telkomsel halo

Microchip mungkinkan CPU modern optimalkan beban kerja aplikasi

08:00:00 | 30 Aug 2022
Microchip mungkinkan CPU modern optimalkan beban kerja aplikasi
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko)  -- Permintaan tanpa henti untuk komputasi dari kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI) and pembelajaran mesin (Machine Learning – ML), komputasi cloud dan analitik data yang diterapkan pada memori paralel tradisional terpasang telah meningkat pesat karena keterbatasan saluran memori yang meningkat pada prosesor. 

Microchip Technology Inc. (Nasdaq: MCHP) hari ini mengumumkan perluasan portofolio kontroler memori dengan serial terpasang dengan seri SMC 2000 baru dari Smart Memory Controller berbasis Compute Express Link™ (CXL™) yang memungkinkan CPU, GPU and SoC untuk menggunakan interface CXL untuk menghubungkan memori DDR4 atau DDR5. Solusi ini memberikan lebih banyak bandwidth memori di setiap core dan kapasitas memori di setiap core, dan menekan total biaya kepemilikan pusat data secara keseluruhan dengan memungkinkan CPU modern mengoptimalkan beban kerja aplikasi.

Kontroler memori SMC 2000 16x32G dan SMC 2000 8x32G berlatensi rendah dirancang untuk spesifikasi CXL 1.1 dan CXL 2.0, standar DDR4 dan DDR5 JEDEC, dan mendukung kecepatan spesifikasi PCIe® 5.0. SMC 2000 16x32G adalah kontroler berkapasitas tertinggi di industri dengan 16 jalur yang beroperasi pada 32 GT/s dan mendukung dua saluran DDR4- 3200 atau DDR5-4800, yang menghasilkan penurunan yang signifikan dalam jumlah CPU host atau pin SoC yang diperlukan untuk setiap saluran memori.

Modul memori terpasang CXL yang umum mencakup memori 512 GB atau lebih, yang menyediakan mekanisme efektif untuk meningkatkan bandwidth memori yang tersedia untuk core pemrosesan. Pergantian baru ini memberi operator pusat data kemampuan untuk menerapkan rentang rasio yang lebih luas untuk memori ke core CPU tergantung pada kebutuhan aplikasi mereka yang sebenarnya, yang menghasilkan manfaat memori yang lebih baik dan Total Biaya Kepemilikan (Total Cost of Ownership - TCO) yang lebih rendah.

“Microchip senang dapat memperkenalkan perangkat kontroler memori serial berbasis CXL pertama kami ke pasar,” ujar Pete Hazen, corporate vice president unit bisnis Data Center Solutions Microchip.

“Kami telah mengidentifikasi CXL sebagai teknologi disruptif sejak awal dan merupakan bagian integral dari definisi standar. Kehadiran Microchip yang berkelanjutan di pasar infrastruktur memori menggarisbawahi komitmen kami untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi untuk berbagai aplikasi SoC agar dapat mendukung peningkatan kebutuhan memori aplikasi pusat data berkinerja tinggi.”

“Konsorsium CXL dibentuk dengan visi untuk memberikan standar terbuka bagi industri yang akan mempercepat kinerja pusat data generasi berikutnya,” kata Siamak Tavallaei, presiden, Konsorsium CXL. “Kami senang melihat Microchip, kontributor signifikan bagi Konsorsium CXL, memberikan solusi CXL yang memungkinkan ekosistem baru untuk komputasi heterogen berkinerja tinggi.”

Kontroler memori berbasis SMC 2000 CXL Microchip menggunakan desain inovatif yang memberikan fitur Keandalan, Ketersediaan dan Kemudahan Reparasi (Reliability, Availability and Serviceability – RAS) untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja pada solusi. Melalui konektivitas CXL, kontroler memori eksternal SMC 2000 memungkinkan CPU atau SoC untuk menggunakan serangkaian jenis media dengan metrik biaya, daya dan kinerja yang berbeda

tanpa harus mengintegrasikan kontroler memori yang unik untuk setiap jenis yang berbeda. Misalnya, menggunakan pengendali SMC 2000 dengan memori DDR-4, CPU canggih yang hanya mendukung DDR5 secara langsung kini juga dapat menggunakan kembali ekspansi memori DDR-4. Otentikasi signature ganda dan dukungan platform terpercaya, debug aman dan pembaruan firmware yang aman memastikan rangkaian kontroler berbasis SMC 2000 CXL juga memenuhi semua penyimpanan penting dan kebutuhan keamanan aplikasi perusahaan.

Bakti
Beban kerja (workloads) aplikasi pusat data memerlukan produk memori di masa depan yang dapat memberikan bandwidth berkinerja tinggi, berlatensi rendah dan memiliki keandalan yang sama dengan produk memori berbasis DDR paralel saat ini. Platform CXL adalah salah satu inovasi industri terbesar dalam beberapa tahun terakhir, yang membawa interface serial standar baru untuk CPU ke pasaran untuk memperluas memori di luar interface DDR paralel untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja pada pusat data. (sar)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year