telkomsel halo

Didukung investor dari Abu Dhabi, Smartfren akan bangun data center 1000MW

12:46:35 | 06 Nov 2021
Didukung investor dari Abu Dhabi, Smartfren akan bangun data center 1000MW
JAKARTA (IndoTelko) - Smartfren berencana membangun data center berkapasitas 1000MW di Indonesia didukung perusahaan asal Abu Dhabi yang bergerak di bidang kecerdasan buatan maupun cloud computing, yakni Group 42 (G42) dan PT Amara Padma Sehati (APS) sebagai mitra lokal asal Indonesia.

Melalui nota kesepahaman yang ditandangani pada 31 Oktober 2021 ini, Smartfren berencana menyelenggarakan pusat data berkapasitas 1000MW di Indonesia.

Pertukaran dokumen perjanjian dilakukan antara Chairman dan CEO Sinar Mas Telecommunication and Technology, Franky Oesman Widjaja dan CEO G42, Peng Xiao yang digelar di Expo Dubai, Kamis, 4 November 2021.

Acara itu juga disaksikan oleh Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri UEA dan Ruler of Dubai, HH Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum

"Smartfren memahami pentingnya pusat data sebagai tulang punggung perkembangan industri digital di Indonesia. Kami optimistis, kerja sama ini akan mewujudkan pembangunan pusat data di tanah air dan menjaga kedaulatan data nasional yang sedang dilakukan Pemerintah Indonesia," tutur Chairman & CEO, Sinar Mas Telecommunications & Technology, Franky Oesman Widjaja dalam keterangan resmi, kemarin.

Nantinya, Smartfren dan perusahaan afiliasinya Moratel akan berkolaborasi dengan APS dan G42 yang berperan sebagai mitra strategis. Berbekal pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki masing-masing perusahaan, kolaborasi ini diharapkan bisa meningkatkan ketahanan, keamanan, dan kedaulatan data nasional.

"Dengan kemampuan kami dalam hal cloud computing, kami di G42 senang dan siap bekerja sama dengan Smartfren serta mitranya untuk mendukung pengembangan strategis infrastruktur digital Indonesia sesuai dengan standar internasional tertinggi untuk desain fasilitas, operasi, serta privasi dan keamanan data," tutur CEO G42, Peng Xiao.

Sebelumnya, Smartfren dan Moratel bekerja sama menghadirkan True QuadPlay, layanan internet untuk gaya hidup di Indonesia. Dengan kerja sama ini, True QuadPlay menjadi produk dengan satu billing yang mengombinasikan keunggulan kedua perusahaan.

Keunggulan True QuadPlay adalah pelanggan bisa mendapatkan internet broadband kecepatan tinggi Oxigen.id, saluran TV kabel premium, video on demand, konten OTT, satu nomor telepon rumah bebas abodemen, kuota Nonstop untuk paket data seluler, hingga panggilan gratis ke seluruh nomor Smartfren.

President Director Mora Telematika Indonesia (Moreatel), Galumbang Menak mengatakan, saat ini permintaan atas kebutuhan layanan Oxygen.id untuk perumahan dan perusahaan terus meningkat pesat.

Moratel pun terus memperluas jaringan layanan Oxygen.id di Jabodetabek dan luar Jawa seperti Medan, Jambi, Pontianak, Pangkal Pinang, Denpasar, Bali, dan kota besar lainnya.

"Dengan makin luasnya layanan Oxygen.id, kami terus mengembangkan layanan untuk pelanggan, salah satunya inovasi True QuadPlay yang dikembangkan bersama Smartfren untuk membuat pelanggan bisa menikmati layanan internet dalam satu billing," katanya.

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengatakan, layanan True QuadPlay merupakan langkah awal dari kerja sama Smartfren dan Moratel. “Kami yakin sinergi ini adalah kunci meraih dan mengembangkan peluang di segmen bisnis internet quadplay di Indonesia,” katanya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year