telkomsel halo

Schneider Electric dukung digitalisasi rumah sakit

05:53:00 | 23 May 2022
Schneider Electric dukung digitalisasi rumah sakit
JAKARTA (IndoTelko) - Pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi, Schneider ElectricTM secara resmi menyerahterimakan solusi EcoStruxure Power Monitoring Expert kepada Perkumpulan Teknik Perumahsakitan Indonesia (PTPI) disaksikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. 
 
Solusi EcoStruxure Power Monitoring Expert dari Schneider Electric akan diimplementasikan di 6 (enam) Rumah Sakit milik pemerintah dalam upaya untuk memperkuat sistem kelistrikan rumah sakit. Keenam Rumah Sakit ini akan menjadi mitra strategis PTPI dalam rangka pengimplementasian Cetak Biru Strategi Transformasi Digital Kesehatan yang diluncurkan pada akhir 2021 lalu oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 
 
Saat ini PTPI memiliki lebih dari 10.000 anggota yang tersebar di lebih dari 600 rumah sakit negeri dan swasta mulai dari Sabang hingga Merauke.  Secara simbolis,  serah terima kepada perwakilan RS diwakili oleh Prof. Dr. -Ing Eko Supriyanto, Presiden Perkumpulan Teknik Perumahsakitan Indonesia, disaksikan oleh Roberto Rossi, Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste. 
 
Prosesi serah terima dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan Innovation Day for Healthcare, yang merupakan konferensi Schneider Electric bersama PTPI yang mengulas tren dan tantangan ke depan bagi sektor kesehatan, serta inovasi teknologi dalam transformasi digital. Sekitar 150 pemangku kepentingan dan praktisi di sektor kesehatan menghadiri acara Innovation Day for Healthcare yang berlangsung selama satu hari, bertempat di Hotel Mulia, Jakarta. 
 
Dikatakan oleh Presiden Perkumpulan Teknik Perumahsakitan Indonesia, Prof. Dr. -Ing Eko Supriyanto, PTPI memiliki misi untuk terus menerus mendorong berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan Rumah Sakit yang SMART (Selamat, berMutu, Aman, Ramah Lingkungan dan Terjangkau) di Indonesia.  Salah satunya dalam aspek kelistrikan - bagaimana melalui pemanfaatan teknologi digital dapat meningkatkan keselamatan, kualitas / mutu, keamanan, keramahan dan keterjangkauan listrik. Penyelenggaraan Innovation Day for Healthcare hari ini bertujuan untuk membangun dialog antara regulator, manajemen rumah sakit, industri dan akademisi terkait sistem kelistrikan dan otomasi rumah sakit. 
 
"Terima kasih kepada Schneider Electric yang memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan acara hari ini termasuk juga pemberian solusi EcoStruxure Power Monitoring Expert-nya untuk mendukung transformasi sistem kelistrikan di 6 rumah sakit pemerintah,” katanya. 
 
Dijelaskannya, Solusi EcoStruxure Power Monitoring Expert merupakan perangkat lunak (software) yang memungkinkan manajemen rumah sakit memantau secara real time suplai listrik yang memadai 24/7, mengetahui konsumsi daya listrik dan mengidentifikasi sejak dini kemungkinan adanya gangguan listrik sehingga dapat dilakukan tindakan preventif sebelum terjadi masalah. 
 
“Digitalisasi sistem kelistrikan merupakan salah satu pondasi penting dalam keseluruhan rancangan transformasi digital. Terlebih di sektor kesehatan dimana gangguan listrik dapat berakibat pada ancaman keselamatan pasien dan petugas kesehatan. Kompleksitas sistem kelistrikan di rumah sakit kini dapat diatasi melalui solusi digital seperti EcoStruxure Power Monitoring Expert. Perangkat lunak ini memberikan visibilitas menyeluruh dalam satu genggaman yang dapat meningkatkan kinerja teknisi rumah sakit, meningkatkan keandalan dan efisiensi energi, dan pada akhirnya peningkatan keselamatan pasien dan petugas kesehatan,” kata Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste, Roberto Rossi. (ak)
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year