telkomsel halo

Gandeng Odoo, Xapiens sajikan ERP sistem terjangkau

09:00:00 | 22 Dec 2022
Gandeng Odoo, Xapiens sajikan ERP sistem terjangkau
JAKARTA (IndoTelko) -- Memasuki era transformasi digital, perusahaan dituntut untuk semakin adaptif dalam menyerap teknologi yang ada guna mendukung perkembangan bisnis. Bisnis dituntut untuk bergerak secara lincah dan didukung oleh sistem yang saling terintegrasi. Namun, tidak sedikit perusahaan masih menggunakan beberapa aplikasi yang berbeda dalam masing-masing departemen dan belum terintegrasi dengan baik. Hal ini tentunya akan menghambat proses pengambilan keputusan bisnis.

Salah satu solusi yang dapat digunakan perusahaan untuk mengintegrasikan sistem adalah dengan mengaplikasikan Enterprise Resource Planning (ERP). ERP merupakan sebuah teknologi digital (software) yang diciptakan untuk mengintegrasikan fungsi utama dari proses bisnis kedalam sebuah sistem yang andal dan terpadu. Penyedia software ERP ini pun sudah banyak di pasar, di mana mereka menyediakan produk sesuai dengan target yang disasar, mulai dari perusahaan kecil dan menengah hingga enterprise.

Sebagai salah satu penyedia jasa informasi dan teknologi yang terkemuka di Indonesia, Xapiens Teknologi Indonesia (Xapiens) bekerja sama dengan Odoo, salah satu penyedia software ERP asal Belgia, menyediakan solusi ERP guna membantu perusahaan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. “Xapiens berkomitmen untuk membantu pelanggan mengintegrasikan bisnisnya dengan mudah dan cepat”, ungkap Trias Rachmidiharja, Deputy Chief Digital Services Officer Xapiens Teknologi Indonesia.

Odoo sendiri memiliki berbagai modul yang dapat memenuhi kebutuhan customer, diantaranya modul Finance, Human Capital, Sales, Procurement, CRM, dan lain-lain. “Xapiens sudah berpengalaman dalam mengimplementasikan solusi Odoo untuk pelanggan kami di berbagai industri”, tambah Trias. Baru-baru ini, Xapiens juga mengembangkan aplikasi Dealer Management System untuk produsen kendaraan listrik dengan menggunakan platform Odoo sebagai back-end nya.

“Aplikasi Dealer Management System ini meliputi proses booking kendaraan, test drive, penjualan, pengiriman, dan lain sebagainya”, papar Ali Rizki Pratama, ERP Manager Xapiens Teknologi Indonesia. Xapiens memahami bahwa pengguna ERP tidak hanya terbatas oleh enterprise saja, namun juga dibutuhkan oleh segmen perusahaan menengah sampai ke startup. “Kami menyediakan paket solusi ERP sesuai kebutuhan perusahaan dengan biaya terjangkau. Mulai dari Rp 100.000,- per user per bulan, perusahaan sudah bisa mendapatkan manfaat dari sistem ERP”, tambah Ali. Versi terbaru Odoo v16 saat ini juga telah dirilis, yang diklaim memiliki keunggulan dari sisi ekonomis. Cukup dengan membayar satu license, pelanggan dapat menggunakan semua modul yang ada dalam ERP Odoo.

Xapiens sebagai salah satu Odoo gold partner turut berpartisipasi dalam event Odoo Days 2022 Indonesia, yang digelar pada akhir November lalu di Jakarta. Perwakilan Xapiens juga menjadi pembicara yang membawakan topik “Transformasi Digital Anti Gagal”.

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year