Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

DBS meluncurkan FIX Marketplace

11:13:54 | 12 Jul 2021
DBS meluncurkan FIX Marketplace
Angkasa Pura 2
SINGAPURA (IndoTelko)– DBS meluncurkan FIX Marketplace untuk mendorong upaya dalam menciptakan pasar modal yang lebih efisien dan mudah diakses melalui digitalisasi. Ini menjadikannya platform Fixed Income Execution pertama di Asia, di mana penerbit dapat langsung terhubung dengan investor di platform tersebut atas kesepakatan mereka.

Keppel Corporation Limited (Keppel Corporation) adalah penerbit korporat pertama yang memiliki Program Euro-Commercial Paper senilai USD 1,0 miliar untuk diterbitkan melalui FIX Marketplace, dan telah menunjuk DBS sebagai satu-satunya arranger dan dealer program tersebut.

Tujuan dari FIX Marketplace adalah untuk membuat akses pasar modal menjadi lebih efisien dan mengembangkan pasar obligasi di Asia yang lebih cepat, sehingga menciptakan pasar yang lebih inklusif dan dapat diakses oleh penerbit.

FIX Marketplace akan menyediakan platform bagi penerbit untuk secara langsung menerbitkan obligasi mereka sendiri ke pasar, sambil mempertahankan kemampuan untuk melakukan transaksi obligasi melalui dealer.

Merevolusi proses penerbitan obligasi utama dengan memungkinkan diluncurkannya penawaran hanya dengan satu klik, yang kami sebut dengan metode 'Peluncuran Cepat'.

Memungkinkan pengambilan pesanan langsung dan alokasi yang transparan bagi investor pada penerbitan obligasi pasar perdana.

Sepenuhnya mendigitalisasi dan mengotomasi dokumentasi serta pembuatan konfirmasi perdagangan utama di platform.

Memberdayakan penerbit dan investor dengan alat dan informasi yang relevan untuk membuat keputusan pendanaan dan investasi yang lebih tepat.

Mendukung penerbit dalam menghasilkan transaksi 'Digital Bond' yang dapat dicatatkan dan diperdagangkan di DBS Digital Exchange.

“Sudah waktunya mentransformasikan cara-cara tradisional dalam bertransaksi obligasi menjadi lebih digital, untuk melakukan apa yang telah lama dicita-citakan, dengan mengambil langkah menuju penciptaan platform independen yang memungkinkan penerbit obligasi mengakses langsung secara efisien dan efektif ke pasar dan investor obligasi," kata Global Head of Fixed Income DBS Clifford Lee.

FIX Marketplace menandai langkah pertama dalam perjalanan ambisius ini untuk mendemokratisasikan pasar modal guna menciptakan transparansi lebih baik dan memperluas inklusi keuangan. Hal ini hanya dapat dilakukan secara efektif melalui konsultasi dan kerja sama dengan pelaku pasar dan partisipan, termasuk arranger, emiten, investor, pengacara, auditor dan lembaga kliring.

"Melalui upaya kolektif ini, kami dapat meningkatkan kemampuan dan fitur FIX Marketplace untuk mengubah pasar menjadi lebih baik. Kami bersyukur dan bangga memulai perjalanan ini dengan Keppel Corporation sebagai penerbit pertama yang bergabung di platform ini, Phillip Securities sebagai investor utama, bersama dengan Linklaters dan perusahaan Singapura terkemuka lainnya dalam penyediaan wawasan dokumentasi hukum,” katanya.

Kolaboratif
Pengembangan platform ini diuntungkan dengan konsultasi dan kolaborasi selama berbulan-bulan dengan berbagai pelaku pasar yang memiliki visi yang sama. Lebih dari US$ 300 juta dari penerbitan sertifikat deposito bank yang dipimpin dealer telah ditransaksikan di platform ini dengan cara investor berlangganan secara langsung.

Keppel Corporation adalah perusahaan pertama yang mendirikan Program Euro-Commercial Paper digital senilai USD 1,0 miliar di FIX Marketplace, dan dengan bergabungnya investor seperti Phillips Securities, proses otomatis end-to-end tanpa hambatan dapat terfasilitasi – menghubungkan penerbit dengan investor secara langsung tanpa keterlibatan bank – untuk pertama kalinya di Asia.

Semua nota yang diajukan untuk terbit di platform ini nantinya akan bisa langsung dinikmati oleh investor

Lynn Koh, Director of Group Treasury, Keppel Corporation, mengatakan: “Pembentukan Program Digital Euro-Commercial Paper senilai USD 1,0 miliar menandai pentingnya rencana digitalisasi Keppel. Kami berharap dapat berkolaborasi dengan DBS dalam penerbitan di bawah Program Euro-Commercial Paper di FIX Marketplace, yang memungkinkan perusahaan seperti Keppel untuk merespons dengan cepat peluang pasar dengan penawaran yang dapat dilakukan sendiri.”

“Kami senang dapat bergabung, memberikan kesempatan bagi kami untuk berpartisipasi dalam commercial paper melalui DBS FIX Marketplace setelah kesepakatan diresmikan. Kami menghargai proses berlangganan yang lancar dan otomatis, serta kami berharap DBS FIX Marketplace membawa efisiensi dan transparansi yang lebih besar ke pasar modal," kata Head of Fixed Income, Phillip Securities Richmond Zhan.

Paket Semangat Kemerdekaan
FIX Marketplace merupakan landasan penting bagi DBS dalam perjalanannya untuk membantu mendigitalkan pasar modal di Asia. Untuk tahap pengembangan selanjutnya, penerbit dapat menerbitkan obligasi digital mandiri yang akan dicatat pada DBS Digital Exchange (DDEx) untuk memberikan basis investor alternatif bagi perusahaan untuk memanfaatkan pasar modal sebagai ambisi bisnis dan pertumbuhan mereka.

Diluncurkan pada Desember 2020, DDEx adalah bagian dari integrasi ekosistem aset digital yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk menyediakan platform yang aman dan transparan bagi klien untuk mengumpulkan dana dari pasar swasta.

Sebagai bagian dari upaya untuk memperluas rangkaian produk di DDEx, DBS mengumumkan bahwa pada bulan Mei mereka telah menetapkan harga obligasi digital SGD 15 juta, menandai Security Token Offering (STO) pertama DDEx di platform.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Sah! Indosat dan Tri merger
Telkom Digital Permata