telkomsel halo

Kominfo aktifkan 53 BTS di Manggarai Timur

20:38:08 | 26 Dec 2022
Kominfo aktifkan 53 BTS di Manggarai Timur
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaktifkan 53 BTS dari 66 unit yang dibangunnya di Kabupaten Mangarai Timur.

“Dari 66 BTS yang dibangun, terdapat 53 BTS yang sudah on air. Masih tersisa 13 BTS yang masih berproses, itu akan diselesaikan paling lambat di kuartal pertama tahun 2023 sehingga nanti pembangunan BTS yang sudah selesai kita harapkan digunakan dengan baik,” tutur Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Menkominfo menyatakan pembangunan BTS oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo dan Telkomsel serta mitra kerja itu menggunakan sumber dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Untuk melayani masyarakat di seluruh desa/kelurahan wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Indonesia, yang selama ini belum terlayani jaringan sinyal 4G khususnya di Kabupaten Manggarai Timur,” tandasnya.

Menurut Menteri Johnny, BTS akan menjadi infrastruktur hilir yang memungkinkan masyarakat memanfaatkan infrastruktur hulu berupa jaringan pita lebar kabel serat optik.

“Kita ingin berpesan bahwa pembangunan infrastruktur hulu baik itu pembangunan pita lebar melalui fiber optic, itu sudah dilakukan secara masif, termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur, sudah sekitar 600 kilometer lebih,” ungkapnya.

Saat ini menurut Menkominfo, Pemerintah telah membangun lebih dari 600 kilometer jaringan kabel serat optik melintas provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat melalui Selat Sape di Manggarai Barat.

“Jaringan itu terhubung ke jalur internasional di Perth, Australia untuk kawasan Selatan Bumi,” ujarnya.

Bahkan, Kementerian Kominfo juga menyiapkan Satelit SATRIA-I dan Hot Backup Satellite untuk mendukung penyedian akses internet bagi sekolah maupun layanan kesehatan.

“Gateway atau stasiun buminya sudah hampir selesai dibangun di Pulau Timor, Kabupaten Kupang, Kecamatan Amfoang, yang akan melayani keseluruhan wilayah provinsi ini,” jelas Menkominfo.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year