Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Cara RS Components tekan dampak manufaktur terhadap lingkungan

10:49:37 | 26 Aug 2021
Cara RS Components tekan dampak manufaktur terhadap lingkungan
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Industri manufaktur di Indonesia terus menunjukkan perbaikan sejak triwulan IV 2020, dimana pertumbuhannya berada di atas laju pertumbuhan ekonomi.

Ini merupakan salah satu kontributor utama ekonomi lokal, namun industri manufaktur juga dikenal karena dampaknya terhadap lingkungan. Dari suara mesin-mesin produksi, penggunaan alat transportasi, pemakaian air tanah, dan proses lainnya. Kegiatan industri ini harus dikelola dengan baik dan selaras dengan tujuan keberlanjutan, untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Pengangkutan bahan mentah dan suku cadang yang digunakan oleh produsen di seluruh dunia telah berkontribusi terhadap emisi. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), hingga tahun 2019 lalu hanya sebanyak 83 perusahaan di Indonesia yang dapat dikategorikan layak menerima PROPER (Program Penilaian Peringkat Kerja Perusahaan) Hijau ke atas. Setelah diteliti lebih lanjut, hanya 23 perusahaan manufaktur dalam kategori hijau, dan satu perusahaan kategori emas.

RS Components menawarkan solusi untuk membantu perusahaan mengurangi dampak manufaktur terhadap lingkungan.

“Komitmen lingkungan, keberlanjutan dan tata kelola (sustainability and governance atau ESG) global kami telah membantu kami agar tetap bertanggung jawab serta memandu semua aspek bisnis. Solusi kami melibatkan pemasok juga pelanggan dalam hal praktik pengadaan yang bertanggung jawab untuk mengurangi jejak karbon dan konsumsi energi mereka,” ujar Country General Manager, RS Singapore and SEA Export Eileen Yap.

Dalam rantai pasokan, tahap sourcing dan procurement dapat secara signifikan mempengaruhi jejak lingkungan perusahaan. RS Components bertekad membantu perusahaan memenuhi target keberlanjutan dan efisiensi energi. Hal ini dilakukan dengan mencari sumber produk dan solusi yang berkelanjutan dari pemasok terpercaya yang memiliki stok lokal.

“Di seluruh Asia Pasifik, RS Components telah berinvestasi dalam membangun pusat distribusi dan mengembangkan kemampuan sumber lokal sehingga pelanggan manufaktur dapat mengambil sumber secara lokal dan mengurangi jejak karbon mereka. Pelanngan manufaktur juga dapat memiliki rantai pasokan yang lebih fleksibel dan menghindari penundaan produksi,” tambah Eileen Yap.

RS Components juga memberikan insinyur desain dan pemeliharaan akses yang andal ke teknologi penting, yang kemudian dapat digunakan untuk menerapkan solusi pabrik yang mengurangi konsumsi energi dan pemborosan proses, tanpa mengurangi kualitas dan produktivitas.

Penerapan Teknologi
Proses pengadaan dan pembelian memiliki dampak signifikan dalam mengurangi jejak manufaktur dan memajukan inovasi atau transformasi digital dalam organisasi. Menjamin akan ketersediaan stok lokal di berbagai produk memungkinkan RS Components dapat menawarkan ketersediaan produk yang andal, pengiriman cepat, serta membantu pelanggan untuk mematuhi jadwal pemeliharaan dan produksi mereka, yang juga berdampak pada efisiensi secara keseluruhan.

Paket Semangat Kemerdekaan
Untuk mendukung pelanggan dalam menerapkan teknologi manufaktur cerdas secara global, RS Components memerhatikan pemanfaatan teknologi baru seperti AI (Artificial Intelligent) dan IoT (Internet of Things), pembelajaran mesin, dan solusi penginderaan yang dapat membantu praktisi mengurangi energi yang mereka konsumsi. Proses tersebut didukung oleh tim penjualan, teknis, dan pengadaan RS Components dengan pengetahuan teknis terbaik serta akses ke katalog produk global untuk membantu pelanggan memilih produk yang sesuai dan hemat energi.

Untuk lebih mendukung upaya industri manufaktur dalam mengadopsi praktik berkelanjutan dan merampingkan proses pengadaan, RS Components menyediakan solusi e-Procurement yang memungkinkan pelanggan dapat mengontrol lebih banyak dan memiliki transparansi dalam rantai pasokan mereka melalui akses langsung ke berbagai produk RS Components dan informasi pembelian. Mereka juga dapat mengelola pengeluaran dan mengurangi kesalahan dengan proses administrasi yang cepat dan aman. Pelanggan juga dapat menghemat waktu dan mendapatkan efisiensi dengan bekerja sama dengan tim RS Components yang akan membantu sumber produk yang belum dipublikasikan di situs dan mengkonsolidasikan pesanan pembelian.

Praktik pengadaan yang bertanggung jawab memungkinkan pelanggan industri untuk mengkonsumsi lebih sedikit energi dan meningkatkan tingkat produktivitas di pabrik dan fasilitas mereka. Selain itu, solusi procurement digital juga membantu mengurangi pemborosan yang memungkinkan spesialis pengadaan untuk merencanakan proyek mereka dengan lebih baik dan teknisi pemeliharaan untuk tetap berada di jalur yang sesuai dengan jadwal pemeliharaan preventif.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year