telkomsel halo

EIMS dan MailApp, dua solusi Multipolar Technology dongkrak kinerja perusahaan

07:14:40 | 18 May 2023
EIMS dan MailApp, dua solusi Multipolar Technology dongkrak kinerja perusahaan
JAKARTA (IndoTelko) - Saat ini hampir seluruh lini tak bisa lepas dari digitalisasi. Semua serba digital dan tidak bisa dihindari. Berbagai perusahaan pun hampir bisa dipastikan mulai beralih ke digitalisasi dan menanggalkan cara kerja manual.

Perusahaan tidak akan mungkin memenangkan persaingan jika sistem operasional bisnisnya masih dilakukan secara manual, khususnya jika harus mengelola aset yang banyak dan tersebar di berbagai lokasi. Sebab, dalam hukum kompetisi, kecepatan layanan sekaligus efisiensi menjadi kunci.

Salah satu cara untuk mewujudkan layanan yang cepat tapi tetap efisien adalah dengan mengautomasikan proses bisnis. Karena itu, PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra pengembangan solusi automasi proses bisnis perusahaan berbasis teknologi informasi (TI) di berbagai sektor, mengembangkan EIMS dan MailApp.

Dijelaskan Director of Account Management FSI and Commercial Multipolar Technology Herryyanto, EIMS singkatan dari Equipment Information Management System. EIMS merupakan solusi yang mempermudah pengelolaan pemeliharaan aset perusahaan yang jumlahnya banyak dan tersebar di ratusan, bahkan ribuan lokasi, sehingga terbangun database yang terpusat secara rinci, akurat, dan terintegrasi terkait aset itu.

Solusi ini akan memberikan perspektif dan pengalaman baru dalam automasi proses bisnis dengan adopsi teknologi terkini seperti Artificial Intelligent (AI), Internet of Things (IoT), dan Radio Frequency Identification (RFID).

“Bukan hanya aset fisik seperti properti dan perangkat TI, tapi aset perusahaan yang dimaksud termasuk juga non-fisik seperti perizinan usaha, sertifikasi perangkat, dan lain sebagainya. Masalah utama yang sering terjadi, perekaman data dan monitoring-nya masih manual dan data tersebar di masing-masing PIC sehingga kemungkinan missed informasi bisa terjadi,” kata Herryyanto dalam seminar “Grow Your Business with Office Automation” yang diadakan Multipolar Technology bersama Helios Informatika Nusantara di Pullman Jakarta Thamrin, Selasa lalu (16/5).

Selain mempercepat proses bisnis dan meningkatkan efisiensi, solusi EIMS dapat membantu perusahaan mengurangi risiko keterlambatan perpanjangan perizinan, kewajiban kontraktual, dan pemeliharaan aset yang dapat berakibat downtime atau terganggunya operasional bisnis. Jika aset yang dikelola masih sedikit, tentu tidak masalah jika masih dilakukan secara manual.

Lain halnya jika aset sudah semakin banyak dengan jumlah ribuan bahkan puluhan ribu, akan sulit memonitor penjadwalan dan kegiatan pemliharaan, perubahan atau perpindahan aset, dan administrasi legalitasnya yang jika tidak dilakukan dengan baik, semua itu akan berpotensi mengganggu operasional bisnis, memicu kerugian finansial atau jatuhnya reputasi perusahaan, bahkan konsekuensi hukum atau penalti.

Sedangkan, solusi MailApp dihadirkan untuk melengkapi automasi proses bisnis yang berkaitan dengan pengelolaan administrasi dokumen perusahaan. MailApp merupakan aplikasi pengelolaan dokumen berbasis elektronik yang mempermudah pembuatan konsep atau drafting, pemeriksaan, persetujuan, pembubuhan tanda tangan digital, monitor pemrosesan, penelusuran, pencarian, serta pengarsipan dokumen seperti surat, kontrak, memo, formulir, dan lain sebagainya.

Solusi MailApp membantu perusahaan atau institusi menerapkan paperless office dan memfasilitasi hybrid working yang menjadi tren saat ini karena dapat diakses dari mana saja dan kapan saja dengan tersedia dalam format aplikasi web dan mobile app yang penggunaannya sangat mudah. Dengan kondisi tersebut, MailApp akhirnya merealisasikan percepatan proses bisnis serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

“Solusi MailApp dapat menjadi quick win dalam mempercepat proses bisnis sehari-hari perusahaan, khususnya pemrosesan dan administrasi dokumen, sekalipun melibatkan ribuan dokumen seperti surat, kontrak, memo, dan formulir setiap bulannya,” jelasnya.

Agar solusi EIMS dan MailApp berjalan maksimal, Multipolar Technology bekerja sama dengan Helios Informatika Nusantara, anak perusahaan CTI Group, menawarkan on-premise server HPE ProLiant keluaran HPE. Salah satu server andalannya, HPE ProLiant DL325 Gen11, sanggup membantu perusahaan dalam meningkatkan operasional dan produktivitas sekaligus mengurangi biaya dan risiko bisnis.

Pada kesempatan yang sama, Server Storage Solution Manager Helios Informatika Nusantara Recky KS, mengatakan, solusi EIMS dan MailApp dapat bekerja dengan baik di atas HPE ProLiant DL325 Gen11 yang memiliki performa tinggi. "Performa tersebut diperoleh berkat prosesor AMD EPYC yang dibenamkan di dalamnya sehingga server ini mampu menangani beban kerja yang paling berat secara mudah dengan performa yang cepat. Server ini juga dibekali HPE InfoSight, yaitu fitur Intelligent Automation yang bisa memberikan prediksi dan rekomendasi atas masalah yang timbul seperti keamanan sistem, performa, dan konfigurasi,” jelasnya.

Ditambahkannya, selain performa tinggi, penggunaan solusi EIMS dan MailApp akan aman dari bahaya serangan keamanan siber karena server HPE ProLiant DL325 Gen11 yang menopangnya sudah dilengkapi teknologi HPE Silicon Root of Trust. Server tersebut juga dirancang untuk memudahkan perusahaan menambahkan sumber daya dan aplikasi baru seiring kebutuhan bisnis yang berkembang.

Recky menjelaskan, kedua solusi dari Multipolar Technology yang dapat beroperasi dengan baik di atas server HPE ProLiant DL325 Gen11 itu cocok digunakan oleh perusahaan-perusahaan di hampir semua industri seperti perbankan, telekomunikasi, ritel, manufaktur, rumah sakit, minyak dan gas, e-commerce, dan pemerintahan yang memiliki aset di banyak lokasi dan surat-menyurat yang jumlahnya ribuan agar bisa mendongkrak kinerja bisnis sekaligus memenuhi tuntutan untuk bisa lebih efisien. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year