telkomsel halo

Telkom ikut dukung Satu Data Indonesia

03:07:01 | 04 Dec 2022
Telkom ikut dukung Satu Data Indonesia
BALI (IndoTelko) – Pemerintah saat ini fokus melakukan transformasi ekonomi melalui 6 strategi besar untuk mewujudkan pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan. Salah satu strategi yang akan dilakukan yaitu melaksanakan transformasi digital melalui pembangunan infrastruktur,  pemanfaatan digital, dan penguatan enabler sehingga diharapkan mampu memimpin pertumbuhan ekonomi nasional pada 2045.

Rencana Induk Pengembangan Industri Digital Indonesia 2023-2045 ini diluncurkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), pada acara puncak Indonesia Development Forum (IDF) 2022, yang diselenggarakan di Bali, pada 21-22 November 2022 lalu.

Peluncuran tersebut merupakan buah kerja sama antara Bappenas dengan PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah bertransformasi menjadi perusahaan digital telekomunikasi.

“Pengembangan industri digital nasional telah diselaraskan dengan penerapan industri 4.0 sesuai dengan amanat RPJMN 2020-2024 dan Kebijakan Industri Nasional 2020-2024, serta rencana transformasi digital nasional,” ujar Koordinator Ekonomi Kreatif Direktorat Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian PPN/Bappenas Wahyu Wijayanto.

Wahyu menegaskan, manfaat dari pelaksanaan transformasi digital harus bisa dinikmati oleh pelaku usaha dalam negeri melalui peluang yang terbuka, sebagai respon dari potensi pasar serta memperkuat rantai pasok industri digital di tanah air.

“Industri digital nasional dibangun dan dikembangkan dengan visi berdaulat, tangguh, bertumbuh, dan makmur, serta misi yang didasarkan dari mandat konstitusi,” tegas Wahyu.

Sementara itu, Telkom mengambil peran aktif dalam mengakselerasi transformasi industri digital nasional ini dengan memberikan solusi Satu Data Indonesia (SDI) yang memanfaatkan produk BigBox, sebagai salah satu produk digital di bawah naungan Leap-Telkom Digital.

Platform SDI di BigBox memiliki keunggulan dalam mengintegrasikan data atau yang dikenal dengan istilah data hub. BigBox memposisikan diri sebagai principal untuk end-to-end data solution berbasis teknologi Big Data, lewat berbagai fitur seperti BigSocial, BigMarket, dan BigOne yang bisa dimanfaatkan sebagai solusi penyatuan data di berbagai instansi.

“Penerapan Satu Data Indonesia dapat mendorong terciptanya pemerintahan yang baik (good government) yang didukung oleh tata Kelola kebijakan yang baik, data yang berkualitas, penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta keterlibatan aktif seluruh elemen masyarakat. Dengan begitu, digitalisasi bisa memimpin pertumbuhan ekonomi nasional sesuai dengan yang dicita-citakan pemerintah,” ungkap CEO BigBox Muhammad Sigit Pramudya.

Tak hanya itu, Telkom juga menerapkan platform Satu Data Indonesia di bidang kesehatan. Head of Digital Vertical Ecosystem – Health Telkom, Joddy Hernady menjelaskan inisiatif yang dilakukan Telkom adalah dengan menyuguhkan super apps yang mengintegrasikan berbagai sektor di bidang kesehatan.

“Platform Satu Sehat dari Telkom bisa mengintegrasikan 2.985 rumah sakit, 10.260 puskesmas, 11.347 klinik, 5.862 praktik dokter dan dokter gigi, serta 1.400 laboratorium,” jelas Joddy.

Dalam acara Special Session di perhelatan IDF 2022, BigBox juga menyerahkan PIDI Award sebagai apresiasi implementasi Satu Data Indonesia. PIDI Award merupakan apresiasi bagi organisasi yang telah berinisiatif menjadi enabler pengembangan ekosistem industri digital, baik itu dari sisi connectivity, aplikasi dan sistem informasi, serta digitalisasi layanan.

Ada tiga nominator yang menerima penghargaan ini, yaitu Kaur Bengkulu yang datang langsung di lokasi acara, kemudian Diskominfo Kota Semarang dan Diskominfo Payakumbuh yang hadir secara daring.

BigBox merupakan bagian dari Leap sebagai umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.(wn) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year