Founder dan CEO Zenius Sabda PS, dirinya berharap melalui pelatihan ini para guru dapat memperoleh pengetahuan baru, keterampilan, dan strategi yang efektif dalam mengajar literasi dan numerasi kepada siswa mereka. "Dengan memperkuat kemampuan guru, kami yakin lingkungan belajar yang lebih baik akan tercipta, dan siswa akan mendapatkan manfaat yang nyata dalam perkembangan akademik mereka,” katanya.

Zenius pun berharap dapat terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia. Zenius juga membuka kesempatan untuk seluruh Dinas Pendidikan dan pemerintah daerah lain yang memiliki visi sama dalam meningkatkan kompetensi siswa dan guru untuk berkolaborasi.

“Kami sadar bahwa kolaborasi dengan para pemangku kepentingan mulai dari guru, sekolah, hingga pemerintah adalah kunci utama menuju perubahan yang signifikan. Bersama, kami yakin kami akan bisa menciptakan masa depan pendidikan yang lebih baik bagi generasi mendatang,” tambahnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year