telkomsel halo

Kiat JobStreet tingkatkan kemampuan jebolan universitas

07:58:21 | 24 Feb 2023
Kiat JobStreet tingkatkan kemampuan jebolan universitas
JAKARTA (IndoTelko) - JobStreet by SEEK berkomitmen untuk meningkatkan para profesional muda Indonesia.

Menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), sekitar 1,85 juta mahasiswa lulus pada tahun 2022. Oleh karena itu, JobStreet meluncurkan serangkaian inisiatif yang bertujuan untuk membantu dan memberdayakan lulusan universitas untuk mencari prospek pekerjaan yang lebih baik yang dimulai dari Kota Yogyakarta.

Setelah dimulai pada Januari 2023, JobStreet akan melanjutkan rangkaian kegiatan “JobStreet Goes to Campus” yang membawa seekMAX dan pakar industri untuk mengunjungi universitas di Yogyakarta antara lain adalah Universitas Pembangunan Nasional (UPN Veteran), AMIKOM Yogyakarta, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (MMTC), dan Universitas Janabadra. Selain sesi workshop dan seminar yang diberikan, JobStreet juga menyediakan pakar karir bagi para mahasiswa dan lulusan universitas sehingga dapat membantu konseling karir di setiap kampus.

“Berdasarkan laporan eksklusif JobStreet tentang Rekrutmen, Kompensasi dan Benefit 2022-2023, 64% perusahaan Indonesia merekrut lulusan baru. Dengan adanya kebutuhan tenaga kerja lulusan baru, maka penting bagi pergurusan tinggi untuk mempersiapkan lulusannya agar siap untuk terjun ke dunia kerja. Sebagai komitmen JobStreet untuk mendukung profesional muda Indonesia, maka kami hadir ke universitas guna memberikan pembekalan bagi para lulusan agar dapat menjadi talenta profesional terbaik untuk masa depan,” ujar Country Marketing Manager, JobStreet Indonesia Sawitri Hertoto.

Berdasarkan laporan '2022-2023 Outlook - Rekrutmen, Kompensasi, dan Benefit' JobStreet, terlihat bahwa adanya tren peningkatan rekrutmen di Indonesia pada tahun 2022 dan diperkirakan akan berlanjut hingga 2023. Pemulihan ekonomi sejak pandemi telah meningkatkan optimisme perusahaan tentang pasar tenaga kerja. Dalam laporan ini, rekrutmen juga mengalami tren peningkatan di tahun 2023. Laporan tersebut mengungkapkan apa yang dicari perusahaan dari para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, di mana perusahaan lebih fokus pada hasil wawancara dan sikap mereka, serta ketepatan waktu selama proses rekrutmen untuk memilih kandidat.

Melanjutkan inisiatif ini, JobStreet juga telah memulai program JobStreet Campus Ambassador, di mana JobStreet menunjuk 11 mahasiswa semester terakhir sebagai Duta Kampus JobStreet. Para mahasiswa yang terpilih telah melalui pelatihan, mendapatkan marketing kit, dan akses ke platform JobStreet, di mana mereka akan berkontribusi dalam memberikan edukasi, sosialisasi, serta manfaat platform JobStreet secara maksimal kepada sesama mahasiswa dan profesional di wilayah mereka.

Salah satu kampus yang dikunjungi “JobStreet Goes to Campus” pada awal Februari 2023 lalu adalah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Akbidyo, Yogyakarta. “Inisiatif yang dilakukan oleh JobStreet di kampus kami telah memberikan banyak kemudahan serta menjawab keraguan calon lulusan kami dalam memasuki dunia industri. Mereka mendapat gambaran yang lebih luas dan terbaru tentang dunia kerja dan apa yang harus mereka persiapkan untuk ke depannya secara umum, di samping persiapan khusus sebagai tenaga kesehatan. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin untuk membekali para calon wisudawan periode selanjutnya,” ujar Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Akbidyo Istri Bartini, S.SiT, MPH.

Ke depannya, JobStreet juga akan melanjutkan kegiatan kunjungan universitas di Yogyakarta dan dan menggelar roadshow secara langsung ke beberapa kampus, seperti Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Tidar, Universitas Sanata Dharma, Institut Ilmu Al-Quran An-Nur, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Universitas PGRI Yogyakarta, dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Selain itu, JobStreet juga akan mengadakan program edukasi serupa secara daring dalam bentuk webinar di kampus untuk membekali calon lulusan agar menjadi unggul dalam karir mereka.

Sejak pertama kali beroperasi pada tahun 2006 di Indonesia, JobStreet telah melayani lebih dari tiga belas juta profesional Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka dan meningkatkan kehidupan karir mereka, serta lebih dari 250 ribu perusahaan menemukan talenta terbaik untuk mendukung bisnis mereka di Indonesia.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year