telkomsel halo

Cara Voila.id bidik pasar produk mewah

14:52:08 | 06 Jun 2022
Cara Voila.id bidik pasar produk mewah
JAKARTA (IndoTelko) - Di tengah ekonomi yang menantang selama dua tahun terakhir, tren belanja online khususnya untuk barang-barang luxury dan branded masih terus berlangsung.

Hal ini mengingat terjadi pembatasan perjalanan keluar negeri yang menjadi destinasi belanja kalangan masyarakat Indonesia peminat barang tersebut. Melihat hal tersebut, Paul Cahyadi mendirikan Voila.id pada tahun 2020 untuk memudahkan para pencinta fashion mendapatkan koleksi brand high end berkualitas tinggi dengan orisinalitas produk yang terjamin tanpa harus keluar rumah.

Dua tahun berdiri, Voila telah berekspansi hingga dua toko offline, yakni di Jakarta, yang bertempat di daerah Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan Surabaya yang bertempat di daerah Bukit Darmo Golf. Selain toko offline, sebelumnya Voila telah memiliki toko online dalam bentuk website di Voila.id dan juga mobile apps, yang memanfaatkan platform teknologi payment gateway Midtrans untuk memfasilitasi pembayaran pelanggan secara mudah dan terpercaya.  

“Outlet Voila kebetulan tidak di mall, sehingga mengatur operasional juga lebih enak dengan tetap mengikuti aturan pandemi. Akan tetapi, masa-masa seperti ini, online seperti ini yang membantu. Kenapa fokus di online juga, soalnya sejak pandemi pertama banyak orang tidak bisa pergi kemana-mana, yang biasanya kalau liburan mereka suka keluar negeri untuk shopping. Untuk dari itu Voila membantu kenyamanan untuk orang orang berbelanja di Indonesia. Saat ini kami punya lebih dari seratus brand dimana mudah sekali untuk pelanggan kami datang ke Voila dan belanja, terutama adanya Midtrans juga sebagai partner payment gateway kita, sehingga konsumer jadi lebih gampang untuk checkout,” kata Head of Marketing and Communication VOILA, Zoey Rasjid.

Meskipun sempat dibayangi penurunan transaksi barang-barang luxury ditengah tantangan ekonomi selama pandemi, Voila terus tumbuh karena kombinasi strategi offline dan juga online store.  

“Selama dua tahun terakhir pandemi, baik offline dan juga online store selalu buka, Alhamdulillah selalu ada saja transaksi terus juga gitu, dan kita juga terus memperkenalkan brand-brand baru kami, soalnya ada brand-brand baru yang di Indonesia sendiri tidak ada standalone store-nya. Jadi salah satu alasan kenapa pelanggan memilih Voila, karena mereka hanya menemukan barang tersebut 100% authentic di Indonesia melalui Voila. Terkait penggunaan payment gateway, kita harus choose the right partner untuk kemajuan kita. Dengan kita sudah berteman sejak dari pertama dengan Midtrans, itu banyak sekali membantu untuk transaksi transaksi kita, terutama di online, sangat membantu,” jelasnya.

Selain menyediakan opsi pembayaran terlengkap, penggunaan Midtrans sebagai payment gateway terdepan di Indonesia dan bagian dari GoTo Financial juga hadirkan rasa percaya bagi pelanggan Voila. “Pada awalnya kami melihat beberapa (brand payment gateway) dan kami melihat background Midtrans dan dirasa cocok. Secara operasional smooth saja dimana semua sudah terdata, dan pihak Midtrans sangat responsif untuk membantu. Pada akhirnya pelanggan kami juga lebih nyaman untuk transaksi, dan ada kepercayaan. Trust yang terbentuk ini tak hanya antara Midtrans dan kami sebagai pengguna, tetapi juga trust dari pelanggan pada kami (Voila).” tambah Zoey.

Zoey menambahkan pentingnya kemudahan dalam bertransaksi mengingat tren belanja branded terus berlangsung walaupun ditengah pandemi. “For some reason, masyarakat Indonesia suka aksesoris seperti tas dan sepatu dibandingkan baju. Tren dari dulu sampai sekarang tas banyak sekali peminatnya, dimana ada salah satu pelanggan yang bilang beberapa brand tas dapat dijadikan investasi atau resell (dijual kembali), mengingat ketika mereka membeli barang tersebut, harga sudah langsung naik. Berkaca dari pandemi, masyarakat Indonesia kini lebih mengapresiasi suatu brand dan sesuatu yang mereka beli. Pelan-pelan mereka berpikir bahwa ini tidak cuma harga, namun its about appreciation dari sebuah produk dan juga sebuah investasi.”

Lebih jauh, Zoey menceritakan pentingnya kenyamanan berbelanja dan pembayaran agar masyarakat Indonesia terus tertarik untuk belanja di dalam negeri dan berkontribusi bagi ekonomi 

“Ada sebuah insight, bahwa 90% shopper di negara tetangga adalah konsumen dari Indonesia. Untuk itu kami juga mendorong kepuasan pada segmen pembeli ini, dimana Voila make it easier, ketika di Indonesia ada semuanya, untuk apa spend your money abroad? Terlebih ini juga mendorong pendapatan ke negara juga. Inilah yang selalu kami tekankan bahwa berbelanja di Indonesia lebih convenience dan dapat dilakukan dimana aja, bahkan ketika lagi di mobil atau sebelum tidur," katanya.

Mengenai rencana kedepan, Voila.id terus akan fokus mengembangkan online store mengingat tren belanja saat kini dimana Offline dan Online dapat saling mendukung.

“Kini Voila menjadi multibrand store nomor 1 yang ada di Indonesia sekarang ini, dimana kami membawa lebih dari ratusan high-end brand. Dengan online sama offline store kami, Voila berusaha membuat a convenience shopping & payment for you dimana aja, baik itu datang dateng ke store kami atau melalui online. Hal ini terlihat dari animo pelanggan setia kami ketika kami pada saat itu hanya membuka toko online, yang pada akhirnya kami memutuskan membuka di Surabaya kemudian di Jakarta karena mereka selalu bertanya ‘Kalau mau cobain dimana?’ Kami melihat bahwa saat ini, orang akan melihat di online dulu dan ketika mau coba bisa lihat ke (offline) store juga agar lebih confident saat membeli. Pada akhirnya, tanpa konsumen kita tidak bisa berjalan sejauh ini, sehingga kepuasan mereka terhadap layanan kamilah yang mendorong mereka kembali (berbelanja), dan itu menjadi penting,” tutupnya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year