Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Tiga kiat pelaku usaha maksimalkan gerbang pembayaran

14:08:21 | 30 Sep 2022
Tiga kiat pelaku usaha maksimalkan gerbang pembayaran
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Midtrans terus memperkuat komitmen untuk mendorong pelaku usaha meningkatkan skala usahanya dengan menyediakan gerbang pembayaran sebagai solusi bisnis terpercaya. 

Komitmen ini dituangkan lewat sistem pembayaran yang dapat diandalkan, proses integrasi ke bisnis yang mudah dan tanpa hambatan, hingga layanan yang mendukung operasional bisnis pelaku usaha lebih efisien. Hal ini sejalan dengan komitmen mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, yang diproyeksikan Bank Indonesia akan mencapai 5,3% di tahun 2022. 

Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kecenderungan konsumen berbelanja secara digital, semakin besar pula peluang bagi pelaku usaha untuk meningkatkan loyalitas konsumen dengan memfasilitasi pengalaman belanja yang optimal. Sehingga, semakin banyak pelaku usaha yang mencari layanan pembayaran yang dapat diandalkan.

“Dalam 10 tahun hadirnya Midtrans di Indonesia, kami melihat secara dekat peran layanan pembayaran mendukung tumbuhnya usaha. Sepanjang 2021, nilai transaksi payment gateway Midtrans meningkat hingga 116% dibandingkan periode sebelumnya. Ini menandakan semakin tingginya kepercayaan konsumen bertransaksi di platform digital dan juga optimisme pelaku usaha terhadap layanan pembayaran digital yang mampu menghadirkan pengalaman belanja optimal untuk pelanggan. Sebagai bagian dari GoTo Financial, kami berkomitmen mendorong peluang bisnis digital, sehingga dapat mendorong pertumbuhan perekonomian nasional," kata Head of Online Payments Strategy GoTo Financial Dea Deviana.

Payment gateway atau gerbang pembayaran merupakan layanan elektronik yang menghubungkan penyedia layanan pembayaran seperti bank dengan merchant atau pelaku usaha. Sebagai payment gateway yang berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia, Midtrans terus menjadi yang terdepan di Indonesia yang tak hanya hadirkan metode pembayaran yang komprehensif, namun juga mampu menjawab kebutuhan pelaku usaha dan juga konsumen. 

Berikut kiat Midtrans membantu pelaku usaha mengembangkan bisnisnya:

Melayani penjualan dengan volume yang tinggi tanpa perlu khawatir

Keandalan layanan pembayaran penting bagi seluruh lapisan pelaku usaha, mulai dari usaha kecil yang memiliki keterbatasan sumber daya hingga usaha besar yang memiliki kebutuhan melayani penjualan dalam volume tinggi. Terlebih di era digital saat ini ketika konsumen mengandalkan transaksi online dimanapun dan kapanpun dalam 24 jam sehari.

Layanan pembayaran yang dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis

Operasional bisnis yang tidak efisien dapat menghambat peningkatan skala usaha, bahkan hingga mengakibatkan potensi kehilangan pendapatan. Teknologi Midtrans mendukung efisiensi operasional bisnis pelaku usaha agar dapat menghadirkan pengalaman belanja online yang optimal bagi konsumen, mengembangkan jejaring pelanggan loyal, dan mengembangkan bisnisnya dengan lebih efisien.

“Teknologi Midtrans memungkinkan jutaan transaksi dapat diproses dalam hitungan detik, dengan tingkat uptime atau waktu aktif server hingga 99,99%. Ini merupakan standar optimal dalam industri payment gateway.” tambah Dea. 

Standar ini, menurut Dea, merupakan hal krusial yang menjawab kebutuhan pelaku usaha akan layanan pembayaran yang membantu pertumbuhan bisnis. Terutama dalam periode peak season atau saat transaksi terjadi bersamaan dalam waktu cepat, tingkat uptime menentukan ketangguhan layanan payment gateway untuk memproses transaksi tanpa masalah. Di sisi lain, Midtrans juga mendorong efisiensi operasional usaha dengan Merchant Discount Rate (MDR) yang terjangkau, sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia dan opsi penerimaan dana yang dapat diterima merchant di hari yang sama dengan transaksi yang terjadi.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Proses integrasi yang mudah serta teknologi kelas dunia mendorong kemudahan usaha 

Pada zaman digital yang serba cepat, pengusaha mengandalkan proses kerjasama bisnis yang cepat, namun tidak disruptif bagi operasional bisnis. Integrasi payment gateway Midtrans dengan website atau backend digital toko memungkinkan merchant menerima, memproses, dan memverifikasi pembayaran dalam waktu cepat. “Hal ini tentunya mempermudah pelaku usaha yang mungkin dulunya harus mengaktifkan metode pembayaran satu persatu. Dengan integrasi yang mudah, Midtrans memberikan proses yang cepat cukup dalam waktu satu hari dari self-onboarding secara mandiri hingga langsung dapat mengaktifkan metode pembayaran Bank Transfer dan GoPay,” jelas Dea.

Bakti
Dea menambahkan, berbagai kemudahan ini mendorong animo pelaku usaha yang mendaftar untuk menggunakan payment gateway Midtrans mencapai ratusan per hari, dengan jumlah rata-rata pendaftar yang meningkat lima kali dibanding sebelum pandemi. Midtrans juga terus menjadi pilihan pelaku usaha, hal ini dibuktikan dengan tingkat rekomendasi oleh merchant Midtrans yang tinggi dalam program Midtrans Referral Program yang mencapai lebih dari lima ratus kali dalam satu tahun, berdasarkan data internal Midtrans per akhir 2021.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories