Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Email dan sosial media masih diminati pemasang iklan digital

09:30:00 | 07 Sep 2022
Email dan sosial media masih diminati pemasang iklan digital
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko)  -- MoEngage, platform keterlibatan pelanggan berbasis wawasan untuk brand konsumen, mengungkap laporan penelitian unggulan yang berjudul "The State of Insights-led Engagement 2022". Laporan ini bertujuan untuk memberdayakan pemasar dengan strategi berbasis wawasan untuk mengambil pengalaman terpersonalisasi ke tahapan berikutnya.

Pasar Asia Tenggara telah bertransisi secara signifikan untuk mengakomodasi audiens digital yang terus bertambah. Semakin banyaknya data yang ada, perusahaan juga harus berinovasi menggunakan keterlibatan berbasis wawasan. Hal ini telah membuka jalan bagi Platform untuk dapat menonjol dari Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) dan Platform Data Pelanggan (Customer Data Platforms) dalam bentuk kebutuhan keterlibatan dan retensi.
 
MoEngage menjangkau pemasar terkemuka di SEA, yang mencakup manajer, manajer senior, direktur, dan eksekutif tingkat C, dalam upayanya untuk meningkatkan kesadaran tentang mengambil pendekatan berbasis wawasan untuk keterlibatan dan manfaat Platform Keterlibatan Pelanggan.
 
MoEngage menemukan banyak wawasan tentang skenario keterlibatan pelanggan saat ini, pola pikir pelanggan, perjalanan pembelian pelanggan, dan kampanye perusahaan, selain bagaimana mereka dapat menerapkan strategi keterlibatan berbasis wawasan, setelah mensurvei lebih dari 2.000 pemasar dari empat vertikal (Perbankan dan Asuransi , Edukasi berbasis teknologi, Ritel, dan Perhotelan) di kawasan Asia Tenggara dan mencatat temuan mereka di The State of Insights-led Engagement Report 2022.
 
Beberapa wawasan utama dari Laporan The State of Insights-led Engagement 2022:
 

  • Bagi hampir 30% pemasar Asia Tenggara, kurangnya analitik real-time tetap menjadi tantangan utama, dikarenakan keterbatasan teknologi mereka.
  • 26% pemasar Asia Tenggara menggunakan CRM sebagai tumpukan teknologi pelanggan yang paling diminati.
  • Email, aplikasi perpesanan sosial (WhatsApp dan FB Messenger), dan platform media sosial tetap menjadi saluran digital yang paling banyak digunakan di semua industri dan ukuran perusahaan. Hal ini bisa saja disebabkan oleh peningkatan penggunaan smartphone.
  • 22,9% responden mengatakan mereka menjalankan kampanye keterlibatan yang memanfaatkan pembelajaran mesin untuk menganalisis data pelanggan dan mengatur komunikasi otomatis.
  • 38,2% pemasar Asia Tenggara mengukur segmen pelanggan yang paling menarik. Pemasar juga mengukur dampak jangka panjang pada bisnis, seperti pendapatan (34,9%) dan jumlah pembelian, pembukaan, klik, atau konten yang dilihat (26,9%).
  • 40% pemasar Asia Tenggara menilai bahwa wawasan pelanggan, kampanye, dan perjalanan memiliki dampak yang tinggi dan sekitar 34,8% bersikap netral terhadap dampak wawasan terhadap metrik bisnis mereka. 
Bakti
"Konsumen modern menghargai personalisasi dan mengharapkan perusahaan untuk mencerminkan ini di semua saluran. Menggunakan komunikasi massal yang tidak terdiferensiasi tidak lagi relevan, dan sebenarnya bisa meningkatkan risiko kehilangan pelanggan. Untuk memastikan keterlibatan yang bermakna, perusahaan harus menilai kembali strategi mereka dengan setiap saluran baru yang ditambahkan ke bauran pemasaran. Laporan ini menyoroti temuan survei dan memandu pemasar yang ingin bertransisi dari pendekatan yang berpusat pada kampanye ke pendekatan yang berpusat pada pelanggan dan berorientasi pada wawasan menuju keterlibatan," kata Saurabh Madan, Wakil Presiden dan Manajer Umum di MoEngage, Asia Tenggara.
 
Dari temuan laporan, jelas bahwa perusahaan harus berevolusi menjadi lebih didorong oleh wawasan, dan brand konsumen harus bertransisi dari strategi keterlibatan tradisional dan kuno ke strategi yang modern, memastikan pengalaman yang menyenangkan. (sar)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year