telkomsel halo

9 program ini bikin mitra setia ke Grab

05:36:00 | 06 Apr 2023
9 program ini bikin mitra setia ke Grab
JAKARTA (IndoTelko) - Survei yang dilakukan oleh Grab Indonesia bekerja sama dengan lembaga riset Indikator menemukan korelasi yang positif dan signifikan antara program solidaritas dan kesejahteraan yang dilakukan sepanjang kuartal empat tahun 2022 terhadap loyalitas dari Mitra Pengemudi.

Survei ini melibatkan 1.000 Mitra Pengemudi GrabBike di 7 wilayah: Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Hasil temuan menunjukkan bahwa Mitra Pengemudi memiliki loyalitas lebih tinggi berkat terlaksananya sembilan program utama, bahkan 91,7% menyebut kecil kemungkinan mereka untuk pindah ke platform ojol lain dan 83,4% mengaku mendapatkan perhatian yang besar dari perusahaan.

"Sebagai bagian dari keluarga besar Grab Indonesia, Mitra Pengemudi memiliki peran kunci dalam ekosistem platform kami. Tentunya, adalah kewajiban kami untuk menyediakan program-program yang tidak saja dirasakan berguna oleh Mitra Pengemudi, tapi juga sebagai bentuk dukungan serta apresiasi kami terhadap para Mitra. Melihat hasil survei ini yang menunjukkan tingginya loyalitas dan kepercayaan Mitra kepada Grab, mengingatkan kami untuk juga selalu setia kepada para Mitra," kata Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

Peneliti Utama Indikator Kennedy Muslim mengatakan cukup jarang persepsi positif yang sangat tinggi seperti ini dapat tercapai. "Karenanya, hasil temuan dari survei ini sangat menarik bagi kami sebagai peneliti. Terlebih, 64% responden hanya bergantung pada pemasukan sebagai Mitra Pengemudi sebagai sumber pendapatan utama. 85% responden merasa bangga menjadi Mitra Pengemudi Grab dan merekomendasikan Grab bagi mereka yang memiliki ketertarikan untuk jadi ojol. Efektivitas program yang diadakan Grab untuk Mitra Pengemudi juga berdampak sangat positif meningkatkan level kedekatan identitas dan loyalitas kepada Grab yang kami analisa sebagai driver engagement. Aspek ini kemungkinan juga diperkuat dengan perbaikan dampak ekonomi yang dirasakan oleh 89,3% responden dan keleluasaan dalam mengatur waktu kerja yang diinginkan oleh 92,2% responden," ujarnya.

Survei yang dilakukan oleh Indikator ini berlangsung dari 22 Februari hingga 15 Maret 2023 melalui wawancara tatap muka. Penelitian dilakukan dengan metode random sampling, dengan margin of error survei diperkirakan +/- 4.5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei ini juga menunjukkan bahwa dari sembilan inisiatif yang dilakukan oleh Grab Indonesia di kuartal empat tahun 2022, terdapat lima program yang dirasa paling menarik oleh responden, yaitu:

1. GrabModal
Program cicilan berbunga rendah yang difasilitasi oleh Julo dan didesain khusus bagi Mitra Pengemudi ini menjadi program terfavorit yang diketahui dan disukai oleh hampir seluruh responden. 54,7% responden pun pernah memanfaatkan cicilan ini khususnya untuk membantu kebutuhan sehari-hari, uang darurat, termasuk untuk pendidikan anak.

2. GrabBenefits Day
Para Mitra Pengemudi yang berpartisipasi dalam salah satu GrabBenefits Day yang diselenggarakan di Surabaya pada tahun 2022.

Bazaar bagi Mitra Pengemudi untuk membeli barang-barang dari Partner GrabBenefits dengan harga terjangkau dan diadakan di berbagai kota tempat Grab beroperasi. Program yang diketahui oleh 85,6% responden ini juga dinilai meringankan pengeluaran harian Mitra lewat diskon dan harga spesial untuk beragam produk, seperti beras, minyak, oli, ban, hingga sepatu sehingga dapat menjadi alternatif belanja yang lebih murah.

3. GrabScholar: Program Beasiswa Grab
Program beasiswa kerja sama Grab dengan BenihBaik.com yang diperuntukkan bagi Mitra Grab, anak-anak Mitra, dan masyarakat umum berprestasi untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK hingga kuliah (S1) di Indonesia. Pada tahun 2022, total 1.158 beasiswa diberikan bagi anak Mitra dan juga masyarakat umum. Mengingat biaya pendidikan yang cukup besar, program ini juga jadi salah satu favorit karena 99,8% responden yang mengetahui dan mengikuti program mengaku suka terhadap inisiatif ini.

4. Kopdar Komunitas
Pertemuan rutin antara perwakilan Grab dengan para Mitra, baik yang dilakukan secara langsung (offline) maupun online. Diskusi informal semacam ini juga menarik bagi Mitra Pengemudi, seperti disampaikan 83,7% responden yang merasa mudah untuk menyampaikan aspirasi kepada Grab Indonesia melalui acara tersebut.

5. Hari Mitra Grab
Ajang tahunan untuk mengapresiasi para Mitra Grab Indonesia yang loyal dan berdedikasi ini dimulai sejak tahun 2021. Hari Mitra Grab selalu mengundang ribuan Mitra dari Aceh hingga Papua untuk berkumpul bersama. Selain itu, di ajang ini juga diumumkan penerima Apresiasi Dana Abadi dengan beragam hadiah senilai belasan milyar rupiah, seperti mobil, motor listrik, hingga dana tunai. 42,9% responden yang tahu dan mengikuti acara ini menyebutkan bahwa momen berkumpul bersama di Hari Mitra Grab menjadi hal paling berkesan dan ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Selain lima kegiatan di atas, terdapat empat inisiatif lainnya yang juga menarik bagi para Mitra Pengemudi, yaitu: Forum Diskusi Mitra (Fordim), Acara Keseruan Akhir Tahun (HAJATAN), Olahraga Bersama Rutin (Laga Solidaritas), Nonton Bareng Film Indonesia di Bioskop bersama Mitra dan keluarganya (Nobar Warga Grab).(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year