telkomsel halo

Bisnis skala kecil pun tak luput jadi incaran penipuan online, ini caranya

09:43:00 | 11 Jan 2023
Bisnis skala kecil pun tak luput jadi incaran penipuan online, ini caranya
JAKARTA (IndoTelko) Beberapa waktu lalu Google mengumumkan perlawanannya terhadap penipuan online yang membidik pengusaha. Bukan hanya bisnis skala besar, bisnis skala kecil, yang mewakili lebih dari 90% dari seluruh populasi bisnis, diminati oleh berbagai penipu online di luar sana. Berbeda dengan yang berfokus pada individu, penipu sektor B2B menerapkan pendekatan yang lebih individual dalam menciptakan skema rekayasa sosial yang efisien.

Sedanghkan mereka menghabiskan lebih banyak waktu dan upaya untuk mengembangkan dan mewujudkan metode yang relevan untuk industri atau perusahaan tertentu, pekerjaan ini juga memberikan hasil yang lebih baik. "Pemeriksaan rata-rata" yang diperoleh penjahat siber dari upaya penipuan bisnis jauh lebih tinggi daripada yang mereka capai dari pengguna biasa.

Beberapa skema rekayasa sosial yang paling umum digunakan penipu online dalam rangka menjebak pengusaha kecil antara lain :
Meniru pemasok terpercaya
Pada perusahaan besar, tentunya memiliki departemen khusus dan prosedur ketat yang memungkinkan untuk memeriksa subkontraktor sebelum mulai bekerja dengan mereka. Sementara bisnis skala kecil mungkin kekurangan sumber daya ini untuk membedakan penipu online berbahaya pada tahap awal.

Penipu memikat pengusaha dengan penawaran yang sangat menguntungkan (dan cepat habis tenggat waktu), ketentuan yang fleksibel, dan yang terpenting, situs web yang tampak andal memalsukan sumber daya merek asli. Ketika faktur dengan sedikit kesalahaan ejaan atas nama perusahaan dibayarkan, mitra bisnis baru itu menghilang begitu saja. Penipu online dapat meniru semua jenis organisasi, mulai dari agen perjalanan hingga pemasok grosir.

Acara palsu
Penipu online tahu betapa pentingnya peluang pertumbuhan bagi pengusaha dan tidak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari acara industri palsu. Penipu online mengirim undangan ke konferensi, roundtable, atau penghargaan yang menawarkan pembicara terkenal dan diskusi menarik serta menjual tiket ke acara yang tidak akan pernah terjadi melalui halaman arahan yang tampaknya cukup baik.

Pemerasan melalui ulasan buruk
Reputasi terkadang berarti keuntungan lebih berarti bagi bisnis dan scammers mengetahui betul hal itu. Mereka menulis ulasan negatif tentang hotel, restoran, dan fasilitas lainnya, kemudian mengirimkan pesan melalui email, menawarkan untuk menghapus ulasan dan mendapatkan sejumlah uang dari Google, TripAdvisor, atau situs web lain.

Spear phishing
Metode paling populer dan mudah diterapkan untuk mendapatkan semua informasi yang diperlukan untuk mencuri uang dari perusahaan salah satunya adalah spear phising. Dalam kasus spear phishing yang marak akhir-akhir ini, penipu online akan mengirim email langsung ke orang yang bertanggung jawab atas anggaran perusahaan, misalnya pemilik atau akuntan organisasi. Kemudian mereka akan menyamar sebagai bank, mitra, atau kolega dengan mendesak meminta pembayaran atau informasi tentang karyawan atau rekening perusahaan.

Menurut Konsultan teknis di Kaspersky Fraud Prevention Kirill Kulakov, menginformasikan usaha kecil dan menengah tentang risiko dunia maya adalah masalah yang sangat nyata, yang sedang ditangani oleh berbagai pakar - seperti GEIGER di Eropa. "Berbicara tentang langkah-langkah yang dapat membantu menjaga keamanan bisnis Anda dari trik penipuan online, aturan keamanan siber dasar harus diperhatikan," katanya.

Dibawah ini tips dan saran dari Kaspersky :
1.Jangan masuk ke dalam jebakan manipulasi atau pemerasan emosional. Penipu online selalu berusaha membuat Anda tidak seimbang dan memaksa untuk melakukan tindakan gegabah.
2.Selalu periksa ejaan atau tanda tanda mencurigakan di email dari pengirim baru.
3.Laporkan upaya penipuan ke organisasi penegak hukum yang relevan.
4.Mengedukasi diri sendiri dan kolega Anda. Pengetahuan penting tentang keamanan siber untuk pemilik usaha kecil dan karyawan juga dapat diperoleh dari sumber daya online tepercaya dan pelatihan yang relevan. (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year