telkomsel halo

Menteri Johnny minta pembangunan PDN selesai tepat waktu

08:53:58 | 05 Jan 2023
Menteri Johnny minta pembangunan PDN selesai tepat waktu
Johnny G Plate
JAKARTA (IndoTelko) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melakukan inspeksi mendadak ke lokasi pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) di kawasan Greenland International Industrial Center Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/1).

Sebagai salah satu proyek strategis nasional yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo, Menteri Johnny meminta pembangunan dilakukan sesuai rencana dan standar internasional.

"Sukses dan berhasilnya pembangunan ini akan mendorong infrastruktur pemerintahan berbasis elektronik. Ini harus dijaga," tandasnya.

Menkominfo menyatakan saat ini sudah dua bulan setelah seremoni groundbreaking. Secara khusus sidak kali ini untuk mengetahui perkembangan pembangunan PDN.

"Dua bulan setara dengan 8 persen yang lewat dari 24 bulan perencanaan. Saya ingin lihat apa saja yang sudah dilakukan dalam dua bulan. Apa masih dalam schedule yang direncanakan itu," tuturnya.

Menkominfo menyatakan pembangunan PDN sebagai proyek strategis nasional banyak pihak yang mengawasi tanpa hadir.

"Concern dengan progress. Bukan zamannya lagi janji-janji. Tidak hanya fisik, tapi seluruh spesifikasi yang ada. Apa benar tahan gempa, termasuk memenuhi standar Tier 4. Jangan sampai teledor. Semua pihak dan unsur pemerintah yang terlibat dalam setiap tahap. Terutama memenuhi syarat perizinan, jangan sampai terundur sejam sekalipun. Kalau ada kesulitan izin kasih tahu saya. Tanggal 20 Oktober 2024 harus sudah selesai,” ujarnya.

PDN pertama dibangun di atas lahan seluas 14.022 meter persegi. Pusat data ini menjadi pilot project pertama untuk Green Building GBCI level Platinum yang disertifikasi secara internasional. Selain itu, PDN juga akan memiliki Sertifikasi Bangunan Gedung Hijau level Utama dan TIA 942 Rated 4. Proses pembangunan gedung akan dimulai April 2023.

PDN tersebut nantinya akan memiliki kapasitas prosesor sebesar 40 petabyte, memori 200 terabyte dan didukung power supply sebesar 20 megawatt yang bisa dinaikkan menjadi 80 megawatt. PDN juga akan didukung oleh sistem keamanan internal dan eksternal terbaik, serta dibangun dengan standar Tier4 yang merupakan standar terbaik di tingkat global.

PDN ini akan berfungsi sebagai konsolidasi data dan interoperabilitas data yang selama ini digunakan melalui 27.000 server tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga akan ada efisiensi pengelolaan pusat data untuk mendukung peningkatan layanan e-government, dan menghasilkan Satu Data Indonesia guna pengambilan keputusan berbasis data yang akurat.

Pemilihan kawasan industri Deltamas sebagai lokasi pertama pembangunan PDN juga telah melalui studi komprehensif, termasuk studi 100 tahun terakhir. Ellipse Project terpilih menjadi kontraktor pembangunan PDN.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Kinerja INTI mulai membaik