telkomsel halo

ManageEngine tawarkan solusi keamanan jaringan siber

09:11:00 | 04 May 2023
ManageEngine tawarkan solusi keamanan jaringan siber
JAKARTA (IndoTelko) - Divisi manajemen TI perusahaan dari Zoho Corporation, ManageEngine mengumumkan peluncuran Edisi MSSP dari Log360 Cloud, solusi SIEM yang berbasis cloud. Solusinya akan dipamerkan di Konferensi RSA, yang berlangsung di San Francisco pada 24-27 April 2023.

Dalam studi ManageEngine terbaru, organisasi saat ini menghadapi kekurangan staf keamanan untuk menangani siber. Sulit bagi perusahaan untuk mengatasi tantangan keamanan dan berpindah ke level keamanan yang lebih tinggi dengan kendala penganggaran dan situasi ekonomi seperti sekarang ini.

Selain itu, organisasi mendapati informasi bahwa biaya penerapan dan pengelolaan solusi keamanan secara keseluruhan, termasuk solusi SIEM, ternyata hal ini membutuhkan biaya lebih tinggi dibandingkan harga layanan keamanan yang terkelola. Itulah sebabnya, semakin banyak perusahaan mencari penyedia layanan keamanan yang terkelola (Managed Security Service Provider-MSSP) untuk kebutuhan keamanan mereka.

Ternyata MSSP juga menghadapi tantangan bisnis yang khusus, antara lain bagaimana mengelola keamanan klien mereka tanpa mengorbankan pemisahan data serta mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan biaya pemeliharaan untuk meningkatkan margin keuntungan mereka.

Menurut Wakil Presiden ManageEngine Manikandan Thangaraj, pasar MSSP memang disiapkan untuk ekspansi, tetapi MSSP harus meyakinkan klien mereka bahwa pemisahan dan keamanan data bisa dipastikan berjalan secara berkelanjutan. "Hal ini memerlukan investasi tambahan dalam teknologi, perangkat keras, dan personel yang sesuai, yang akhirnya mengurangi margin keuntungan MSSP," katanya.

Ditambahkannya, dengan memanfaatkan keunggulan penerapan cloud, MSSP dapat memastikan pemisahan dan keamanan data tanpa upaya tambahan. "Log360 Cloud juga menawarkan multipenyewa; RBAC sebagai tambahan untuk analitik keamanan; dan fitur manajemen insiden dan deteksi ancaman, investigasi, dan respons (TDIR), membuatnya sangat cocok untuk memenuhi persyaratan MSSP," ujarnya.

Berikut beberapa kemampuan yang ditawarkan Log360 Cloud Edisi MSSP :

    Pemisahan data dengan multipenyewa: Log360 Cloud Edisi MSSP menawarkan cara mengelola beberapa profil pelanggan dengan lancar cukup dari satu konsol tanpa mengorbankan keamanan data. Setiap data pelanggan secara logis dipisahkan dari yang lain menggunakan seperangkat protokol yang aman dalam kerangka kerja.

    Komitmen terhadap keamanan data: Data MSSP dan pelanggannya disimpan dengan aman di cloud dan dienkripsi saat istirahat maupun transit. Selain itu, Log360 Cloud telah disesuaikan dengan prinsip di GDPR, CSA STAR, CLOUD 714132 ISO/IEC 27017 dan lainnya, sehingga memastikan pemantauan berkelanjutan untuk mengamankan data pelanggan.

    Jaminan ketersediaan layanan sepanjang waktu: Log360 Cloud dihos di infrastruktur cloud Zoho dan mengikuti protokol keamanan operasional Zoho, memastikan tingkat ketersediaan yang tinggi, ketahanan, dan keberlanjutan bisnis.

    Kontrol akses berbasis peran (RBAC): Mengelola pembatasan dengan lebih ketat tentang siapa yang dapat melihat data pelanggan mana, Log360 Cloud Edisi MSSP juga menawarkan RBAC yang memungkinkan setiap analis keamanan MSSP hanya bisa melihat informasi dari pelanggan tertentu.

    Fitur keamanan kelas atas: Kemampuan Log360 Cloud mencakup audit dan pelaporan ekstensif, analisis forensik, TDIR, manajemen kepatuhan, analitik keamanan, dan keamanan cloud.

    Performa yang tidak terpengaruh oleh konfigurasi penyimpanan data secara granular: Log360 Cloud menawarkan harga fleksibel, yang memungkinkan MSSP memilih kebijakan retensi atau penyimpanan data secara granular dan alokasi ruang penyimpanan untuk setiap pelanggan mereka. Dengan demikian, MSSP dapat menghemat banyak penggunaan sumber daya dan biaya penyimpanan log.

    Penilaian secara cepat diikuti dengan penerapan sesegera mungkin: Layanan SIEM terkenal membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menerapkan dan menunjukkan nilai. Dengan proses pendaftaran sederhana, modul prakonfigurasi, dan prosedur pengaktifan sederhana, Log360 Cloud dengan cepat memenuhi persyaratan penggunaan secara efektif, konfigurasi, dan manajemen sumber daya pelanggan. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year