telkomsel halo

Kominfo siapkan 1000 beasiswa bootcamp di Binar

07:00:00 | 26 Aug 2022
Kominfo siapkan 1000 beasiswa bootcamp di Binar
JAKARTA (IndoTelko) - Setelah sukses bekerjasama dengan program Fresh Graduate Academy (FGA) Batch ke 2, Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) kembali menggandeng BINAR untuk menggelar program lanjutan yaitu Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS) Batch 3.

Kominfo menyiapkan 1000 beasiswa terbuka untuk kelas Quality Assurance dan Data Science kepada para lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 sehingga dapat bersaing baik di industri dalam dan luar negeri. 

Seto Lareno, Direktur Operasional BINAR menuturkan bahwa pihaknya menyambut positif dan mendukung program ini sepenuhnya. “Kerjasama ini merupakan bentuk nyata kolaborasi pemerintah dan private sector dalam menghasilkan lebih banyak talenta digital. BINAR siap mendukung program ini dan membuka ruang bagi berbagai institusi pemerintah atau swasta yang ingin memberikan beasiswa serupa. Kita harus menyiapkan lebih banyak talent ready yang berkarakter agar bisa bersaing di era digital.

Sementara itu Hedi M Idris, Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Balitbang SDM Kominfo turut menyampaikan bahwa beasiswa ini merupakan bentuk komitmen Kominfo untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama di bidang teknologi. “Kami memiliki komitmen untuk memberikan akses pelatihan teknologi di Indonesia, salah satunya dengan mengadakan program Fresh Graduate Academy. Kominfo memberikan kesempatan bagi para mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional. Harapannya agar model pembelajaran ini dapat mengembangkan kemampuan tiap peserta untuk menjadi talenta digital kebanggaan Indonesia.”

Untuk mengikuti program ini, ada beberapa persyaratan utama yang harus dimiliki, diantaranya peserta harus memiliki kewarganegaraan Indonesia dengan usia maksimal 27 tahun pada saat mendaftar, serta lolos seleksi administrasi dan tes substansi yang dilakukan secara online. Para peserta yang akan mengikuti program ini juga diharapkan sudah memahami dasar-dasar dari ilmu data science dan quality assurance. Metode pembelajaran yang akan digunakan siswa sendiri meliputi studi kasus, sesi zoom bersama mentor, proyek akhir, pembelajaran mandiri. 

Periode pendaftaran dimulai hingga 27 Agustus 2022, untuk kelas Data Science, daftar di laman https://bit.ly/DataScience-FGAxBINAR sementara untuk kelas Quality Assurance melalui laman berikut: https://bit.ly/QA-BINARxFGA. Melalui program beasiswa ini para peserta diharapkan dapat menciptakan produk digital yang berkualitas dan juga bisa mengolah data dengan baik sehingga bisa membantu meringankan kehidupan menjadi lebih efisien. (sar)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year