Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Qualcomm umumkan teknologi 5G untuk mengubah industri di dunia

05:03:00 | 30 Jun 2021
Qualcomm umumkan teknologi 5G untuk mengubah industri di dunia
Angkasa Pura 2
SAN DIEGO (IndoTelko) - Qualcomm Technologies, Inc. meluncurkan tonggak penelitian dan inovasi terbarunya untuk memajukan babak 5G berikutnya. Testbeds over-the-air (OTA) dan simulasi sistem R&D yang baru dan diperbarui menampilkan kepemimpinan berkelanjutan Qualcomm Technologies dalam meningkatkan fondasi sistem 5G untuk menghadirkan kapasitas yang lebih besar, cakupan yang lebih luas, dan latensi yang lebih rendah ke operator seluler dan perangkat dalam skala global.

Dikatakan Vice President, Engineering, Qualcomm Technologies, Inc, John Smee, Qualcomm Technologies berkomitmen untuk mendorong ekosistem seluler ke depan dengan mendobrak hambatan teknologi dan menghadirkan kinerja sistem 5G yang superior ke industri baru, kasus penggunaan dan pengalaman untuk smartphone dan seterusnya.

“Tes OTA dan simulasi sistem teknologi 5G R&D baru kami dibangun dari lebih dari 30 tahun keahlian teknologi nirkabel yang mendalam, pengetahuan sistem end-to-end, pengalaman global, dan menunjukkan kepemimpinan kami dalam memajukan 5G untuk dekade berikutnya,” tambah Smee.

Penelitian terbaru Qualcomm Technologies menunjukkan pertumbuhan perangkat 5G baru, peluncuran, dan pengaplikasiaan di seluruh teknologi nirkabel, pemrosesan edge cloud, dan AI. Purwarupa ini menggarisbawahi komitmen Qualcomm Technologies untuk penelitian berkelanjutan dan pengembangan teknologi 5G masa depan dan seterusnya.

Beberapa hal penting dari penelitian Qualcomm terkait 5G ini antara lain :

Memperkuat fondasi sistem 5G wide-area

Jaringan uji, purwarupa, dan simulasi sistem 5G area luas 5G terbaru dari Qualcomm Technologies menggambarkan kemampuan dan efisiensi baru dari sistem 5G. Demonstrasi terbaru difokuskan pada lima topik penelitian 5G wide-area utama termasuk subband half-duplex, penentuan posisi 5G wide-area, cross-node machine learning, evolusi 5G NR-Light dengan sidelink, dan disagregasi perangkat 5G. 


Memperluas penerapan dan aplikasi mmWave seluler:

Qualcomm Technologies adalah pelopor teknologi mmWave, dan penelitian inovatif kami terus berlanjut. Purwarupa OTA mmWave baru dan simulasi sistem dicontohkan pada lima bidang utama seperti repeater mmWave pintar, beam predition berbasis machine-learning, optimalisasi topologi jaringan, ekspansi mmWave IoT, dan mmWave di pabrik pintar. Demo ini menunjukkan bagaimana 5G mmWave berkembang untuk mendukung kinerja yang lebih baik, efisiensi penerapan, dan penggunaan yang lebih luas.

Menuju transportasi yang lebih aman dan lebih cerdas dengan sidelink 5G V2X

Visi otomotif Qualcomm Technologies untuk 5G V2X (vehicle-to-everything) adalah menghadirkan peningkatan keselamatan jalan dengan menghubungkan mobil ke mobil lain, pejalan kaki, pengendara sepeda, infrastruktur jalan, dan banyak lagi. Purwarupa R&D 5G Rel-16 baru yang selaras ini semakin mendorong evolusi sidelink 5G V2X untuk menghadirkan kapasitas jaringan yang ditingkatkan dengan melepas data bandwidth tinggi seperti peta 3D beresolusi tinggi lokal dari jaringan 5G area luas, serta menghadirkan komunikasi yang lebih kuat dengan sinkronisasi waktu terdistribusi untuk menjaga komunikasi bahkan ketika GNSS tidak tersedia.

Mengaktifkan efisiensi Industri 4.0 yang baru

Pengujian industri over-the-air 5G Qualcomm Technologies menggambarkan fitur-fitur utama yang mendorong batas- batas teknologi 5G yang menjadi dasar untuk Industri 4.0. Contoh teknologi canggih yang dipamerkan adalah Jaringan Peka Waktu (TSN) dengan sinkronisasi waktu tingkat mikro-detik, keandalan sangat tinggi dengan Multi-titik Terkoordinasi (CoMP), pemosisian presisi dalam ruangan dengan akurasi tingkat sentimeter, dan pengenalan baru sidelink ke IoT industri untuk komunikasi perangkat-ke-perangkat yang lebih efisien.

Memungkinkan teknologi antarmuka manusia masa depan dengan XR tanpa batas melalui mmWave seluler 5G

Paket Semangat Kemerdekaan
Mendorong konvergensi dunia fisik, digital, dan virtual, XR tanpa batas mengantarkan pengalaman virtual seluler dan augmented reality yang lebih imersif melalui 5G dan komputasi terdistribusi. Demonstrasi ini, menggunakan sistem OTA 5G mmWave 5G end-to-end yang dioptimalkan dari Qualcomm Technologies, menunjukkan dukungan serempak yang efisien dari beberapa pengguna virtual reality di berbagai aplikasi, seperti kolaborasi di tempat kerja dan gaming.

Memberikan efisiensi sistem yang lebih baik untuk jaringan yang lebih ramah lingkungan

Dengan pertumbuhan jaringan seluler untuk mendukung bandwidth yang lebih luas, penerapan yang lebih padat, dan lebih banyak pengguna, peneliti Qualcomm Technologies juga mencari jaringan yang lebih ramah lingkungan, termasuk teknik canggih baru, seperti distorsi pos digital dan skema modulasi dengan efisiensi tinggi yang dapat sangat mengurangi konsumsi energi sistem jaringan seluler sambil mempertahankan tautan data berkinerja tinggi. (sg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Sah! Indosat dan Tri merger
Telkom Digital Permata