telkomsel halo

4 Teknologi Smart Manufacturing NEC untuk Indonesia 4.0

08:06:43 | 25 Aug 2022
4 Teknologi Smart Manufacturing NEC untuk Indonesia 4.0
JAKARTA (IndoTelko) -- NEC Indonesia berpartisipasi di acara Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 yang diadakan pada tanggal 24 – 25 Agustus 2022 di Bhirawa Assembly Hall, Menara Bhidakara, Jakarta. Di ajang berkumpulnya para pemangku kepentingan perkembangan teknologi industri di tanah air, NEC Indonesia menampilkan serangkaian solusi Smart Manufacturing untuk mendukung akselerasi perwujudan Industri 4.0 di Indonesia.

Menurut Arif Budi Subekti, Vice President Enterprise Solution Division NEC Indonesia, penerapan Industri 4.0 untuk menopang pertumbuhan di pasar global yang semakin ketat, membuat semakin banyak perusahaan manufaktur yang mengadopsi teknologi baru. Transformasi digital adalah elemen penting dalam konsep Smart Manufacturing.

"Penggunaan teknologi AI dan IoT semakin dirasakan perlu untuk meningkatkan efisiensi proses produksi demi pertumbuhan tingkat produktivitas. Dengan menggunakan teknologi AI, IoT dan data analitik, perusahaan manufaktur dapat membuat keputusan penting berdasarkan data real-time untuk meningkatkan produktivitas. Pengendallian kualitas (quality control) dalam proses produksi juga akan dapat meningkat secara signifikan," ujar Arif. 

Rangkaian solusi yang ditampilkan oleh NEC Indonesia antara lain adalah solusi Smart Manufacturing yang berfokus pada pemanfaatan Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan data analytics seperti seperti System Invariant Analysis Technology (SIAT), Face Recognition untuk kontrol akses dan Warehouse Management System yang terintegrasi dengan ERP.

Selain itu, NEC juga menampilkan beberapa produk dari Stratus Technologies sebagai mitra NEC dalam menyediakan solusi komputasi edge yang memainkan peran penting dalam proses pengolahan dan penyimpanan data. Saat ini, data dan informasi yang diperoleh melalui analitik adalah aset bisnis yang penting agar perusahaan manufaktur bisa sejalan dengan kecepatan perubahan teknologi sekaligus mempertahankan keunggulan kompetitifnya.

Berikut adalah penjelasan dari solusi-solusi Smart Manufacturing yang ditampilkan di booth NEC di acara Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022:

System Invariant Analysis Technology (SIAT)
System Invariant Analysis Technology ("SIAT"), adalah bagian dari portofolio mutakhir teknologi Industrial AI dari NEC yang bernama "NEC the WISE" yang digunakan untuk mempelajari dan memodelkan perilaku sistem secara otomatis berdasarkan data yang dikumpulkan dari sejumlah besar sensor yang dipasang dalam skala besar dan sistem yang kompleks. Teknologi ini memberikan visualisasi sistem dan cara pengoperasiannya serta memungkinkan sistem beroperasi dengan aman dan efisien dengan mendeteksi kesalahan secara proaktif menggunakan model analitik. NEC telah memasang sekitar 100 sistem SIAT di berbagai negara.

Dalam beberapa tahun terakhir, dengan percepatan digitalisasi dan penyebaran IoT, keamanan, efisiensi, pemeliharaan, dan kualitas produk sistem divisualisasikan dan dianalisis berdasarkan data yang dikumpulkan dari sejumlah besar sensor yang dipasang di berbagai lokasi, seperti sistem pabrik , jalur manufaktur dan pabrik.

Namun, perlu untuk mensistematisasikan pengumpulan data, penyimpanan, pemantauan, analisis dan proses lainnya untuk memanfaatkan data sensor. Selain itu, pengetahuan unik, seperti sistem IoT dan analisis data diperlukan untuk membangun sistem seperti itu, sehingga menyulitkan perusahaan untuk membangunnya sendiri.

Selain itu, khususnya di industri manufaktur, proses kerja seringkali didasarkan pada keahlian masing-masing pabrik atau individu. Oleh karena itu, hilangnya pengetahuan karena pensiunnya personel yang terampil dan kurangnya staf merupakan tantangan serius.

Untuk mengatasi masalah ini, NEC telah meningkatkan produk mereka untuk memungkinkan visualisasi dan analisis data sensor yang lebih besar yang tidak hanya mengubah operasi mesin dari preventif menjadi prediktif dengan digitalisasi tetapi ke depan dapat dimodifikasi sebagai pemeliharaan preskriptif untuk cerdas, efisien, dan hemat biaya. .

Dengan teknologi AI industri NEC dengan pemodelan anomali, kita dapat langsung mengenali akar penyebab anomali mesin yang berbeda dari status atau kondisi normal. Selain itu, dapat mengirimkan deteksi dini yang mampu memantau dan memberikan umpan balik untuk saran pemeliharaan.

Untuk pengendalian kualitas produksi massal, NEC dapat mengembangkan produk zero defect dengan memaksimalkan sinyal sensor pada setiap mesin yang dapat diintegrasikan ke dalam lini produksi sistem secara real time. Dengan teknologi ini, kontrol kualitas dan produktivitas dapat ditingkatkan secara signifikan dengan mengurangi jumlah produk cacat.

Face Recognition / Smart Face Authentication
Semenjak pandemi, teknologi nir sentuh menjadi sebuah solusi untuk mencegah penyebaran virus dan penyakit yang dapat terjadi melalui kontak fisik. Salah satunya adalah otentikasi melalui fitur pengenalan wajah atau face recognition. Perangkat lunak pengenalan wajah menjadi semakin banyak digunakan dalam dunia bisnis. 

Teknologi pengenalan wajah biometrik NEC telah digunakan di seluruh dunia untuk memerangi kejahatan, mencegah penipuan, mendukung keselamatan publik, dan meningkatkan pengalaman pelanggan di berbagai lokasi dan industri. Dan untuk di industri manufaktur, teknologi face recognition NEC dapat diterapkan sebagai system access control serta mencatat kehadiran karyawan. Kawasan pabrik memiliki area-area tertentu yang tidak dapat diakses oleh semua orang karena alasan keselamatan kerja. Oleh karenanya, sebuah sistem access control yang didukung oleh teknologi pengenalan wajah merupakan sebuah solusi untuk mendukung keamanan Kawasan pabrik.

Untuk mencapai pengenalan wajah yang andal dari gambar kamera, NEC mengembangkan "teknologi ekstraksi titik fitur" yang memungkinkan pengenalan wajah yang ditingkatkan ke tingkat di mana seorang individu dapat diidentifikasi dengan bentuk presisi tinggi dalam suatu kelompok, bahkan jika wajah mereka sebagian tersembunyi, atau gambar diambil dari sudut yang berbeda. Solusi pengenalan wajah NEC dirancang untuk menawarkan perlindungan yang solid bagi publik tanpa mengganggu privasi, kebebasan, atau hak asasi manusia.

Warehouse Management System
Seiring globalisasi dan meningkatnya platform eCommerce omnichannel, manajer gudang terus-menerus menghadapi tekanan pasar dari komoditisasi, meningkatnya harapan pelanggan, dan transformasi rantai pasokan. Solusi ujung ke ujung ini menangani semuanya mulai dari operasi masuk, manajemen inventaris, dan manajemen sumber daya hingga operasi keluar. 

Warehouse Management System (WMS) dari NEC memastikan penghematan biaya, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan proses pengaturan manajemen gudang dikelola dengan baik. Khusus untuk di Indonesia, NEC menawarkan solusi WMS untuk kegiatan inventarisasi perusahaan skala kecil dan menengah. Solusi ini Mendukung opsi barcode dan RFID Tagging dan dapat digunakan sebagai sistem yang berdiri sendiri atau terintegrasi dengan Sistem Back-End (ERP) perusahaan yang ada. 

Data Loss Prevention System (Obbligato) 
Obbligato adalah sistem manajemen siklus hidup produk, yang mengelola berbagai data produk yang dihasilkan dalam proses manufaktur terkait dengan proses pengembangan produk dan Bill Of Materials yang terintegrasi. Sepanjang seluruh siklus hidup produk, dengan penggunaan Obbligato yang efektif, NEC akan mendukung penguatan kemampuan pengembangan produk dan daya saing pelanggan.

Dalam beberapa tahun terakhir, untuk perusahaan manufaktur, desain luar negeri dan pengembangan terdesentralisasi dengan pijakan produksi telah menjadi sangat diperlukan untuk mencapai memperpendek periode pengembangan produk dan mengurangi biaya. Tetapi risiko pengambilan informasi teknis seperti gambar dan spesifikasi yang merupakan properti sastra menjadi masalah besar. Obbligato / Data Loss Prevention System dapat mengambil tindakan terhadap kebocoran untuk sistem saat ini dan server file saat ini dengan mudah dengan biaya rendah. Dapat mencapai sistem pengembangan kerjasama yang aman dengan cabang luar negeri dengan mencegah kebocoran informasi teknis dari dalam organisasi. (tep)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year