telkomsel halo

Laporan HP Global Anti-Counterfeit and Fraud soal produk print palsu

09:45:00 | 08 Apr 2022
Laporan HP Global Anti-Counterfeit and Fraud soal produk print palsu
JAKARTA (IndoTelko) -- Dalam satu tahun terakhir, tim HP Anti-Counterfeit and Fraud (ACF) dipadati oleh kesibukan untuk melindungi para pelanggan dari pembelian produk HP yang palsu atau memiliki kualitas buruk. Tim HP ACF telah menyita lebih dari 3.5 juta produk print, suku cadang, dan komponen palsu — termasuk tinta dan katrid toner dalam jumlah besar—di kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika (EMEA), Asia-Pasific (APAC) dan juga di Amerika.[ HP financial year runs November 1st to October 31st.] 

Produk original HP dirancang untuk memenuhi standar ketat atas kualitas, reliabilitas, dan keberlanjutan yang berasal dari sejarah panjang akan inovasi, riset, dan percobaan HP. Produk palsu tidak hanya illegal, tetapi juga bisa menyebabkan masalah yang dapat menimbulkan isu kinerja dan ketahanan produk. Jika printer HP rusak akibat tinta atau katrid toner yang palsu, maka kerusakan pada printer tidak bisa ditanggung oleh garansi HP.

“Para pemalsu semakin banyak memanfaatkan ruang digital untuk menjual barang-barang palsu mereka,” kata Guillaume Gerardin, Global Head and General Manager of Print Supplies at HP. “Kini para pelanggan semakin sulit mengidentifikasi katrid palsu pada saat pembelian. Karena itulah, sangat penting bagi HP untuk terus bekerja sama dengan marketplace online untuk membantu menemukan dan menghapus listing produk palsu, serta melacak sumber barang-barang ini.”

HP menanggapi pemalsuan dengan serius
Di antara bulan November 2020 dan Oktober 2021, HP berhasil menyita 646.000 produk print palsu dari kawasan Timur Tengah dan Afrika, sebanyak 400.000 produk dari kawasan Amerika, dan 2,5 juta dari seluruh kawasan Asia Pasifik, termasuk dari Indonesia.

Para oknum telah beralih ke perdagangan barang palsu secara online. Tren ini semakin diperburuk karena COVID-19, dengan naiknya de-listing online HP sebesar 19% dari tahun ke tahun. HP bekerja sama dengan marketplace dan organisasi pihak ketiga online untuk menerapkan prosedur yang lebih ketat pada situs-situs online untuk mengidentifikasi produk atau penjual palsu.

COVID-19 menghalangiHP untuk berkolaborasi erat dengan penegak hukum, tetapi langkah-langkah identifikasi telah dilakukan secara online melalui Customer Delivery Inspections (CDI) dan Channel Partner Protection Audits (CPPA) virtual. Sebanyak 1.191 CPPA dilakukan di FY21, meningkat 11% dari FY20. Inspeksi dan audit virtual mendukung tim ACF dalam mengidentifikasi dan menghapus lebih dari 224.000 penawaran online HP yang tidak sah secara global.

“Saat para vendor, mitra, distributor, dan penegak hukum lokal saling bekerja sama, kami bisa meminimalisir produk print palsu untuk masuk ke pasar,” Ucap Glenn Jones, global head dari program anti-counterfeiting HP. “Seiring pembatasan pandemi perlahan diangkat dan para karyawan mulai datang ke kantor, pengambil keputusan IT harus tetap waspada akan produk kantor murah yang bisa saja merupakan barang palsu. The Combating Counterfeit Products Act dan Customer Delivery dapat membantu mengidentifikasikan dan memastikan katrid dan komponen palsu tidak akan sampai ke para pengguna (end user).”

HP juga berinvestasi dalam memberikan pelatihan dan pendidikan tentang anti-counterfeiting atau anti pemalsuan melalui acara online yang berhasil meraih jutaan mitra, stakeholders, dan pelanggan hingga saat ini. 

Keunggulan kartrid HP asli
Para oknum telah beralih ke perdagangan barang palsu secara online. Tren ini semakin diperburuk karena COVID-19, dengan meningkatnya de-listing online HP sebesar 19% dari tahun ke tahun. HP bekerja sama dengan marketplace dan pihak ketiga online lainnya untuk menerapkan prosedur yang lebih ketat pada situs-situs guna mengidentifikasi produk atau penjual palsu.

Situasi pandemi terus menjadi tantangan bagi HP untuk berkolaborasi erat dengan penegak hukum, namun langkah-langkah identifikasi telah dilakukan secara online melalui Customer Delivery Inspections (CDI) dan Channel Partner Protection Audits (CPPA) virtual. Sebanyak 1.191 CPPA dilakukan di tahun fiskal 20211, meningkat 11% dari tahun fiskal sebelumnya. Inspeksi dan audit virtual mendukung tim ACF dalam mengidentifikasi dan menghapus lebih dari 224.000 penawaran online produk HP yang tidak sah secara global.

“Saat para vendor, mitra, distributor, dan penegak hukum lokal saling bekerja sama, kami bisa meminimalisir produk print palsu masuk ke pasar,” Ucap Glenn Jones, Global Head of HP anti-counterfeiting program. 

“Seiring pembatasan pandemi perlahan diangkat dan para karyawan mulai datang ke kantor, pengambil keputusan IT harus tetap waspada akan produk kantor murah yang bisa saja merupakan barang palsu. The Combating Counterfeit Products Act dan Customer Delivery Inspections dapat membantu mengidentifikasikan dan memastikan katrid dan komponen palsu tidak akan sampai ke para pengguna (end user)," ujarnya.

HP juga berinvestasi dalam memberikan pelatihan dan pendidikan mengenai anti pemalsuan melalui acara virtual yang sudah menjangkau jutaan mitra, berbagai pemangku kepentingan, dan pelanggan hingga saat ini. 

Keunggulan kartrid HP asli
HP telah memproduksi lebih dari 3,9 triliun tinta dan katrid toner Original HP yang dikemas dengan plastik daur ulang. Kini, lebih dari 80% tinta dan 100% katrid toner Original HP diproduksi menggunakan bahan daur ulang. Melalui HP Planet Partners, sebuah program pengembalian dan daur ulang, HP sudah mendaur ulang lebih dari 875 juta katrid sejak program ini dimulai hampir 30 tahun lalu dan telah menjangkau 68 negara.
HP Instant Ink dan Managed Print Services memberikan cara yang aman dan mudah dalam memastikan pelanggan terus mendapatkan produk perlengkapan print asli dan berkinerja tinggi. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dicermati untuk membedakan produk HP yang asli dan palsu:

    Periksa label. Kenali hologram pada label keamanan yang tertera pada kotak produk dan pastikan pada saat digerakkan maju-mundur atau atas-bawah, warna label berubah atau symbol “OK” dan “√" bergerak di labelnya.
    Pindai kode. Gunakan aplikasi HP SureSupply atau pemindai kode QR lainnya untuk memindai kode yang tertera di segel keamanan katrid. Jika kode QR tidak dapat dibaca, validasi secara online.
    Lapor adanya kepalsuan. Bantu kami menangkal barang palsu dengan melaporkannya ke HP.com. (ssa)
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year